Sukses

Stairway to Heaven dari Led Zeppelin Dituding sebagai Lagu Curian

Dua personel band rock Led Zeppelin bakal menjalani sidang karena dituduh mencuri chord lagu milik Spirit untuk intro Stairway to Heaven.

Liputan6.com, Los Angeles - Nama Led Zeppelin memang sudah tak asing lagi di telinga para pencinta musik rock. Banyak karya-karyanya yang kesohor hingga ke seluruh dunia. Namun, salah satu band rock yang populer di era 1970-an itu, kini harus menghadapi masalah. Padahal, para personelnya sudah berusia senja.

Seperti dilansir dari The Guardian, awal pekan ini, vokalis Robert Plant dan gitaris Jimmy Page harus menjalani persidangan di Amerika Serikat. Pasalnya, dua ujung tombak Led Zeppelin itu dituduh mencuri chord gitar untuk bagian pembuka lagu "Stairway to Heaven" yang rilis pada 1971.

 

Dalam sebuah keputusan pengadilan pada Jumat akhir pekan lalu, hakim distrik AS Gary Klausner di Los Angeles, berkata bahwa lagu "Stairway to Heaven" sangat mirip dengan nomor instrumental berjudul "Taurus" yang dibawakan band Spirit pada 1967.

Andaikan juri pengadilan memutuskan kalau chord kedua lagu tersebut sama, maka Plant dan Page harus bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta. Proses pengadilan tersebut dijadwalkan untuk berlangsung pada 10 Mei 2016.

Band rock Led Zeppelin. (ppcorn.com)

Pengaduan ini mencuat pertama kali usai Wolfe mengeluhkan kesamaan dua melodi lagu tersebut dalam sebuah wawancara. Sayangnya, setelah itu ia meninggal dunia karena tenggelam pada 1997 di Samudra Pasifik ketika berusaha untuk menyelamatkan putranya.

Gugatan ini pertama kali dilontarkan oleh Michael Skidmore, perwakilan untuk mendiang Randy Wolfe atau yang lebih dikenal sebagai Randy California, gitaris band Spirit sekaligus komposer dalam "Taurus".

Lagu yang Stairway to Heaven yang dirilis pada 1971 dituduh hasil jiplakan lagu Taurus milik band Spirit.

Skidmore mengatakan kalau Page diduga kuat membuat intro gitar "Stairway to Heaven" untuk Led Zeppelin setelah mendengar Spirit membawakan "Taurus" kala mereka tur bersama pada 1968 dan 1969. Namun setelah lagunya direkam dan meledak, Wolfe tidak pernah mendapat kredit apapun.

Robert Plant dan gitaris Jimmy Page yang menjadi terdakwa mengatakan kalau Wolfe adalah seorang penulis lagu sewaan yang tidak memiliki klaim hak cipta. Ditambah lagi, progresi kord yang dipermasalahkan sangatlah klise, sehingga mereka tidak layak mendapatkan perlindungan hak cipta.

Led Zeppelin dikabarkan sempat memiliki peluang untuk tampil di atas panggung musim panas Festival Glastonbury 2014.

Akan tetapi, hakim mengatakan bahwa seorang juri bisa saja menemukan kesamaan yang kuat antara dua menit pertama Stairway to Heaven dan Taurus. Bagian tersebut dijuluki sang hakim sebagai "segmen yang bisa dibilang paling dikenal dan penting" dari lagu-lagu tersebut.

Meskipun begitu, Klausner melewatkan klaim terhadap dua pihak, yaitu personel Led Zeppelin lainnya, bassis John Paul Jones beserta Warner Music Group. "Stairway to Heaven" sendiri merupakan lagu dari album keempat Led Zeppelin yang berjudul Led Zeppelin IV.

Led Zeppelin berdiri dalam formasi kuartet pada 1968 dan bubar pada tahun 1980, tak lama setelah drummer John Bonham meninggal di tahun yang sama. Mereka terakhir kali reuni pada 2007. (Rul/Gie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini