Sebelum Lengser, Obama Beri Penghargaan Sederet Insan Hollywood

Oleh Godham Perdana pada 18 Nov 2016, 01:00 WIB
Diperbarui 18 Nov 2016, 01:00 WIB

Liputan6.com, Washington D.C. - Tiap tahunnya, Presiden Amerika Serikat memberikan penghargaan berupa medali bernama Presidential Medal of Freedom. Kehormatan itu diberikan kepada insan-insan yang berkontribusi dalam berbagai bidang seperti musik, film, olahraga dll.

Oprah Winfrey ketika menerima Presidential Medal of Freedom dari Barack Obama. (Foto: whitehouse.gov)

Untuk tahun ini, Presiden Barack Obama telah mengumumkan 21 penerima kehormatan tersebut. Terdapat nama-nama besar yang berada di deretan penerima tersebut.

Diantaranya di bidang musik terdapat Bruce Springsteen dan Diana Ross, lalu bidang perfilman ada Robert De Niro, Tom Hanks, Cicely Tyson, dan Robert Redford, serta dunia pertelevisian Hollywood terdapat Ellen DeGeneres dan kreator Saturday Night Live, Lorne Michaels.

Selain nama-nama tersebut, terdapat penerima medali dari bidang lain seperti dua atlet basket legendaris Kareem Abdul-Jabbar dan Michael Jordan di bidang olahraga, Frank Gehry di bidang arsitektur serta Bill dan Melinda Gates, seperti dikutip dari Rolling Stone.

Dalam situs Gedung Putih, Presiden Obama mengatakan "Presidential Medal of Freedom bukan sekadar penghargaan tertinggi dari negara. Ini adalah sebuah penghormatan untuk ide dari kita semua, tak peduli darimana kita berasal, yang berkesempatan mengubah negara ini menjadi lebih baik. Dari ilmuwan, dermawan, pegawai negeri sampai aktivis, atlet, dan seniman, 21 orang ini telah membantu mendorong Amerika lebih maju, Menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia selama ini."

Presidential Medal of Freedom disebut sebagai penghargaan tertinggi yang diserahkan kepada warga sipil di Amerika Serikat. Sebelumnya para aktor, aktris dan musikus yang pernah menerimanya diantaranya Audrey Hepburn, Meryl Streep, Barbra Streisand, Bob Dylan, Frank Sinatra, Stevie Wonder dan Aretha Franklin.

Penghargaan tersebut akan diserahkan pada 22 November besok di Gedung Putih dan akan diserahkan langsung oleh Barack Obama.