Sukses

Film-film Aidan Turner, Anak Tukang Karpet Calon James Bond

Aidan Turner, seorang anak tukang karpet kini telah menjadi aktor besar sekaligus kandidat calon James Bond baru.

Liputan6.com, Los Angeles - Nama Aidan Turner belakangan ini terdengar santer di kalangan para pecinta film. Pasalnya, aktor 32 tahun itu tengah masuk ke dalam bursa calon James Bond pengganti Daniel Craig. Namun begitu, masih banyak yang belum mengenal siapa sebenarnya sosok Aidan Turner.

Lahir di Dublin, Irlandia, pada 19 Juni 1983, Aidan Turner adalah anak dari pasangan penjaga toko karpet dan teknisi listrik. Usai merampungkan sekolahnya, Aidan Turner lalu mengikuti jejak sang ayah, sebagai montir listrik.

Ia melanjutkan kariernya ke Sekolah Akting Gaiety di usianya yang ke-19 hingga lulus pada 2004. Beberapa drama panggung pernah dijajakinya setelah ia lulus. Sebut saja The Plough and the Stars, Romeo and Juliet, dan A Cry from Heaven.

Sebelum menjajaki dunia film, Aidan Turner sempat beberapa kali menjadi bintang tamu di serial televisi. Penampilan pertamanya adalah satu episode dalam serial The Tudors. Beberapa episode The Clinic, Desperate Romantics, dan Being Human menyusul kemudian.

Aktor Aidan Turner dalam serial Poldark. (cloudfront.net)

Penampilannya di dunia perfilman bukan langsung berjalan mulus. Ia hanya memerankan dua film pendek dan satu film yang gagal rilis di sepanjang tahun 2007. The Sound of People dan Matterhorn adalah film pendek yang pernah ia mainkan. Sementara dalam film layar lebar yang batal tayang berjudul Porcelain, ia seharusnya memerankan karakter bernama Kevin.

Namun setelah perannya dalam The Clinic menarik perhatian, barulah Aidan Turner mendapat peran besar di film pertamanya yang rilis 2008. Belakangan, usai tampil di salah satu episode serial Poldark, Turner disebut sebagai salah satu calon James Bond pengganti Daniel Craig.

Aktor Aidan Turner dalam serial Poldark. (thefashionisto.com)

Lantas, apa saja film-film yang pernah dimainkan oleh Aidan Turner? Simak selengkapnya di halaman berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alarm - The Hobbit

Alarm (2008)

Berjenis Alarm thriller, film asal Irlandia ini dibintangi oleh aktris cantik Ruth Bradley sebagai Molly, wanita muda yang syok usai melihat ayahnya dibunuh komplotan maling. Aidan Turner tampil sebagai Mal, sahabat Molly yang akhirnya menjadi kekasihnya.

 

Aidan Turner dalam film The Hobbit. (phillycinephile)

Trilogi The Hobbit (2012-2014)

Peran Aidan Turner yang paling dikenal, tentu saja dalam trilogi The Hobbit. Di film The Hobbit: An Unexpected Journey (2012), The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013), dan The Hobbit: The Battle of the Five Armies (2014), ia tampil sebagai kurcaci (dwarf) bernama Kili.

Penampilannya sebagai Kili, mencuri perhatian para penggemar novel asli The Hobbit yang diciptakan J.R.R. Tolkien. Drama cinta Kili dengan peri (elf) bernama Tauriel (Evangeline Lilly), menambah cita rasa istimewa dalam akting Turner.

3 dari 3 halaman

The Mortal Instruments: City of Bones - Look Away

The Mortal Instruments: City of Bones (2013)

Pada 2013, sebelum film kedua The Hobbit muncul, Aidan Turner sempat tampil sebagai Luke Garroway dalam The Mortal Instruments: City of Bones. Karakternya merupakan manusia serigala yang menyelamatkan tokoh utama film ini.

 

Aktor Aidan Turner. (independent.co.uk)

The Secret Scripture (2016)

Film ini masih dalam tahap pasca-produksi. Tema yang diangkat adalah seorang wanita (Rooney Mara) yang membuat catatan harian saat berada di rumah sakit jiwa. Dalam film adaptasi novel karya Sebastian Barry tersebut, Aidan Turner memerankan karakter pendukung bernama Jack McNulty.

Look Away (2016)

Baru akan dirilis tahun ini, Look Away membawa Aidan Turner tampil sebagai karakter bernama Russell. Kisahnya sendiri berpusat pada seorang wanita yang jatuh cinta kepada psikiater eksentrik. Belum diketahui apakah Russell merupakan sosok psikiater itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini