Sukses

Diganggu Makhluk Halus? Ini Tips dari Sara Wijayanto

Sara Wijayanto berbagi sejumlah tips mengenai cara menghadapi gangguan dari makhluk-makhluk halus.

Liputan6.com, Jakarta Bicara soal alam gaib, salah satu nama seleb yang beken soal masalah ini adalah Sara Wijayanto. Wanita 38 tahun yang dikenal publik dengan kepekaannya terhadap dunia supranatural ini memang biasa berbagi pengetahuannya secara terbuka pada publik.

Saat bertandang ke kantor Liputan6.com di Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu, misalnya, ia sempat berbagi sejumlah tips mengenai cara menghadapi gangguan dari makhluk-makhluk yang berbeda alam ini.

Yang pertama, Sara Wijayanto berbagi cara untuk mengurangi rasa takut yang tiba-tiba hadir, terutama di tempat baru. "Kalau kita masuk ke suatu tempat terus merasa enggak enak, kita harus bilang permisi, ke mana pun kita pergi ada penunggunya," ujarnya.

Ia lantas memberikan perumpamaan, bila seseorang tak dikenal masuk ke rumah kita, alhasil kita pasti merasa kesal. "Jadi saat masuk bangunan apa pun, ingat saja bahwa kita masuk ke tempat yang baru. Jadi enggak ada salahnya untuk bilang permisi atau assalammualaikum," tuturnya.

Sementara itu bila kita melihat hal yang ganjil, Sara mengakui bahwa pasti terasa sulit untuk tidak merasa takut. "Jangankan orang yang enggak peka, saya aja yang peka dan melihat mereka setiap hari pasti kaget kalau mereka muncul," kata istri Demian Aditya ini.

Namun Sara mengingatkan, untuk para penghuni dunia lain itu, bukan sesuatu yang mudah untuk menampakkan wujudnya di depan manusia. "Harus ingat aja kalau kita itu lebih kuat dari mereka," ujarnya.

Nah, bila gangguan sudah cukup berat dan berlangsung terus-menerus, Sara menyebut biasanya itu disebabkan karena suatu alasan yang spesifik.

"Biasanya itu terjadi misalnya dari suatu tempat, kita pulang ada yang ikut. Harus dibersihin," katanya. Bila ini terjadi, Sara menyarankan untuk berkonsultasi pada orang-orang yang mengerti tentang seluk beluk hal ini.

"Misalnya, biasanya setiap keluarga kan ada ustaznya atau siapa pun untuk bisa berkonsultasi," tutur Sara Wijayanto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.