Sukses

6 Teori Film Animasi Disney yang Hebohkan Penonton Dewasa

Sedikitnya, terdapat enam buah teori dalam film-film animasi Disney yang mengguncang pikiran dan menghebohkan para penggemar.

Liputan6.com, Jakarta - Film-film animasi Disney selama ini dikenal sangat ramah untuk anak-anak dan memiliki soundtrack lagu yang mudah diingat. Namun begitu, kesuksesan beberapa film yang ada, sempat diwarnai oleh berbagai teori oleh fans.

Banyak yang menganggap cerita seluruh film animasi Disney yang ceritanya dibuat terpisah, ternyata memiliki keterkaitan satu sama lain. Tak hanya itu, banyak penggemar yang meyakini adanya sisi gelap dari skenario utama di beberapa film.

 

Alhasil begitu kita menyelami teori-teori ini, gambaran film Disney yang ceria dan pas bagi anak-anak, berubah menjadi suguhan yang memutar otak penonton dewasa. Hal itu bisa digali dengan menonton beberapa film yang ada.

Teori mengenai kaitan beberapa film membuat kita menahan napas sejenak untuk membuka kembali setiap adegan hingga terasa masuk akal. Meskipun begitu, teori ini belum pernah sekalipun dikonfirmasi oleh pihak Disney secara langsung.

Menelusuri judul-judulnya, langsung saja kita ungkap satu per satu teori di beberapa film Disney yang mengguncang pikiran kita sebagai penonton dewasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Frozen

Frozen: Anna dan Elsa Punya Saudara Tarzan?

Dua karakter utama Frozen, Anna dan Elsa memiliki awal kisah menyedihkan ketika orangtua mereka meninggal di lautan saat menaiki kapal. Setelah raja dan Ratu Arendelle itu tak kembali ke negerinya, alhasil kedua anaknya yang harus menaiki takhta, terutama Elsa, sang kakak.

Namun salah satu sesi tanya jawab Ask Me Anything (iAMA) di situs Reddit, sempat tersiar pernyataan mengejutkan dari salah satu sutradara film ini, Chris Buck. Disampaikannya bahwa raja dan ratu ternyata masih hidup dan terdampat di sebuah hutan. Mereka berdua lalu memiliki anak laki-laki, namun pada akhirnya dimakan oleh macan tutul.

Setelah pernyataan tersebut mencuat, maka penggemar berat Disney langsung berasumsi kalau anak laki-laki yang dimaksud adalah Tarzan. Kebetulan, Tarzan juga pernah difilmkan oleh Disney.

Kepada MTV, Buck tidak menyanggah secara tegas, namun juga tidak membenarkan teori tersebut. Ia juga menyebut kalau anak saudara Elsa dan Anna diasuh oleh seekor gorilla. Pada akhirnya, Buck mempersilakan fans untuk berkhayal secara bebas.

3 dari 7 halaman

Tarzan

Tarzan: Jane adalah Cucu Belle dan Beast?

Setelah kita membahas kaitan antara Tarzan dan Frozen, maka kita akan membahas hubungan antara Tarzan dan Beauty and the Beast. Semua tentu sangat mengenal Jane, sosok wanita yang merupakan kekasih Tarzan.

Banyak yang berpendapat kalau Jane adalah cucu dari dua tokoh utama Beauty and the Beast, Belle dan Beast. Hal tersebut mencuat setelah fans menyamakan warna rambut dan wajah Jane dengan Belle di film animasi Disney.

Jane juga mengenakan pakaian berwarna kuning yang modelnya hampir mirip dengan gaun milik Belle. Ditambah lagi, pusaka keluarga Jane memiliki kesamaan dengan yang ada di Beauty and the Beast. Kesamaan itu terungkap ketika seekor primata di Tarzan, memainkan perlengkapan minum teh yang mirip dengan Mrs. Potts dan Chip di Beauty and the Beast.

4 dari 7 halaman

Beauty and the Beast

Beauty and the Beast: Belle Suka Membaca Cerita Aladdin

Beauty and the Beast tak cuma dianggap memiliki kaitan dengan Tarzan, namun juga dengan kisah Aladdin. Banyak penggemar yang menganggap bahwa Aladdin hanya sebuah cerita fiksi buatan seorang penulis yang ada di dalam kisah Beauty and the Beast.

Dalam film animasi Beauty and the Beast, Belle menyebutkan cerita kesukaannya adalah kisah tentang dunia nun jauh di sana ketika pertarungan pedang, mantra sihir, dan seorang pangeran sedang menyamar menjadi topik utamanya.

Memang kisah tersebut sangat mirip dengan perjalanan hidup calon suaminya kelak, Beast. Namun di sisi lain, banyak adegan yang melibatkan unsur-unsur di atas. Terlebih lagi, film animasi Aladdin baru muncul setahun kemudian setelah Beauty and the Beast. Akan tetapi, bisa saja Disney hanya memberikan sedikit teaser Aladdin melalui dialog dalam Beauty and the Beast.

5 dari 7 halaman

Aladdin

Aladdin: Lokasi Berada di Masa Depan Pasca-Kehancuran Dunia?

Dunia dalam film Aladdin memang sangat kental dengan nuansa klasik Timur Tengah, terutama "Kisah 1001 Malam". Namun banyak penggemar yang berteori kalau lokasinya bertempat di dunia masa depan setelah dunia mengalami kehancuran.

Teori tersebut muncul karena negeri yang menjadi tempat Aladdin berasal memiliki nama Agrabah. Nama tersebut diyakini sebagai sebuah tempat di Timur Tengah usai perang nuklir meletus.

Ditambah lagi, Genie (Jin) yang dipanggil Aladdin memiliki referensi budaya pop modern di abad ke-20. Ia juga mengaku telah lama terkurung di dalam botol selama 10 ribu tahun, waktu yang cukup lama baginya untuk melewatkan peradaban milennium ketiga ini.

Beberapa hal lagi yang membuat sebagian fans yakin Aladdin berada di masa depan adalah kecerdasan si burung beo serta harimau yang menjadi bodyguard Jasmine. Lalu versi video game Aladdin juga memiliki rambu lalu lintas yang terkubur di padang pasir.

6 dari 7 halaman

Toy Story 2

Toy Story 2: Jessie adalah Boneka Milik Ibu Andy?

Kisah dalam film Toy Story 2 tampak meriah dengan kehadiran Jessie, boneka koboi wanita yang memiliki semangat tinggi. Di situ, ia ragu kalau Andy tak akan meninggalkan Woody dan kawan-kawan. Hal tersebut didasarkan pada mantan pemiliknya, Emily yang memberikannya kepada seorang anak lain ketika beranjak remaja.

Ketika Jessie kembali dengan Woody di akhir film Toy Story 2, banyak yang menganggap bahwa ia tidak sengaja bertemu kembali dengan pemilik aslinya. Fans pun menganggap kalau ibu Andy yang tak disebutkan namanya itu, sebenarnya adalah Emily.

Ditambah lagi, topi koboi yang dipakai Andy seolah merupakan versi lusuh dari topi yang dipakai oleh Emily saat masih kecil. Lalu ketika Emily memasukkan Jessie dan aksesoris koboinya ke dalam kotak berisi barang-barang bekas saat beranjak remaja, topinya tak dimasukkan sama sekali.

Dugaan liar menyebutkan kalau Emily bisa saja menyimpannya sebagai salah satu barang pusaka keluarga. Emily dan ibu Andy juga terlihat memiliki warna rambut yang sama, menambah keyakinan sebagian fans terhadap teori ini.

7 dari 7 halaman

Up

Up: Carl Sudah Meninggal?

Film animasi Up yang digarap Pixar dan Disney, memiliki awal cerita menyedihkan. Tokoh utamanya, Carl, digambarkan memiliki istri yang meninggal di usia senja. Ia lalu berpetualang dengan menaiki rumahnya yang hendak digusur sambil terbang setelah dipasangi banyak balon.

Banyak penggemar yang meyakini kalau Carl sebenarnya sudah meninggal tak lama setelah ia mendapat pemberitahuan mengenai penggusuran rumahnya. Sedangkan petualangan Carl di pertengahan hingga akhir film, berada di alam setelah kematian dan Russell adalah malaikat penjaganya.

Ucapan Russell untuk mengantar Carl menuju Pulau Surga adalah perumpamaan darinya untuk mengantar sang kakek menuju dunia pasca-kematian. Pada akhirnya, rumah Carl berada di sebuah tempat yang jauh dari peradaban.

Namun begitu, teori tersebut sangat besar kesalahannya. Mengingat akhir sesungguhnya film ini, memperlihatkan Russell menjadi peserta upacara penyematan lencana baru. Ditambah lagi, Carl datang ke dalam upacara tersebut untuk menyematkan lencana dan semua orang di situ melihat mereka berdua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.