Sukses

Duta Sheila On 7 Sempat Drop di Tengah Karier, Ini Alasannya

Duta sempat hampir kehilangan kariernya bersama Sheila On 7.

Liputan6.com, Jakarta - Akhdiyat Duta Modjo, vokalis band sekelas Sheila On 7, rupanya pernah mengalami masa-masa sulit di perjalanan kariernya. Masa keterpurukan itu justru ia alami ketika nama Sheila On 7 sudah besar.

Ya, Duta hampir kehilangan kariernya bersama Sheila On 7 semenjak memiliki masalah dengan paru-paru dan tenggorokannya.

"Saya sempat kena penyakit paru-paru, Kalau enggak 2011, 2012 kalau enggak salah," kata Duta saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (29/1/2018).

Kondisi tersebut membuat Duta tidak bisa mengeluarkan suara. Padahal suara adalah modal utama untuk pekerjaan Duta Sheila On 7.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Lipsync

Duta sebenarnya bisa saja memilih metode lipsync untuk menyelamatkan nama baiknya dan Sheila on 7. Namun dalam kondisi tersebut, Duta memilih tetap tidak lipsync meski saat itu harus mengisi acara dalam salah satu stasiun televisi.

"Enggak bisa keluar (suara) saya bahkan sempat main di salah satu TV station yang saya benar-benar enggak bisa ngeluarin suara. Tapi ya saya biarin saja," kata Duta Sheila On 7.

3 dari 4 halaman

Hadapi Bareng-Bareng

"Mungkin saya punya pilihan lip sync dan lain-lain, tapi saya ngomong ke anak-anak (Sheila on 7), 'ya sudah enggak apa-apa, tabrak saja, kalau jelek toh yang ngadepin kita bareng-bareng kok'," sambungnya lagi.

Luar biasanya, teman-teman Duta di Sheila on 7 pun benar-benar mendukungnya meski dalam kondisi tidak menguntungkan bagi mereka.

"Ya saya seneng sih dapat dukungan dari mereka, karena saya juga pengen tahu progres penyembuhan saya, saya sudah bisa nyanyi lagi belum," lanjut Duta.

4 dari 4 halaman

Penyakit TBC

Usut punya usut, rupanya hal tersebut karena Duta dulu pernah mengidap penyakit TBC yang berefek kepada pita suaranya. Dan tahun-tahun tersebut menjadi momen yang paling membuat Duta sangat terpukul.

"Nih saya ngomong saja, saya kena TBC di 2011 dan saya dikasih tahu oleh dokternya bahwa TBC itu penyakit yang endemis di Indonesia, kaitannya dengan kebersihan. Waktu itu TBC-nya kebetulan akhirnya yang kena itu efeknya ke pita suara saya," kenang Duta.

"Itu termasuk satu momen ter-drop saya selama hidup saya itu, karena itu pekerjaan saya kan," sambungnya mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.