Sukses

Aldi Taher dan Perjuangan Melawan Kanker Getah Bening

Lama menghilang, Aldi Taher ternyata divonis menderita sakit kanker getah bening sejak tiga bulan yang lalu.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi artis kadang memang bisa membuat seseorang terkesan seperti pahlawan super. Mereka terkenal dan dipuja. Para penggemar setia seolah yakin, mereka bisa melakukan apa saja.

Namun faktanya, artis dan selebritas tetaplah manusia biasa. Seperti orang-orang kebanyakan, badan mereka tak bertulang baja, berurat kawat, atau bertulang besi. Status mereka sebagai selebritas tak menjadikan mereka kebal dan tahan banting.

Para artis tadi tak peduli seberapa tenarnya mereka, tetap bisa terkena penyakit yang mengancam nyawa. Seperti yang saat ini sedang dialami oleh Aldi Taher.

Sejak tiga bulan yang lalu, personel Trio Ubur-Ubur ini divonis mengidap penyakit kanker getah bening. Untuk mencegah penyakitnya semakin parah, mantan suami Dewi Perssik ini sudah menjalani kemoterapi.

""Sekitar tiga bulan lalu ada benjolan di leher, periksa ke dokter ternyata kanker getah bening. Tapi harus semangat, ikhtiar dan minta doanya. Sudah dikemoterapi, itu yang bisa saya lakukan," kata Aldi Taher di rumahnya kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2016) malam.

Aldi Taher menjadi artis pertama yang diangkat dalam artikel tematik, akhir pekan ini dengan tema 'artis yang divonis sakit parah'. Inilah ceritanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kabar Pertama Dibawa Ibu Mertua

Pertama kali kabar tentang Aldi Taher terkena kanker adalah dari sang ibu mertua, Yuyun George. Ibu dari Georgia Aisyah ini mengumumkan kondisi menantunya melalui akun Facebook pribadinya.

"Untuk Anak Ku : "Semangat dan yakin kembali cepat 'SEHAT' adalah obat yg paling ampuh & mudjarab.Semoga pengobatan ke II hari ini berjalan lancar dan tidak menimbulkan efek yg berlebihan. Do'a serta dukungan keluarga❤️adalah kunci utama membuat Sehat kembali sprti sediakala. Semangat ya anak ku, We L❤️VE Y❤️U Very BIG❤️," tulis Yuyun George pada pada 24 Oktober 2016 lalu.

Setelah berita itu tersebar, bintang sinetron Emak Ijah Pengen ke Mekah ini sempat tidak bisa dihubungi. Namun tak lama kemudian, seperti menyadari kekhawatiran teman dan penggemar, Aldi Taher muncul di akun Instagram pribadinya.

Sambil mengunggah fotonya yang sedang berada di ranjang rumah sakit, Aldi Taher menyampaikan langsung perihal kondisi dan penyakitnya.

"Assalamualaikum teman2 semua, aldi sedang menjalani pengobatan kemoterapi limfoma hodgkin (kanker getah bening) alhamdulillah kemarin aldi sudah menjalani kemoterapi yg ke 2,mohon doanya ya teman2 untuk kesembuhan aldi," ujarnya melalui akun Instagram @alditaher_official sebagai keterangan sebuah unggahan foto, Rabu lalu.

Aldi Taher lalu melanjutkan, "Untuk teman2 media yg sudah mendengar berita sakitnya aldi di media online aldi mohon maaf untuk saat ini blum bisa bersilaturahmi karna aldi harus istirahat dulu, nanti kalau sudah fit kita silaturahmi ya teman2, terima kasih teman2, sekali lagi mohon doanya dari teman2 semua..."

3 dari 5 halaman

Sempat Merasa Kaget dan Takut

Siapa yang tak terkejut ketika dirinya divonis kanker. Hal yang sama juga dirasakan oleh Aldi Taher. Sebelumnya, pria berusia 33 tahun merasa tubuhnya baik-baik saja. Namun, ketika muncul sebuah benjolan di leher dan memeriksakan diri ke dokter, bintang film Terowongan Casablanca itu pun menerima vonis mengagetkan tadi.

"Saya kaget banget. Ada benjolan di leher, ternyata kanker. Dokter bilang harus dikemoterapi, insya Allah kemoterapi enam kali, sekarang sudah dua kali. Sisanya empat kali lagi per tiga minggu," Aldi Taher menjelaskan.

"Yang terus menitikkan air mata Georgia. Aldi juga harus semangat. Istri bantu menjaga pola makan, berikan semangat, istirahat dan selalu mendampingi saat kemoterapi," ungkap Aldi Taher.‎

"Ya manusiawi kaget. Cuma kita tetap harus semangat dan yakin Allah akan mudahkan," sambung Georgia Aisyah.

4 dari 5 halaman

Kena Kanker karena Gaya Hidup

Setelah kaget mendengar dirinya divonis kanker, Aldi Taher berusaha untuk tabah dan tetap tenang. Dukungan keluarga juga membantunya melalui masa-masa sulit ini.

"Kaget awalnya. Keluarga juga sedih, coba tetap semangat. Dan ini stadium satu. Kata dokter mungkin karena kecapekan dan pola makan yang tidak teratur," pesinetron Insya Allah Ada Jalan ini menjelaskan.

Mendengar kabar itu, ayah satu anak itu memutuskan untuk mengubah pola hidupnya. Hal ini dijalaninya dengan dukungan penuh dari sang istri, Georgia Aisyah, yang adalah seorang dokter gigi.

Selain itu, Aldi Taher juga menjalani serangkaian kemoterapi untuk memastikan sel kanker benar-benar enyah dari tubuhnya. "Awalnya memang enggak mau kemo, tapi banyak berdiskusi saya harus berobat. Saya disuruh lihat istri dan anak, supaya semangat untuk sembuh," ujar Aldi Taher.

Istri Aldi Taher juga membantu memastikan suaminya tidak terlalu capek, banyak makan buah dan sayuran.

5 dari 5 halaman

Berhenti Sementara dari Dunia Akting

Tak hanya menjaga gaya hidup agar bisa kembali sehat, Aldi Taher juga memutuskan untuk rehat dari dunia akting.

"Karena sedang jalani pengobatan, ke depannya harus istirahat dulu karena ada enam kemo. Kegiatan semuanya dikurangi. Sekarang gimana caranya mengatur pola pikir supaya positive thinking dan diberi kesembuhan. Yakin dan terus semangat," papar personel Trio Ubur Ubur ini lagi.

Saat sedang berjuang melawan penyakitnya ini, Aldi Taher mengaku mendapat dukungan dari Ria Irawan, yang adalah seorang penyintas kanker. Menurut Aldi, banyak ilmu yang didapatnya selama berdiskusi dengan Ria Irawan, termasuk kiat-kiat agar kanker di tubuhnya cepat hilang.

Mendengar kabar penyakitnya, banyak penggemar yang mendoakan agar idola mereka ini cepat sehat dan kembali berakting. "Tetap semangat ya....dan jaga makan juga....semua pasti mendoakan yg terbaik...Amin," akun @bassic_faulaca_18 mendoakan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.