Bukan Hanya Rocker, Andy /rif Juga Jago Silat

Oleh Liputan6.com pada 20 Mar 2018, 18:50 WIB
Diperbarui 22 Mar 2018, 18:13 WIB
[Bintang] Andy /rif

Liputan6.com, Jakarta Andy /rif mencuri perhatian publik. Itu karena gayanya yang unik saat menjadi Dewa Tuak dalam film Wiro Sableng. Film tersebut memang belum ditayangkan. Namun poster sang rocker sebagai Dewa Tuak bikin terperangah publik dan menjadi  viral, pekan lalu.

Tak salah jika pentolan grup band /rif ini menjadi salah satu pemain film drama laga itu. Andy /rif mengungkapkan fakta dirinya punya kemampuan bela diri silat. Bahkan, pernah satu perguruan silat dengan Yayan Ruhian 'Mad Dog' yang ngetop lewat film The Raid

Yayan Ruhian merupakan pesilat dan guru bela diri asal Tasikmalaya, Jawa Barat. Karena ahli bela dirinya yang tinggi, setelah The Raid dia bermain dalam sejumlah film laga dalam dan luar negeri bersama aktor kenamaan dunia. 

Benarkah Andi /rif satu perguruan dengan Yayan?

 

2 of 4

Tahan Pukul

[Bintang] Wiro Sableng
Poster karakter Andy /rif di film Wiro Sableng. foto: Lifelike Pictures

"Ya benar. perguruannya namanya PSTD. Itu singkatan dari Pencak Silat Tenaga Dasar. Jadi itu mungkin lebih difokuskan ke mengolah pernapasan untuk menjadikan kekuatan tubuh. Seperti tahan pukul," ujarnya via WhatsApp. 

3 of 4

Gerakan Dasar

[Bintang] Andy /rif
Preskon Konser Yockie Suryo Prayogo (Nurwahyunan/bintang.com)

Andi /rif juga bercerita bahwa PSTD memiliki kesamaan dengan pencak silat, "Intinya gerakan-gerakannya hampir sama seperti pencak silat. Cuma kelebihan di PSTD itu punya ilmu tenaga dasar. Jadi lebih konsentrasi, fokus, ketenangan pikiran, hati."

4 of 4

Sibuk di /rif

[Bintang] Andy /Rif
Andy pun bercerita bahwa ia menjadi seorang dewa tuak yang berusia 80 tahun dan memiliki banyak murid. Di usianya yang lanjut itu, dewa tuak ini gemar sekali mengkonsumsi tuak. (Adrian Putra/Bintang.com)

Cukup lama berkecimpung di PSTD, rupanya Andi telah memutuskan untuk berhenti. "Sebelum /rif, sekitar 5 tahunan ada mungkin. Jadi ketika sibuk dengan /rif, saya mengurangi porsi latihan. Akhirnya malah sama sekali nggak pernah. Jadi saya memutuskan untuk berhenti di Dan II (tingkatan pencak silat) waktu itu," kata Andi mengungkap alasannya berhenti dari PSTD.

 

Sumber: Kapanlagi.com

Reporter: Akbar Prabowo Triyuwono

Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary

Lanjutkan Membaca ↓