Sukses

The Shape of Water Raih Film Terbaik Piala Oscar, Sutradara Sempat Ragu

The Shape of Water berhasil menaklukkan lawan-lawan tangguhnya dalam merebut Piala Oscar 2018.

Liputan6.com, Los Angeles - The Shape of Water akhirnya berhasil meraih Piala Oscar 2018 kategori Film Terbaik dalam ajang Academy Awards ke-90. Judul film ini disebutkan di atas panggung oleh Warren Beatty dan Faye Dunaway, dua artis yang tahun lalu salah membacakan pengumuman pemenang di kategori yang sama.

Berkat kemenangan ini, The Shape of Water berhasil menaklukkan lawan-lawan tangguhnya dalam merebut Piala Oscar 2018. Sebut saja Get Out, Lady Bird, dan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri yang menjadi favorit banyak pencinta film.

Kejadian unik pun terlihat ketika Warren Beatty dan Faye Dunaway muncul kembali untuk membacakan pengumuman ini. Beatty mengatakan, "Senang bertemu dengan kalian lagi." Dunaway menambahkan, "Penyajiannya akan lebih indah untuk kedua kalinya."

Setelah The Shape of Water diumumkan tersebut, sutradara Guillermo del Toro pun naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan Piala Oscar. Seolah tak percaya, Guillermo sempat memeriksa kertas yang dibawa oleh Warren Beatty sebelum berbicara kepada hadirin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sineas Muda

Kala itu Guillermo mengatakan, "Saya ingin mempersembahkan ini kepada para sineas muda, anak-anak muda yang menunjukkan kita bagaimana segala sesuatunya dilakukan."

3 dari 4 halaman

Jiplakan

The Shape of Water sempat dituding hasil jiplakan dari sebuah naskah teater dari tahun 1969 yang bertajuk Let Me Hear You Whisper. Dilansir dari Telegraph, Jumat (23/2/2018), tudingan ini datang dari David Zindel. Ia adalah anak dari sang penulis naskah, Paul Zindel, yang mendapat penghargaan bergengsi Pulitzer berkat karya-karyanya.

David Zindel tak main-main dalam melempar tuduhannya. Ia bahkan membawa perkara ini ke pengadilan. Dalam tuntutannya, David Zindel menyebutkan bahwa ada 61 poin kemiripan antara The Shape of Water dan Let Me Hear You Whisper. Bahkan termasuk plot besar cerita ini, meskipun akhir pada naskah film dan teater ini memiliki perbedaan.

Sementara itu, dalam sebuah wawancara dengan Deadline, Guillermo Del Toro membantah tudingan ini. "Aku belum pernah membaca atau melihat pertunjukan ini... Aku tidak pernah mendengar tentang pertunjukan ini sebelum membuat The Shape of Water, dan para rekan kerjaku juga tidak ada yang menyebut tentang pertunjukan ini," kata dia.

4 dari 4 halaman

Pemenang yang Salah

Warren Beatty dan Faye Dunaway sendiri menarik perhatian dalam Piala Oscar tahun lalu. Keduanya sempat membacakan pemenang yang salah di kategori Best Picture. Mereka mengumumkan La La Land sebagai pemenang, sementara yang seharusnya disebutkan adalah Moonlight.

Sebenarnya, kesalahan bukan murni dari mereka. Tapi itu karena keduanya mendapatkan kartu yang salah. Warren Beatty bingung dengan apa yang dilihatnya di kartu yang ia pegang. Pasalnya, di situ tertulis nama Emma Stone, aktris utama La La Land. Faye yang hanya melihat judul film di kartunya, langsung menyimpulkan bahwa La La Land adalah pemenangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.