Sukses

Kaleidoskop 2017: 6 Film Indonesia Terlaris

Pada 2017, muncul film Indonesia yang tak hanya sukses secara finansial, tapi juga menjadi ikon budaya populer kekinian.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan industri film Indonesia terbilang bergelora di tahun 2016. Dari segi penonton, muncul Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 yang memecahkan rekor sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Tak hanya itu, sepuluh film terlaris 2016 juga mengumpulkan lebih dari satu juta penonton. Tentu saja ini adalah sebuah angka yang terbilang fantastis, apalagi mengingat kelesuan penonton bioskop Indonesia beberapa tahun lalu.

 

Sementara pada 2017, prestasi yang diraih film-film Indonesia memang tak sebombastis tahun lalu. Namun bukan berarti industri film Tanah Air menjadi lesu. Sebaliknya, muncul sejumlah film yang tak hanya sukses secara finansial, namun juga menjadi buah bibir bahkan ikon budaya populer kekinian.

Lantas, apa saja film Indonesia yang berhasil mengumpulkan penonton terbanyak pada 2017? Berikut data-datanya, seperti dilansir dari situs filmindonesia.or.id.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

6. The Doll 2

Film ini berhasil melampaui kesuksesan film perdananya yang tayang tahun lalu. The Doll yang dibintangi Shandy Aulia dan Denny Sumargo meraih 550 ribu penonton. Sementara The Doll 2 yang memasang Luna Maya dan Herjunot Ali, mengumpulkan 1,2 juta penonton.

The Doll 2 masuk dalam urutan keenam film Indonesia terlaris 2017.

3 dari 7 halaman

5. Surga yang Tak Dirindukan 2

Pesona Surga yang Tak Dirindukan 2 tampaknya masih bisa menarik para penonton film perdananya. Tahun ini, Surga yang Tak Dirindukan 2 meraih 1,6 juta penonton dan duduk di posisi lima film Indonesia terlaris 2017.

 

4 dari 7 halaman

4. Jailangkung

Pada 2001, kesuksesan film Jelangkung turut memantik kebangkitan film nasional. Tak heran saat konsep film ini dibuat ulang oleh duo sutradaranya, Jose Poernomo dan Rizal Mantovani, rasa penasaran penonton Tanah Air pun memuncak.

Film Jailangkung yang dibintangi Jefri Nichol dan Amanda Rawles ini pun meraih 2,5 juta penonton dan meraih posisi keempat film Indonesia terlaris 2017.

 

5 dari 7 halaman

3. Danur: I Can See Ghosts

Tahun 2017 bisa dibilang sebagai tahunnya film horor. Sejumlah film horor meraih kesuksesan luar biasa, dan Danur: I Can See Ghosts yang rilis pada 30 Maret lalu, adalah salah satu yang mengawalinya.

Film horor yang dibintangi Prilly Latuconsina dan diangkat dari buku berjudul sama yang ditulis Risa Saraswati ini, mengumpulkan 2,7 juta penonton. Dengan angka penonton ini, Danur duduk di posisi ketiga dalam daftar ini.

 

6 dari 7 halaman

2. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2

Meski jumlah penonton yang diraih tidak sebanyak film perdananya tahun lalu, tapi angka penonton Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 tetap terbilang spektakuler.

Trio Abimana Aryasatya, Tora Sudiro, dan Vino G Bastian, mengumpulkan 4,08 juta penonton selama masa penayangan film ini.

 

7 dari 7 halaman

1. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan duduk di posisi pertama film Indonesia terlaris 2017 dengan 4,2 juta penonton. Tak hanya kesuksesan secara finansial, film ini juga begitu populer di mata publik.

Sejak dirilis pada 28 September lalu, Pengabdi Setan yang merupakan daur ulang dari film tahun 1980 ini kerap wira-wiri dalam bentuk meme di media sosial. Terutama sosok Ibu (Ayu Laksmi) yang menjadi karakter sentral dalam film ini.

Bukti lain popularitas Pengabdi Setan, adalah film ini masuk sebagai satu kata kunci atau keywords yang paling banyak dicari netizen Indonesia lewat mesin peramban Google pada tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini