Setelah Habibie, Reza Rahadian Kini Jadi Chairil Anwar

Oleh Surya Hadiansyah pada 31 Okt 2017, 19:20 WIB
Diperbarui 03 Nov 2017, 10:30 WIB
[Bintang] Reza Rahadian

Liputan6.com, Jakarta - Reza Rahadian selalu sukses dalam memerankan banyak tokoh penting di Tanah Air. Setelah sukses menjadi Habibie, kali ini Reza Rahadian dipilih sebagai sosok yang cocok memerankan Chairil Anwar untuk pertunjukan teater "Perempuan-perempuan Chairil" yang digagas oleh Titimangsa Foundation dan Bakti Budaya Djarum Foundation pada 11 dan 12 November 2017 mendatang di Taman Ismail Marzuki.

Reza Rahadian dirasa cocok mewakili Chairil Anwar karena banyak yang menganggap pembawaan Chairil Anwar masa itu adalah Reza Rahadian saat ini. Reza Rahadian sendiri mengaku tidak cukup kesulitan untuk memerankan penyair legendaris tersebut.

"Pendalamannya, susahnya karena waktunya antara syuting dan (latihan) panggung jadi susah-susah gampang. Memahami dia (Chairil) cukup dari informasi skrip," kata Reza Rahadian, Selasa (31/10/2017).

Namun, tetap saja selalu ada tantangan dalam setiap tokoh yang ia perankan. Dalam hal ini, puisi-puisi fenomenal Chairil yang cukup membuat Reza Rahadian kesulitan. Pasalnya, puisi-puisi tersebut nantinya akan dibuat dialog dalam pementasan "Perempuan-perempuan Chairil" itu.

"Yang susah itu, secara teknis. Karena pola skripnya yang puisi itu dibuat dialog. Menghafal puisi yang banyak itu cukup susah. Masalah puisinya bukan satu habis, tapi beberapa penggalan dijadikan satu," aku Reza Rahadian.

Untuk pendalaman karakter Chairil, Reza Rahadian juga sempat menanyakan langsung kepada orang-orang yang pernah dan selalu berinteraksi dengan Chairil Anwar, seperti anak-anaknya, "Banyak ngobrol sama anaknya, seperti apa ayah," ungkap Reza Rahadian.

Teater "Perempuan-perempuan Chairil" ini juga akan menampilkan aktris-aktris papan atas, seperti Marsha Timothy, Chelsea Islan, Tara Basro, dan Sita Nursanti yang akan memerankan para wanita penting yang pernah ada di kehidupan Chairil Anwar.