Sukses

Jadi Sasaran Kritik Soimah, Duta Maluku Ini Tetap Rebut Tiket Top 34 LIDA

Tak ada standing ovation diberikan dewan dangdut pada satu pun duta Maluku di Konser Nominasi LIDA

Liputan6.com, Jakarta Daerah Provinsi Maluku jadi provinsi ke-31 yang tampil di Konser Nominasi Liga Dangdut Indonesia (LIDA). Selama ini, tanah Ambon dikenal dengan talenta vokal penyanyi popnya yang bagus-bagus. Namun sayang, di panggung LIDA penampilan para kontestan dari daerah ini tak begitu menarik perhatian para dewan dangdut. 

Tak ada standing ovation diberikan dewan dangdut pada satu pun duta Maluku di Konser Nominasi LIDA yang berlangsung Kamis (1/3/2018) tadi malam. Nyaris semua bahkan dibanjiri kritikan. Satu duta yang bisa dibilang paling banyak menerima kritik, adalah Rahma Nabila Latahiit.

Rahma, panggilan gadis yang baru berusia 15 tahun ini, semalam tampil di urutan kedua. Membawakan lagu "Zainal" milik Rita Sugiarto, Rahma membuat salah satu dewan dangdut LIDA yaitu Soimah, meradang.

Soimah menyorot banyak kesalahan yang dilakukan Rahma. Dari artikulasi yang tidak jelas, penjiwaan yang kosong, tak ada semangat dan ia juga dinilai tak punya jiwa kompetisi. Komentar Soimah pun disetujui oleh dewan dangdut lainnya, Dewi Perssik.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Juara Polling SMS

Namun komentar keduanya sepertinya tak sama dengan penilaian masyarakat Maluku. Di luar dugaan, Rahma justru meraih SMS tertinggi yang akhirnya sukses mengantarnya merebut gelar juara provinsi. Meraup SMS sebanyak 28,94 persen, sudah cukup bagi Rahma untuk melaju ke Konser Final Top 34 LIDA.

Dari Maluku sendiri, Alwi Ghandi terbilang sebagai duta yang terhitung bagus dan minim koreksi. Alwi yang menyanyikan lagu "Sudah Tahu Aku Miskin" tak disangka ternyata adalah sahabat Fildan DA4.

Di Kendari, khususnya Bau-Bau daerah asal mereka, Fildan memberi tahu bahwa Alwi menjuarai hampir semua kontes nyanyi.

3 dari 4 halaman

Empat Peserta Lain

Sayang, peruntungannya di LIDA sepertinya tak sebaik di daerah asalnya. Alwi yang membuat dewan dangdut Zaskia Gotik kelepek-kelepek karena terkesan pada cengkok dangdutnya yang 'super-keriting' itu hanya menempati posisi keempat. Alwi meraih SMS sebesar 16,34 persen atau hanya unggul sedikit dari posisi juru kunci yang diduduki Sinta dengan 7,32 persen.

Sementara itu, peraih SMS tertinggi kedua direbut Ria Kharisma atau Risma. Semalam, Risma yang menyanyikan lagu "Terlena" dari Ikke Nurjanah juga mendapat pujian untuk suaranya yang tebal dan lembut. Namun dewan dangdut merasa tarikan nafas Risma yang terdengar sangat jelas, cukup mengganggu.

Risma sendiri mengumpulkan SMS sebesar 26,85 persen. SMS-nya ini disusul Sheyla dengan 20,55 persen. Sheyla yang bernama lengkap Sheyla Musdalifa ini, semalam jadi bahan ledekan para host pada dewan dangdut Nassar karena namanya yang mirip mantan istri pelantun "Seperti Mati Lampu" tersebut.

Ada fakta menarik yang terungkap dari Sheyla di panggung LIDA. Ia ternyata adalah keponakan dari Ramdhani Lestaluhu, pemain bola Persija yang klubnya baru-baru ini memenangkan Piala Presiden 2018.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya: Maluku Utara

Konser Nominasi LIDA berikutnya geser ke tetangga Maluku yaitu Daerah Provinsi Maluku Utara. Fahirin Ilham Silayar, Fitriani Sahran, Idham Aljogja, Setiawan Barani, dan Siti Rahmatiyah Walanda siap tampil Jumat (2/3/2018) nanti malam, untuk memperebutkan tiket ke babak utama sebagai duta dangdut ke-32.

Jangan lupa, dukung salah satu dari mereka sebagai duta terbaik yang layak maju ke Konser Final Top 34 LIDA dengan mengirim SMS. Caranya ketik LIDA (spasi) Nama Duta, lalu kirim sebanyak-banyaknya ke 97288.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.