Sukses

Ulang Tahun ke-33, Chicco Jerikho Galang Dana untuk Petani Kopi

Kecintaan Chicco Jerikho akan kopi mengantarkannya pada kenyataan bahwa kesejahteraan para petani kopi juga butuh ditingkatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Chicco Jerikho merayakan ulang tahun ke-33 pada Senin (3/7/2017). Tahun ini, Chicco yang berperan sebagai Ben pada Filosofi Kopi 2: Ben & Jody, merayakan ulang tahunnya 10 hari jelang rilis film yang ia bintangi bersama Rio Dewanto itu. Sebagai bentuk ucapan syukur atas pertambahan usianya, Chicco mengajak publik untuk memberikan kado dalam bentuk donasi melalui Kitabisa.com.

Pada kampanye yang bisa diakses melalui laman Kitabisa.com/kadoultahben tersebut, Chicco Jerikho melakukan penggalangan dana untuk membelikan mesin sangrai manual bagi petani kopi Merapi, Yogyakarta. Chicco ingin membantu memberikan modal bagi Kang Sukiman dan kelompok petani kopi Gunung Merapi untuk membeli alat sangrai kopi agar bisa meningkatkan kesejahteraan warga Desa Sidorejo.

Aktor Chicco Jerikho (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pada kampanyenya, Chicco menyatakan kecintaannya akan kopi, mengantarkan Chicco pada kenyataan bahwa kesejahteraan para petani kopi juga butuh ditingkatkan. "Kebetulan gue denger cerita tentang Kopi Tanah Air Kita yang lagi mau ngebantu Kang Sukiman untuk memberdayakan Petani Kopi Merapi. Gue ngerasa terpanggil buat ikutan take action barengan sama kalian, oleh karenanya gue minta dikasih kado donasi buat petani kopi Indonesia. Lo semua pasti tau, kalau gue enggak pernah bercanda soal kopi."

"Gue mengajak lo semua, khususnya para pecinta kopi buat menyisihkan satu gelas kopi yang biasa kalian beli untuk berdonasi ke inisiatif pemberdayaan petani dan produk kopi lokal ini. Donasi kalian akan disalurkan dalam bentuk alat sangrai manual "Mami-Kotak" dan pelatihan penggunaan alat tersebut kepada para petani," tutur Chicco.

Sukiman Mochtar Pratomo, biasa dipanggil Kang Sukiman, adalah seorang petani kopi dan sayur yang juga merangkap sebagai koordinator komunitas Lintas Merapi Desa Sidorejo. Komunitas sukarelawan di kawasan puncak Gunung Merapi. Mereka sedang berupaya membangkitkan kembali kejayaan kopi Merapi seperti era 1980-an. Salah satu kegiatan nyata mereka adalah dengan memproduksi kopi kemasan Cap Petruk.

Chicco Jerikho (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com menuturkan bahwa Kitabisa.com senang bisa membantu lebih banyak public figure untuk mengonversi ulang tahun mereka menjadi donasi. "Kian banyak public figure yang menjadikan Kitabisa.com partner dalam melakukan kebaikan, hal ini tentu memotivasi kami untuk menciptakan platform yang lebih baik. Kampanye yang dilakukan oleh Chicco Jerikho ini semoga bisa memberikan dampak positif bagi semua petani kopi di Indonesia. Selain tentu kami berharap akan ada lebih banyak figure yang terinspirasi dengan kampanye ini dan turut mendonasikan ulang tahunnya," katanya.

Sebelum Chicco Jerikho, beberapa artis dan figur publik juga merayakan ulang tahunnya dengan menggalang dana. Di antaranya, Raisa Tatjana Saphira, Vidi Aldiano, dan Chelsea Islan. Bagi teman-teman yang tertarik memberikan kado istimewa untuk Chicco Jerikho berupa donasi, bisa mengunjungi halaman Kitabisa.com/kadoultahben klik tombol "donasi sekarang" dan pilih metode pembayaran.

Tertarik berpartisipasi? Klik tautan di bawah ini:

 

Simak juga video berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.