Franchise Film X-Men Terancam Dibuat Ulang

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 13 Nov 2016, 11:00 WIB
Diperbarui 13 Nov 2016, 11:00 WIB

Liputan6.com, Los Angeles - X-Men telah menjadi salah satu franchise film yang digemari para penggemar superhero seluruh dunia. Peran studio 20th Century Fox atau yang biasa disingkat Fox sangat penting di sini. Namun belakangan ini, ada kabar yang cukup mengejutkan perihal film bertema perjuangan para mutan tersebut.

Seperti dilansir dari Independent, belum lama ini, Fox dikabarkan tengah mengalami krisis dengan jagat cerita film X-Men. Salah satunya adalah seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, perkembangan sekuel Deadpool yang terkendala oleh masalah internal. Sampai-sampai sutradara film pertama, Tim Miller, memutuskan untuk keluar. Hingga kini belum ada titik temu antara Fox dengan sutradara penggantinya.

Film Deadpool. (omegaunderground.com / 20th Century Fox)

Ditambah lagi, X-Men: Apocalypse yang memegang peranan sebagai penutup trilogi kedua sekaligus prekuel alternatif X-Men, tak bersinar di kancah box office. Skor dari kritikus yang banyak dinilai negatif juga menambah kecacatan film ini. Berbeda dengan X-Men: Days of Future Past yang mendapat banyak skor positif. Membuat Fox harus berpikir dua kali untuk merilis film-film baru dengan judul X-Men.

Film ketiga Wolverine yang berjudul Logan memang telah berhasil mendapat sambutan baik lewat trailer perdana. Namun, film tersebut bakal menjadi perpisahan Hugh Jackman dengan franchise film X-Men. Semakin mengancam berkurangnya fans film ini, mengingat basis fans kebanyakan tertuju pada akting Hugh Jackman sebagai Wolverine.

Taron Edgerton baru saja menyanggah berpeluang untuk tampil sebagai Cyclops di X-Men: Apocalypse.

Tak sampai di situ saja. Masih ada satu proyek yang tengah membuat Fox kelimpungan. Ya, proyek film Gambit yang digembar-gemborkan bakal menjadi proyek menjanjikan, telah beberapa kali ditinggal sutradaranya. Belakangan, nama Doug Liman menyusul untuk hengkang.

Alhasil, laman The Hollywood Reporter yang memiliki kedekatan dengan para sineas Hollywood, secara berani menyampaikan bahwa franchise yang ditangani produser Simon Kinberg ini sedang mengalami daur ulang cerita.

Para pemain film X-Men: Apocalypse dan sutradara Bryan Singer. (cosmicbooknews.com / Empire)

Ditambah lagi Jennifer Lawrence, James McAvoy, dan Michael Fassbender, pemeran versi muda karakter-karakter uzur X-Men, belum jelas kelanjutan kontraknya. Meskipun mereka kembali menandatangani kontrak, sutradara Bryan Singer kemungkinan besar tidak terlibat kembali di masa depan.

Di luar kabar kemungkinan adanya daur ulang untuk franchise film X-Men, masih ada proyek Young Mutants yang bakal menjadi spin-off film-film X-Men. Film yang ditangani sutradara film The Fault in Our Stars, Josh Boone. Kabarnya, beberapa mutan muda yang ada di X-Men Apocalypse akan muncul kembali.