Sukses

Mengapa Kritikus Film Benci Suicide Squad?

Di laman Rotten Tomatoes, Suicide Squad diberi label film busuk.

Liputan6.com, Jakarta Suicide Squad, adalah salah satu film yang paling ditunggu-tunggu tahun ini. Berita, prediksi, hingga bocoran gambar terkait film karya David Ayer ini muncul hampir setiap hari di media. Hasilnya, ekspektasi publik terhadap film ini pun kian menjulang.

Sayangnya, ekspektasi ini langsung runtuh begitu Suicide Squad diputar secara terbatas untuk media dan kritikus film awal pekan ini. Pasalnya, mayoritas kritikus film ternyata tak menyukai film yang sudah dirilis di Indonesia sejak 3 Agustus kemarin ini.

Film Suicide Squad. (Warner Bros)

Lihat saja laman situs agregat Rotten Tomatoes yang mengumpulkan hasil review para kritikus. Pada Kamis (4/8/2016), dari 125 kritikus yang memberikan penilaiannya pada Suicide Squad, 85 di antaranya memberikan nilai buruk untuk film ini.

Hasilnya, skor sementara Suicide Squad adalah 31 persen, yang membuatnya diberi label sebagai film yang 'busuk' alias jelek.

Situs agregat lain, Metacritic, juga menyuarakan hasil serupa. Penilaian 44 kritikus yang dikumpulkan situs ini, ternyata hanya memberikan skor 42, yang berarti bahwa Suicide Squad secara umum dinilai sebagai film yang buruk.

Film Suicide Squad. (Warner Bros)

Sebenarnya, mengapa Suicide Squad begitu dibenci oleh kritikus? Ternyata, banyak kritikus yang merasa bahwa film ini terlalu hingar bingar dan berantakan.

"Suicide Squad adalah film berukuran besar, berntakan, dan berisik. Jelek sekali," tutur Christy Lemire dari situs Roger Ebert.com. Ia menyebut bahwa film ini gagal mengeksekusi sejumlah lelucon, dan lebih banyak dipenuhi tembakan peluru dan ledakan yang bombastis. Sementara Kenneth Turan dari Los Angeles Times mempermasalahkan konsep penceritaannya yang tak kuat.

Sementara itu A.O. Scott dari The New York Times menyebut bahwa Suicide Squad ingin mengekor kegilaan Deadpool dan Guardian of Galaxy. "Tapi lantas film ini tersandung kakinya sendiri," tulisnya.

Margot Robbie sebagai Harley Quinn di Suicide Squad (Pinterest)

Namun setidaknya, masih ada kritikus yang memberikan pembelaan untuk film ini, seperti Brian Truitt dari USA Today. "Suicide Squad adalah film yang sangat unik, yang dengan bangga memberikan jari tengah pada film-film superhero yang telah lama muncul," ujarnya.

Sejumlah kritikus lain, juga memberikan pujian untuk pemilihan aktor dan aktris dalam film ini yang dinilai begitu pas. Terutama Jared Leto sebagai Joker dan Harley Quinn yang diperankan Margot Robbie.

Jadi, apakah Anda setuju dengan penilaian para kritikus film terhadap Suicide Squad?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini