Sido Muncul Putus Kontrak Ernest Prakasa, Ada Apa?

Oleh Telni Rusmitantri pada 08 Mar 2017, 10:00 WIB
Diperbarui 08 Mar 2017, 10:00 WIB
Ermest Prakasa
Perbesar
Ernest Prakasa menelan pil pahit akibat cuitannya tentang Zakir Naik

Liputan6.com, Jakarta Cuitan Ernest Prakasa beberapa hari lalu tentang Zakir Naik berimbas pahit. Komika yang juga sineas itu menuai kecaman dari sejumlah netizen karena cuitan: "JK dgn hangat menjamu Zakir Naik, org yg terang2an mendanai ISIS. Sulit dipahami."

Meski telah meminta maaf, rupanya urusan belum selesai. Buktinya, Ernest Prakasa kini diputus kontraknya oleh sebuah perusahaan yang memakai dirinya sebagai model iklan atau brand ambassador. 

Tolak Angin, yang memakai Ernest sebagai bintang iklan, menyudahi kerja samanya dengan komika itu kemarin. Brand obat herbal itu, melalui direkturnya, Irwan Hidayat, menyampaikan poin-poin sikap terhadap Ernest Prakasa terkait dengan cuitannya soal foto Wapres Jusuf Kalla yang bersalaman dengan ulama dari India itu.

Lewat akun Twitter resmi @Tolak_Angin, PT Sido Muncul Tbk memuat pernyataan resmi Irwan Hidayat, yaitu : 

"Memantau percakapan yg terjadi di media sosial, khususnya dengan postingan sdr. Ernest Prakasa, kami memberikan klarifikasi sebagai berikut:

Klarifikasi Tolak Angin atas cuitan Ernest Prakasa.

"Apa yang ditulis Ernest di media sosial adalah tanggung jawab pribadinya yang tidak terkait dengan brand Tolak Angin. Dalam kontrak perjanjian kami dengan semua bintang iklan, dengan jelas dinyatakan agar ybs menjaga ucapan dan perilaku yang bisa membawa konsekuensi kepada brand. Bahwa PT Sidomuncul sebagai perusahaan publik selalu memiliki komitmen untuk fokus pada kualitas produk, sehingga tidak relevan bagi kami untuk terlibat dalam kegiatan politik praktis.

PT. Sidomuncul sepakat untuk mendukung demokrasi di media sosial agar tercipta pikiran-pikiran positif untuk hal yang lebih baik. Bahwa kontrak dgn Ernest memang akan segera berakhir & secara pribadi Ernest sudah menyampaikan permintaan maaf & penyesalan kepada kami. Kedepan kasus ini akan menjadi pembelajaran bagi kami agar lebih berhati-hati dalam menjalankan kerja sama dengan bintang iklan". 

Salam,
Irwan Hidayat
Direktur PT. industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.

Sebenarnya kontrak Ernest Prakasa baru akan berakhir bulan depan. Namun, lantaran imbas cuitan sutradara Cek Toko Sebelah ini, membuat Sido Muncul atau Tolak Angin segera mengakhiri kontrak kerja sama. "Kami juga tidak akan memperpanjang," ujar Irwan Hidayat saat jumpa wartawan, Selasa (7/3/2017).

Maklumlah, sebelum jumpa wartawan sempat muncul tagar boikot Tolak Angin. Ernest sendiri sudah meminta maaf pada Sido Muncul.