Banyak Adegan Joker yang Hilang di Suicide Squad

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 05 Agu 2016, 14:20 WIB
Diperbarui 05 Agu 2016, 14:20 WIB
Suicide Squad
Perbesar
Film Suicide Squad. (Warner Bros)

Liputan6.com, Los Angeles - Suicide Squad kini telah tiba di bioskop-bioskop Indonesia. Salah satu karakter yang ingin dilihat aksinya oleh banyak penggemar adalah Joker.

Namun seperti dikabarkan Slash Film, Kamis (4/8/2016), ternyata dalam film arahan sutradara David Ayer itu, aksi Joker yang dimainkan Jared Leto banyak mengalami pemotongan. Sehingga, tak semua adegannya di Suicide Squad dimasukkan ke dalam hasil jadi yang tampil di bioskop.

Jared Leto sebagai Joker dalam film Suicide Squad. (Warner Bros Pictures)

Bila dihitung, kemunculan Jared Leto tak sampai 15 menit di sepanjang film. Menurut Leto, Joker seharusnya memiliki lebih banyak peran. Namun, David Ayer dan editor John Gilroy memutuskan untuk menguranginya.

Jared Leto sendiri mengaku bahwa dirinya sudah mempersiapkan agar Joker terlihat lebih mengerikan di Suicide Squad. Dalam tahap awal penyuntingan, ada banyak sisi kejam Joker yang muncul, dan merupakan jerih payah Leto.

Ketika Jared Leto ditanya oleh Telestar mengenai banyaknya adegan yang dipotong dalam film, ia memiliki respon sendiri. "Oh, ada banyak sekali adegannya (yang dihapus), ya, ada banyak adegan yang tidak sampai ke tahap akhir film. Dan mudah-mudahan mereka bisa melihat cahaya terang… Siapa yang tahu?" katanya seperti dilaporkan Heroic Hollywood.

Jared Leto saat menghadiri ajang penghargaan Golden Globe Awards 2015. (foto: eonline.com)

Memang kalau melihat secara keseluruhan, peran Joker tak terlalu penting untuk jalan cerita utama Suicide Squad. Namun, ia bertindak sebagai pemanis di kisah Harley Quinn (Margot Robbie). Ia juga terlibat di salah satu ending yang mengisyaratkan adanya sekuel atau muncul lagi di film solo Batman.

David Ayer sendiri sempat mengonfirmasi kepada Collider bahwa versi Blu-ray bisa saja memiliki adegan yang dihapus. Namun, sang sutradara tidak menjabarkan adegan mana yang dimaksud. David juga menanggapi pertanyaan seputar adegan Suicide Squad yang dihapus.

"Kami memiliki sepotong (adegan dihapus), pastinya ada lebih dari 10 menit dari materi di sana. Tapi potongan dari film ini adalah potongan saya, tidak ada semacam versi jagat paralel dalam film, film yang dirilis adalah hasil suntingan saya," ujar David Ayer.

Sutradara David Ayer.

Ia melanjutkan, "Dan itulah salah satu hal yang paling sulit mengenai penulisan, pengambilan gambar, dan mengarahkan sebuah film... Kita berpikir mereka akan menjadi adegan menakjubkan dan luar biasa tapi film ini merupakan kediktatoran (tertawa), bukan demokrasi, dan hanya karena sesuatu yang keren dan karismatik bukan berarti itu akan bertahan di penyuntingan akhir..."

Salah satu adegan Joker yang dipotong adalah pada saat ia bertarung melawan Suicide Squad. Seperti halnya film animasi Assault on Arkham, terdapat adegan ketika Joker menampar Harley Quinn dan hampir membunuhnya. Namun dalam tes audiens, adegan tersebut dianggap sangat kotor dan tidak enak ditonton.

Suicide Squad disutradarai oleh David Ayer serta dibintangi Will Smith, Jared Leto, dan Margot Robbie. Film ini berkisah mengenai tim penjahat super bentukan agen pemerintah yang dipaksa terjun ke sebuah misi bunuh diri.