Sukses

Kawendra Lukistian, Jarang Dikenal tapi Ciptakan Lagu-lagu Tenar

Lagu milik Kawendra telah dibawakan oleh Afgan, Bebi Romeo, dan banyak penyanyi lain.

Liputan6.com, Jakarta Nama Kawendra memang tak banyak orang tahu. Namun, sosok pemilik nama lengkap Kawendra Lukistian ini mampu menulis dan mengaransemen sebuah karya lirik lagu menjadi sebuah musik patut diperhitungkan.

Karya pria kelahiran 28 tahun silam itu telah banyak dinyanyikan penyanyi berbakat Tanah Air. Mereka di antaranya adalah Afgan ("PadaMu Kubersujud"), Bebi Romeo ("Dalam Sunyi"), PentaBoys ("Namanya Juga Sayang"), Syiar Voice dan banyak lagi.

Afgan Syahreza (Liputan6.com/Herman Zakharia)

”Saya mengawali karier sebagai pencipta lagu pada tahun 2004,” ujarnya saat ditemui di Studio TVRI, Jakarta Pusat, belum lama ini.
Kawendra mengaku, kecintaanya menulis lirik lagu berawal dari goresan puisi yang menemani perjalanannya saat menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Alma’soem Bandung, Jawa Barat.

Seakan tak mau jalan di tempat, ia pun memutuskan untuk mengikuti Lomba Cipta Lagu Religi di Tingkat Nasional. ”Dan Alhamdulillah juara satu,” tuturnya.

Saat itu, kata Kawendra, ia menciptakan lagu berjudul "Dalam Sunyi". ”Lagu itu langsung dinyanyikan Mas Bebi Romeo,” katanya.

Lewat karya tersebut, ia pun mulai dilirik. Penyanyi Afgan Syahereza salah satunya. Kawendra diminta menciptakan sebuah lagu bertemakan religi. ”Aku ciptakan lagu "Aku Bersujud",” cerita suami dari Indah Shandy Lukistian itu.

Tak sekedar lihai meracik lagu, bapak satu anak ini ternyata jago membuat jingle dan memproduseri penyanyi dan grup musik. Mereka yang merasakan tangan dingin Kawendra sebagai produser muda di antaranya, Putih Band, Jack Hanafie (IMB), Ita Purnamasari, Ismi Azis, Iis Sugianto, Dhea Mirella, Endang S Taurina, Chintami Atmanegara, Maria Selena, Liza Elly, Duo-RI, Icha Suny, Edo Kondologit, Ajul Jiung dan lainnya.

”Aku mengawali menjadi seorang produser saat masih usia 22 tahun,” tuturnya. Tak hanya musisi, beberapa politisi dan pengusaha pun mengakui kemampuanya sebagai produser berbakat. Mereka pun sempat bekerja sama dengan Kawendra mereka di antaranya Prabowo Subianto, Fadli Zon, Puan Maharani, Yeny Wahid, Dewi Aryani, Setiawan Djody, Mooryati Soedibyo, Sosro Suryanto, dan banyak.

 

Bebi Romeo. Foto: Panji Diksana/Liputan6.com

 

”Dan itu tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Tapi karena ini anugerah Allah, jadi dijalani saja,” ujar pria yang memperoleh gelar Master Seni Pertunjukan dari STSI Bandung, Jawa Barat itu.

Kini bersama Parakawe Industries yang merupakan rumah produksi musik dan kreatif yang ia dirikan. Kawendra mulai melebarkan sayap. Tak hanya berkarya menghasilkan lagu atau jingle saja, ia ikut terjun ke dunia politik. Ia bergabung dalam tim pemenangan Sandiaga Uno dalam pemilihan Gubernur DKI mendatang. 

”Intinya sih berkarya itu kan harus ikhlas, soal hasil biarlah Tuhan yang membalas, enggak usah dipikirin, manusia kalau mikirin hasil, pusing nanti,” ujar Kawendra seraya tertawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.