Sukses

Ini Ritual Pandji Pragiwaksono Sebelum Naik Panggung

Pandji Pragiwaksono salah satu komika terkenal di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Pandji Pragiwaksono mengakui pernah menyimpan rasa nervous sebelum naik panggung Stand Up Comedy. Untuk itu, komika yang telah melakukan tur dunia ini biasanya melakukan ritual tertentu sebelum naik panggung.

Misalnya, Pandji Pragiwaksono meminta dua jam kosong untuknya beristirahat tidur siang. Nampaknya istirahat yang cukup membantu stamina Pandji untuk menyampaikan materi komedi dengan maksimal.

"Dua jam sebelum tampil itu bggak boleh ditempel kegiatan preskon, foto, atau apapun," ungkap Pandji saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Setelah beristirahat Pandji Pragiwaksono mulai menulis ulang materi-materi yang akan ia sampaikan di atas panggung.

"Biasanya sambil komat-kamit (materi stand up), terus dengerin musik," ujar Pandji, "Sebelum naik panggung saya nonton komika pembuka. Kalau lucu saya jadi terhibur, sehingga bisa masuk dengan mood positif."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menghentak Lantai

Pandji telah beberapa kali menggelar tur stand-up comedy. Pada 2016 lalu ia menggelar tour di 24 kota di seluruh dunia.

Pandji pun membocorkan caranya menghilangkan demam panggung dan grogi. "Sebenernya boleh percaya atau tidak,  tapi saya sebelum masuk panggung biasanya saya nepuk lantai. PLAK! gitu, kayak ngomong 'heh keluar lu grogi'," kata Pandji.

3 dari 4 halaman

Nggak Lucu Amsyong

Dengan pengalaman dan jam terbang yang tinggi sebagai aktor dan komika handal, untungnya Pandji terbebas demam panggung.

"Stand up itu sulit sekali. Pilihannya cuma lucu dan gak lucu, lebih lagi kalau stand up kita sendirian. Kalau sendirian dan nggak lucu ya amsyong," terang Pandji.

4 dari 4 halaman

Kuncinya Persiapan

"Grogi selalu ada tapi kuncinya di persiapan aja. Kalau sudah matang persiapannya insya Allah baik-baik saja," pungkas Pandji.

Pandji akan segera menggelar WOngsoyudan World Tour. Info lebih lanjut bisa didapatkan di twitter dan web Pandji.

Sumber: Kapanlagi.com

Reporter: Rezka Aulia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.