Soal Avengers Bertemu X-Men di Film, Marvel Sudah Tutup Pintu

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 24 Nov 2016, 02:00 WIB
Diperbarui 24 Nov 2016, 02:00 WIB

Liputan6.com, Los Angeles - Ada sebuah kabar kurang baik bagi penggemar X-Men yang juga pecinta film-film Marvel Studios. Beredar sebuah pernyataan dari presiden Marvel, Kevin Feige, bahwa film-film X-Men tak akan pernah bertemu dengan tim Avengers di layar lebar, seperti disampaikan laman Comic Book, Selasa (22/11/2016).

Rumor mengenai adanya pertemuan antara X-Men dan Avengers di sebuah film sudah bergulir selama bertahun-tahun. Studio 20th Century Fox yang memegang hak cipta film-film X-Men dan Fantastic Four, enggan menjual kembali kepada Marvel yang sejatinya pemilik asli dua franchise tersebut.

Sutradara Bryan Singer mengaku ingin menggarap reboot film gabungan X-Men dan Fantastic Four. (Fox Studio via Comicbook.com)

Pernyataan resmi dari Marvel Studios itu disampaikan langsung oleh Kevin Feige kepada Variety. Ketika ditanya apakah ada kemungkinan Marvel bekerjasama dengan Fox, ia menjawab, "Sangat mustahil dalam keadaan seperti sekarang ini. Kami jelas memiliki film yang cukup untuk membuat kami sibuk sepanjang hidup."

Meskipun begitu, tersiar kabar bahwa Fox memiliki minat untuk mendaur ulang jagat film X-Men mereka sambil membangun sesuatu untuk sekuel film Deadpool, proyek film New Mutants, Gambit, serta film berjudul X-Force.

Perlu diketahui juga bahwa Marvel dan Fox sudah pernah saling memberikan toleransinya dengan bertukar karakter. Kita sudah melihat bagaimana dua Quicksilver yang berbeda, masing-masing muncul di X-Men: Days of Future Past dan Avengers: Age of Ultron. Bahkan, belakangan ini Marvel Studios meminta karakter EGO the Living Planet untuk bisa muncul di Guardians of the Galaxy Vol. 2. Mereka lalu memberikan hak khusus kepada Fox untuk mengubah tampilan Negasonic Teenage Warhead demi film Deadpool.

Deadpool dan Negasonic Teenage Warhead. (movieweb.com)

Marvel sendiri sudah membangun kerjasama dengan Sony yang mempersilahkan mereka untuk ikut menggarap film-film Spider-Man di jagat cerita Avengers. Sehingga, Sony secara tak langsung mempercayakan semuanya kepada Marvel Studios yang berpotensi memberi mereka keuntungan besar di masa depan dengan Spider-Man versi barunya.

Di masa depan sendiri, Marvel Studios sudah memiliki setidaknya delapan film sejak 2017 hingga 2019 mendatang, termasuk Avengers: Infinity War yang direncanakan rilis pada Mei 2018. Sementara itu, 20th Century Fox belum mengumumkan kepastian mengenai film apa yang akan dirilis selain Logan pada 2017 mendatang.