Geisha Sukses Taklukkan K-Pop di Tahun 2016

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 15 Agu 2016, 21:20 WIB
Diperbarui 15 Agu 2016, 21:20 WIB
20160810-Geisha-IA
Perbesar
Band Geisha. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Geisha, band asal Pekanbaru, Riau, telah mewarnai musik Indonesia selama lebih dari satu dekade. Kini, mereka tengah memproduksi album keempat yang berisi lagu-lagu baru, termasuk "Sementara Sendiri" yang menjadi OST film Single.

Sembari merampungkan proses album keempat, Geisha tengah menikmati prestasi yang diterima selama tahun 2016 ini. Salah satunya adalah dengan menjadi videoklip Indonesia satu-satunya yang masuk di chart MTV Asia Countdown berkat videoklip "Sementara Sendiri".

Band Geisha. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Selanjutnya, mereka masuk ke dalam nominasi Anugerah Planet Muzik 2016 kategori Best Duo/Group yang akan digelar di Singapura berkat lagu "Tak Seimbang". Lagunya sendiri merupakan hasil duet bersama Iwan Fals yang ada di album Satu. Lagu "Ijinkan Aku Menyayangimu" yang ada di album tersebut juga tengah mereka promosikan di tahun ini.

Geisha di tahun ini juga berencana untuk terbang ke Taiwan dalam rangka manggung di Winter Festival 2016. Ini menjadi kesempatan emas bagi mereka untuk bisa tampil pertama kali di ajang tersebut.

Lalu bagaimana kesan-kesan dan persiapan mereka dalam menyambut karya terbaru, penghargaan, hingga konser di luar negeri tersebut? Momo (vokal), Roby (gitar), Nard (bass), Aan (drum), dan Dhan (keyboard) sempat menyampaikannya saat berkunjung ke kantor Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, belum lama ini.

Selengkapnya, simak hasil petikan wawancara Geisha bersama Liputan6.com di bawah ini.

Band Geisha. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ada sesuatu yang baru dan berbeda di album keempat nanti?

Dhan: Di album empat ini kami belajar memproduseri album sendiri. Ada beberapa lagu yang kami produseri sendiri.

Roby: Sudah sekitar 40-50 persen prosesnya. Baru enam lagu. Kemungkinan ada 12 lagu. 10 lagu baru, dua lagu bonus track, termasuk "Sementara Sendiri" yang jadi soundtrack film Single. Lagunya sebelumnya belum pernah ada di album manapun. Jadi, kami kepikiran caranya biar masuk album karena pendengar banyak yang suka, akhirnya jadi bonus track di album baru nanti.

"Sementara Sendiri" menjadi satu-satunya videoklip Indonesia yang masuk chart MTV Asia Countdown. Bagaimana kesan kalian?

Itu di luar ekspektasi kami. Waktu itu dikabari Bu Acin (pimpinan Musica), dan kami benar-benar makin semangat begitu mengetahuinya. Pas main di salah satu panggung juga sudah banyak yang menyanyikan.

Ada pengalaman menarik di balik lagu "Ijinkan Aku Menyayangimu"?

Roby: Waktu rekaman seru banget karena bisa barengan sama om Iwan Fals, sangat langka. Sudah begitu, lagu yang sangat terkenal pula. Dipercaya seperti ini, kami pun jadi termotivasi untuk membuat nuansa baru buat Geisha.

Momo: Ini kerjasama yang spontan, bukan cuma Geisha. Ada juga Noah, D'Massiv, dan Nidji. Lagu-lagunya juga sudah ada di album Satu milik Iwan Fals. Ada lagu baru yang bukan dari om Iwan, tapi dari ciptaan kami. Lagu "Abadi" diciptakan khusus untuk dinyanyikan oleh semua artis.

Di dalam album Satu juga ada lagu Geisha bareng Iwan Fals yang judulnya "Tak Seimbang". Lagunya masuk nominasi Anugerah Planet Muzik 2016 kategori Best Duo/Group di Singapura. Ada rencana ke sana?

Momo: Belum tahu, belum ada kabar.

Ada target buat menang dan harapan buat meraih penghargaan lagi?

Momo: Pastinya. Tapi harapannya yang ini dulu dapat.

Kembali ke videoklip "Sementara Sendiri" yang masuk chart MTV Asia Countdown, ada yang bikin kalian terkejut?

Roby: Iya. Kemarin di chart MTV itu posisi satu. Kami kaget pas mencari top chart. Sampai kami bertanya-tanya, kok bisa ada di posisi itu. Karena nomor dua atau nomor tiga itu lagu K-Pop. Buat kami itu berita bagus banget. Kami tak mengira sambutan lagunya sampai segitu, karena itu awalnya cuma untuk lagu soundtrack. Semoga bisa bagus juga di Malaysia, Hongkong....

Dhan: Mungkin juga nanti kami bisa main di festival Korea.

Band Geisha. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Soal manggung pertama di Taiwan dalam Winter Festival 2016, kapan tampilnya?

Aan: Di Taiwan nanti November rencananya kami mau perform di sana. Rencananya akan sekali manggung di sana.

Lalu ada rencana mendokumentasikan perjalanan kalian di sana untuk fans?

Aan: Biasanya kalau mau dokumentasi, kami sudah aman. Ada Nard yang mengurus (tertawa). Tapi mungkin untuk dokumen pribadi saja.

Nard: Iya kami sekalian juga ke Geisha ujungnya. Tapi kalau kami posting ke media sosial kami, fans pasti ikut melihat. Seperti saya kan punya Instagram juga. Jadi, nanti di Instagram Geisha juga pasti jalan.

Aan: Iya pokoknya nanti pasti kami update buat yang ingin tahu gimana kami di sana. Mau tidur, bangun tidur, mandi, ya semuanya (sambil tertawa kecil).

Bagaimana cara mempertahankan kelanggengan Geisha tanpa ada perubahan personel hingga detik ini?

Aan: Ya intinya kami masih main band seperti anak band yang seharusnya. Kami juga masih terus berkarya, have fun, bercandanya juga. Secapek-capeknya kami, sepadat-padatnya jadwal, malah kami syukuri. Karena dulu waktu nggak ada jadwal malah pusing, kok nggak ada jadwal. Sekarang ini kami malah terbiasa setiap hari sudah ada jadwal. Nggak ada jadwal beberapa hari saja sudah bingung mau ngapain di rumah. Hal-hal begitu yang mungkin bikin kami awet.

Nard: Keakraban sih sebenarnya. Dari awal kami SMA sampai sekarang tuh seperti candaan kami yang nggak penting masih tetap ada.

Momo: Tapi yang paling penting itu pengertian sih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya