Prahara Rumah Tangga Ustaz Zacky Mirza

Oleh Ratnaning Asih pada 15 Okt 2016, 18:00 WIB
Diperbarui 15 Okt 2016, 18:00 WIB
Ustaz Zacky Mirza
Perbesar
Zacky Mirza dan Shinta Tanjung saling lempar perang kata-kata di media.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga ikatan perkawinan untuk seumur hidup, bukan satu hal yang enteng. Hal ini tak hanya dirasakan oleh orang awam. Bahkan mereka yang "ditinggikan" karena kerap menjadi tempat orang meminta nasihat, juga tak kebal dari prahara rumah tangga. Contohnya saja para ustaz populer di Indonesia.

Di tahun ini misalnya, prahara rumah tangga Ustaz Zacky Mirza menjadi perbincangan hangat di Tanah Air. Tak hanya karena kabar perceraian ini muncul secara tiba-tiba. Namun juga karena perang kata-kata yang saling dilempar oleh Zacky Mirza dan sang istri, Shinta Tanjung, di media.

Untuk edisi akhir pekan minggu ini, Liputan6.com akan mengulas kembali prahara yang membelit biduk rumah tangga Ustaz Zacky Mirza berikut ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dari Lokasi Ceramah ke Pelaminan

Ustaz Zacky Mirza
Perbesar
Zacky Mirza dan Shinta Tanjung saling lempar perang kata-kata di media.

Kesibukan Zacky Mirza sebagai pendakwah, ternyata tak hanya membawa penghidupan baginya, namun juga pendamping hidup. Pertemuannya dengan Shinta Tanjung terjadi saat ia mengisi pengajian di rumah seorang karyawan stasiun televisi yang juga didatangi Shinta Tanjung.

Setelah pertemuan itu keduanya memutuskan untuk melakukan taaruf, yang berujung pada pernikahan. Akad nikah digelar di rumah orangtua Shinta di Ciganjur, Jawa Barat, pada 8 November 2011 silam. Pertukaran janji sehidup semati ini berlangsung tanpa banyak gembar-gembor pada media.

Ini, adalah pernikahan kedua bagi Zacky Mirza, yang sebelumnya juga bercerai dengan istrinya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Talak yang Datang Tiba-Tiba

Ustaz Zacky Mirza
Perbesar
Zacky Mirza dan Shinta Tanjung saling lempar perang kata-kata di media.

Sebuah kabar buruk tiba-tiba datang dari pasangan ini pada Juni tahun ini. Ustaz Zacky Mirza ternyata melayangkan gugatan cerai untuk istri yang telah ia nikahi hampir lima tahun tersebut.

Yang mengejutkan banyak pihak, kabar ini baru terendus setelah sidang telah berlangsung beberapa kali. Sidang yang digelar di Pengadilan Agama Depok sejak 28 Maret tersebut, tak dihadiri oleh pasangan ini.

Sebagian orang langsung menghubungkan kejadian ini dengan isu yang sebelumnya beredar. Yakni, bahwa Zacky Mirza berniat untuk berpoligami, sementara Shinta melarangnya. Kabar burung ini langsung dibantah oleh Zacky Mirza. "Beritanya ramai saya poligami selingkuh itu sudah lewat-lah. Saya pribadi bukan karena unsur itu," ucap Zacky Mirza kala itu.

Zacky Mirza bahkan mengaku telah mempertimbangkan hingga dua tahun sebelum mengambil keputusan untuk pisah dengan istrinya. Shinta sendiri mengaku sangat kaget dengan gugatan cerai yang dilayangkan suaminya. Namun, ia berniat tawakal dengan peristiwa ini.

"Sebagai istri yang sangat menyayangi suaminya, tentu kecewa pasti ya. Tapi berusaha sabar, tawakal saja. Semua yang dititipkan sama Allah kan bukan hak milik paten kita. Saya berharap Allah pisahkan kami dengan takdir kematian saja," ujar Shinta Tanjung.


Scroll down untuk melanjutkan membaca

Teman Curhat yang Membawa Perkara

Ustaz Zacky Mirza
Perbesar
Zacky Mirza dan Shinta Tanjung saling lempar perang kata-kata di media.

Setelah bungkam beberapa lama, akhirnya Zacky Mirza mulai buka suara mengenai perceraiannya ini. Dalam sebuah jumpa pers yang ia gelar pada pertengahan Juli lalu, ia menyebut gugatan itu muncul karena Shinta Tanjung melanggar kontrak bermaterai yang mereka buat.

Kontrak tersebut menyebutkan bahwa keduanya tak boleh mengumbar masalah rumah tangga pada siapa pun. Namun menurut Zacky, Shinta kerap curhat dengan seorang pria yang belakangan diketahui bernama Ustaz Aji Fauziana Ridwan.

"Buat apa Shinta cerita ke pria yang jelas-jelas bukan muhrimnya,” ungkap Ustaz Zacky Mirza.

Karena namanya ikut terseret, Ustaz Aji pun akhirnya buka mulut. "Soal ini saya enggak tahu, karena mungkin dan saya yakin, yang diminta pendapat bukan saya saja. Teman lain juga dimintai pendapat dan yang memang pasti akan memberikan tanggapan," kata Ustaz Aji kala itu.

Karena soal teman curhat ini, pertanyaan mengenai orang ketiga lantas kerap ditujukan Shinta Tanjung. Namun pesinetron ini menolak keras anggapan tersebut.

"Kalau saya dituduh hal lain saya bisa terima dengan lapang hati. Tapi kalau dibilang berselingkuh dengan pria berinisial A atau saya sering keluar rumah, itu semua hanya fitnah yang kejam dan bohong banget," lanjut Shinta Tanjung. 


Scroll down untuk melanjutkan membaca

Regina, Hotel, dan Ustaz Zacky

Ustaz Zacky Mirza
Perbesar
Zacky Mirza dan Shinta Tanjung saling lempar perang kata-kata di media.

Gara-gara bertemu di sebuah hotel dengan Regina, pada akhir tahun lalu, Zacky Mirza malah digosipkan melalukan perbuatan haram dengan mantan istri Farhat Abbas tersebut. Zacky Mirza sendiri langsung memberikan klarifikasi, bahwa ia hanya berbicara dengan Regina soal masalah pekerjaan. Itu pun, kata dia, dilakukan beramai-ramai dengan beberapa orang lainnya.

Di kemudian hari, ternyata terkuak bahwa hal ini ikut menyiram bensin pada bara di rumah tangga Ustaz Zacky dan Shinta Tanjung. Kata Zacky, Shinta bahkan pernah meminta cerai karena masalah ini. "Pada perjalanannya, istri saya susah mengerti. Di sinilah dia beberapa kali minta cerai," kata Ustaz Zacky Mirza.

Sementara Shinta Tanjung pun lantas melakukan pembelaan. "Wajar dan manusiawi (kesal), ketika dihadapkan dalam masalah Mbak Regina dulu. Namanya perempuan, penginnya 'ya sudah selesai'. Tapi saya perbaiki, maafkan, ya sudah," kata Shinta Tanjung.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Anak yang Jadi Korban

Ustaz Zacky Mirza
Perbesar
Zacky Mirza dan Shinta Tanjung saling lempar perang kata-kata di media.

Dalam setiap perpisahan, anak selalu menjadi korban saat kedua orangtuanya berseteru. Termasuk dalam perpisahan Zacky Mirza dan Shinta Tanjung.

Dalam perseteruan mereka, ketiga anak mereka hidup terpencar. Dua anak mereka, hidup dengan Shinta saat perempuan itu mengungsi ke rumah orangtuanya. Kedua bocah ini, kerap menanyakan di mana sang ayah.

Sementara si bungsu Queen yang baru berumur dua tahun, tinggal dengan Zacky. Menurut Shinta Tanjung, ia tak pernah diperkenankan bertemu dengan Queen. Sementara kata sang ustaz, bocah kecil tersebut lebih kerasan tinggal bersamanya dan keluarga Zacky Mirza.

Awalnya, soal perwalian anak menjadi salah satu hal yang dibahas dalam sidang perceraian mereka. Namun belakangan, Zacky Mirza mencabut gugatan perwalian tersebut. "Ya, ada pertimbangan. Menurut Ustaz (Zacky) anak milik berdua, tidak elok direbutkan di pengadilan. Itu saja," ungkap Syafri Noer, pengacara Zacky Mirza.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya