Sukses

Berduka, Artis-Artis Tanah Air Ini Kehilangan Sang Anak Selamanya

Beberapa artis Tanah Air ini mengalami duka mendalam karena ditinggal anaknya untuk selamanya.

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan orang terkasih untuk selama-lamanya pasti menyisakan duka mendalam bagi orang yang ditinggalkan. Terlebih, yang meninggal dunia adalah anak kandung sendiri.

Ternyata, tak sedikit artis kenamaan Tanah Air harus rela ditinggal anak mereka terlebih dahulu untuk menghadap Sang Khalik. Sebagai orangtua, ditinggal anak menjadi cobaan terberat dalam hidup mereka.

Salah satunya, musikus Iwan Fals yang kehilangan anaknya puluhan tahun lalu. Putra sulung Iwan Fals, Galang Rambu Anarki, dengan Rosana tutup usia di umur 15 tahun, saat mencoba menapaki karier seperti ayahnya sebagai musikus. 

Bagi Iwan Fals, banyak kenangan yang tak terlupakan buat pelantun "Bento" itu. Terlebih saat putranya lahir ke dunia, Iwan Fals langsung membuatkan lagu yang sesuai dengan nama Anaknya 'Galang Rambu Anarki'.

Lewat lagu tersebut, Galang dikenal seantero Tanah Air. Sebab, lagu tersebut juga menceritakan tentang keluh kesah Iwan Fals saat merawat Galang di tengah harga susu anak yang melambung tinggi saat itu.

Bahkan, ada sebagian artis yang sampai mengurungkan diri dan tak bisa melupakan kenangan bersama anaknya semasa hidup selama bertahun-tahun. Lalu, siapa saja artis Tanah Air yang berduka karena ditinggal pergi anaknya untuk selamanya?

Berikut rangkuman Liputan6.com, beberapa selebritas yang ditinggalkan anaknya terlebih dahulu menghadap Tuhan Yang Maha Esa. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Komeng

Sabtu (27/8/2016) petang, Komedian Komeng merasakan duka yang mendalam lantaran putrinya, Cantika Alhayu Aldi atau yang kerap disapa Caca, meninggal dunia. Gadis kecil yang baru berusia 10 tahun itu meninggal lantaran sakit.

Sang anak yang sempat sehat rupanya tiba-tiba mendadak kembali sakit. Keluarga berharap Caca bisa mendapatkan pertolongan pertama dengan membawanya ke rumah sakit. Namun, takdir berkata lain.

Komedian Komeng menggotong keranda jenazah anak ketiganya, Cantika Alhayu Aldi, menuju pemakaman keluarga di Citeureup, Bogor, Minggu (28/8). Caca, sapaan Cantika, meninggal dunia di usia 10 tahun lantaran sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Awalnya batuk, terus memang mau langsung dibawa ke rumah sakit. Meninggalnya di jalan pas menuju rumah sakit," tutur Komeng.

Mendiang Caca meninggalkan Komeng dan ibunya, Aprilliana Indra Dewi, serta dua saudara kembarnya, Bagus Athallah Aldi dan Ganteng Maritza Aldi. Caca dikebumikan di pemakaman keluarga di Citereup, Bogor, di samping makam ibunda Komeng.

3 dari 6 halaman

Farhan

Hati orangtua mana yang tak hancur mendapati anak yang disayanginya meninggal dunia. Perasaan dialami presenter kondang Muhammad Farhan yang ditinggal anak pertamanya, Muhammad Ridzky Khalid.

Putra Farhan diketahui meninggal dunia karena penyakit kanker darah atau leukemia. Penyakit tersebut membuat kondisi kesehatan Ridzky menurun hingga akhirnya tutup usia, 20 Desember 2015 pukul 13.40 WIB. Sebelumnya, Ridzky juga mengidap penyakit kelenjar getah bening. 

Namun sebelum mengembuskan napas terakhir, Ridzky sempat mengucapkan salam kepada Farhan sebagai tanda dirinya akan pergi untuk selama-lamanya. Jenazah mendiang anak yang dikenal periang itu dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

4 dari 6 halaman

Dewi Yull

Perjuangan Gizca Putri Agustina Sahetapy--putri Dewi Yull--melawan radang otak yang ia derita berakhir sudah. Gizca mengembuskan napas terakhirnya pada 2010 silam, tepatnya pukul 03.30 WIB di RSPAD Dr Suyoto, Jakarta.

Gizca yang juga putri aktor Ray Sahetapy sebelumnya telah menjalani operasi pengangkatan cairan yang menumpuk di otaknya. "Jenazah disemayamkan di Jalan Jagakarsa Raya Nomor 25. Gizca dimakamkan di Bogor, Jawa Barat," ungkap Noudy Sahetapy, adik Ray yang notebane Manajer Dewi Yull kepada tim Liputan6.com via telepon saat itu.

Dewi Yull sempat shock atas kejadian pahit yang harus ia dan keluarganya alami ini. Ucapan belasungkawa pun banyak menyebar di berbagai jejaring sosial. Mulai dari artis Tanah Air yang memiliki Facebook, hingga Twitter, satu per satu berusaha menyebarluaskan kabar ini. 

5 dari 6 halaman

Nani Wijawa

Nani Wijaya juga menjadi ibu yang harus tabah melihat putrinya, Sukma Ayu, yang saat itu beranjak dewasa dan tumbuh menjadi gadis cantik harus pergi terlebih dahulu menghadap Tuhan.

Sukma Ayu meninggal pada 25 September 2004, setelah jatuh pingsan dan koma selama 5 bulan lebih 16 hari. Sukma Ayu berusia 25 tahun saat mengembuskan napas terakhir.

Nani Wijaya adalah seorang artis, tak heran jika sang putri juga mengikuti jejaknya. Sukma Ayu juga terjun ke dunia hiburan dan menjadi bintang  film. Namun siapa sangka, ia pergi begitu cepat dan penyebab kematiannya masih jadi misteri hingga saat ini.

6 dari 6 halaman

Dea Mirella

Duka yang mendalam juga dirasakan oleh Dea Mirella. Sebab anak yang baru saja dilahirkannya meninggal dunia.

Dea Mirella terpaksa harus melahirkan si jabang bayi di usia kandungan lima bulan. Sayangnya, bayi berjenis kelamin laki-laki itu hanya dapat menikmati udara segar beberapa jam saja.

Bayi yang diberi nama Radja Amundra Hasby itu akhirnya harus pergi untuk selama-lamanya. Radja meninggal dunia pada 21 April 2016 pukul 08.23 WIB. Dea Mirella sempat mengungkapkan kesedihannya atas kepergian bayi mungilnya lewat akun media sosial miliknya.(Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.