Oscar 2016: Mampukah When Marnie Was There Samai Spirited Away?

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 29 Feb 2016, 06:40 WIB
Diperbarui 29 Feb 2016, 06:40 WIB
Oscar 2016: Mampukah When Marnie Was There Samai Spirited Away?
Perbesar
When Marnie Was There diharapkan menandingi Spirited Away untuk meraih Piala Oscar 2016.

Liputan6.com, Los Angeles - Peraihan Piala OSCAR 2016 di Academy Awards ke-88 menampilkan satu nominasi untuk Best Animated Feature Film. Tahun ini, salah satu anime Jepang buatan Studio Ghibli, When Marnie Was There masuk ke dalam daftar nominee di kategori tersebut.

Harapan para pecinta anime sebenarnya sudah tertahan lebih dari 13 tahun sejak kemenangan Spirited Away arahan sutradara Hayao Miyazaki. Istimewanya, anime tersebut juga menjadi salah satu andalan Studio Ghibli di kancah internasional.

 

Melihat judul nominasi kali ini, tak salah jika fans anime maupun Studio Ghibli berharap When Marnie Was There meraih Piala Oscar 2016. Pasalnya, film tersebut merupakan adaptasi novel remaja dewasa berjudul sama karya penulis Inggris Joan G. Robinson yang pertama kali dirilis pada 1967.

Film anime besutan Studio Ghibli, Spirited Away.

Spirited Away sendiri memiliki daya tarik tersendiri dan dianggap sebuah karya dongeng yang mempesona, menawan, dan cantik. Apalagi, tema dunia arwah yang ditawarkan memiliki keunikan dan sentuhan humor yang sangat kuat.

Setidaknya ketimbang nomine lainnya, When Marnie Was There memiliki satu cerita yang menggugah, meskipun tak seceria Spirited Away dan saingan terberatnya di Oscar tahun ini, Inside Out. Akan tetapi, film ini layak disebut sebagai animasi Jepang terbaik yang diadaptasi dari sebuah novel Inggris.

Anime besutan Studio Ghibli dari Jepang, When Marnie was There berhasil menjadi nominasi di ajang penghargaan bergengsi Oscar 2016.

Academy Awards ke-88 atau Oscar tahun ini yang digelar oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), akan memberikan penghargaan terhadap film-film terbaik yang rilis sepanjang 2015. Acara ini digelar pada 28 Februari 2016 di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles.