Sukses

Reza Rahadian dan Chelsea Islan Terjun ke Teater

Reza Rahadian dan Chelsea Islan akan bermain teater berjudul Bunga Penutup Abad.

Liputan6.com, Jakarta Setelah terlibat dalam sebuah film garapan Hanung Bramantyo berjudul Rudy Habibie yang akan segera tayang, Reza Rahadian dan Chelsea Islan kembali dipasangkan dalam satu proyek. Namun, kali ini bukan film, melainkan sebuah pertunjukan teater berjudul Bunga Penutup Abad.

Reza mengakui, proyek teater ini rupanya merupakan proyek tersulit karena merupakan pengalaman pertama baginya setelah sekian lama. Jadi, sebelumnya ia memastikan betul memiliki waktu yang cukup untuk berlatih.

"Awalnya saya make sure dulu bahwa mungkin enggak jadwalnya untuk latihan. Karena buat saya teater itu sulit, dan naskahnya panjang banget. Jadi saya enggak berani ambil risiko. Apalagi saya terakhir main teater itu sekitar umur 16 sampai 18 tahunan," ujar Reza saat ditemui usai konferensi pers Bunga Penutup Abad di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (30/5/2016).

(Kanan ke kiri) Lukman Sardi, Reza Rahadian, Happy Salma dll akan bermain teater berjudul Bunga Penutup Abad. [Foto: Zulfa Ayu Sundari/Liputan6.com]

Apalagi, konsep naskah pertunjukan teater jauh lebih panjang ketimbang film. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Reza Rahadian untuk menghapal naskah yang panjang, tanpa dibantu improvisasi seperti dalam film.

"Saya kan sudah lama enggak teater. Itu kalau baca naskahnya ada yang narasi panjang 2,5 halaman. Kayak novel, dan harus dihafal dialognya persis. Kalau film kan bisa ada medium improvisasi," kata bintang film My Stupid Boss ini.

Meski memiliki tingkat kesulitan tersendiri, baginya proses reading yang lengkap antara para pemain merupakan trik jitu yang sangat membantunya dalam menghapal maupun menghayati peran.

"Yang penting menurut gue kita kumpul bersama dalam satu ruangan hening, dan gue punya lawan main yang ada di tempat itu. Karena gue bukan aktor yang bagus kalau reading sendiri, jadi selalu ada partner. Kalau reading sendiri biasanya hasilnya enggak semaksimal kalau ada lawannya. Jadi harus ada Chelsea," kata Reza Rahadian.

Reza Rahadian (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Bunga Penutup Abad diambil dari novel terkenal karya Pramoedya Ananta Toer berjudul Bumi Manusia. Bunga Penutup Abad berkisah mengenai kehidupan Nyai Ontosoroh (Happy Salma) dan Minke (Reza Rahadian) setelah kepergian Annelies ke Belanda. Nyai Ontosoroh yang khawatir mengenai keberadaan Annelies, mengutus pegawainya untuk menemani Annelies pergi.

Pementasan Bunga Penutup Abad ini akan digelar selama dua hari, yaitu tanggal 25 dan 26 Agustus 2016 di Gedung Kesenian Jakarta. Sebelum pertunjukan, rencananya para pemain, termasuk Reza Rahadian dan Chelsea Islan, akan melalui proses latihan sebanyak 40 kali. (Ufa/Fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini