Sukses

Piala Oscar 2016: Prediksi Pemenang Kategori Sutradara Terbaik

Berikut prediksi pemenang kategori Sutradara Terbaik di Academy Awards ke-88 untuk memperebutkan piala Oscar 2016.

Liputan6.com, Los Angeles - Kategori sutradara terbaik dalam Academy Awards ke-88 (Piala Oscar 2016), menampilkan banyak nama yang sangat disegani oleh para pencinta film maupun sineas lainnya. Sebut saja Adam McKay, George Miller, Alejandro G Inarritu, Lenny Abrahamson, dan Tom McCarthy.

Kategori Best Director di piala Oscar memang kalah pamor dengan Best Picture maupun Best Actor dan Best Actress. Namun berkat mereka, film-film yang digarap memiliki hasil maksimal hingga menuai pujian dari para penonton dan kritikus.

 

Semua sutradara di nominasi ini memiliki film andalan yang mampu membuat penonton terkesima berdasarkan genre masing-masing. Keunggulan para sutradara ini pun bervariasi. Ada yang sukses menghidupkan akting kocak para pemain, hingga menuntut aktor atau aktris agar tampil total.

Tahun ini kita melihat kembali nama Alejandro G. Inarritu yang menang tahun lalu berkat Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance). Kini, ia kembali dengan The Revenant. Sementara, George Miller dan Adam McKay juga patut diperhitungkan keberadaannya.

Lantas, bagaimana persaingan para nomine? Simak prediksi pemenang kategori Sutradara Terbaik di Oscar 2016 berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Adam McKay

Adam McKay (The Big Short)

The Big Short sukses menjadi salah satu film komedi paling langka dan antik tahun ini sejak dirilis pada Desember 2015. Akting kocak dengan teori ekonomi yang berbobot, menjadi andalan film ini. Semua tak lepas dari peran Adam McKay, sang sutradara.

Keputusan Paramount untuk merekrut McKay dalam menggarap tema krisis ekonomi, dihasilkan dengan sangat baik. Banyak kritik berbalut lelucon yang diteriakkan secara lantang di sepanjang film ini. Penampilan para mega bintang pun diarahkan sedemikian rupa hingga tampak berbeda ketimbang film-film sebelumnya.

3 dari 7 halaman

George Miller

George Miller (Mad Max: Fury Road)

Kehadiran George Miller tentu menimbulkan ancaman bagi para nomine lainnya. Berkat perjuangannya, Mad Max: Fury Road sukses mendulang nominasi di berbagai ajang penghargaan. Film ini juga meraih 10 nominasi di Academy Awards ke-88.

Kehebatan Miller lainnya dalam Mad Max: Fury Road adalah kemampuannya untuk bisa mengikuti perkembangan zaman. Mad Max pertama hingga ketiga ia arahkan di akhir 1970-an hingga awal 1980-an. Film keempat ini disuguhkan secara sederhana, tapi memiliki pesan yang mendalam: melawan kekerasan terhadap wanita.

4 dari 7 halaman

Alejandro G Inarritu

Alejandro G Inarritu (The Revenant)

Selain George Miller, kehadiran Alejandro G Inarritu juga menjadi ancaman bagi para nomine lainnya. Di luar kemenangannya di Oscar tahun lalu, The Revenant sukses didapuk 12 nominasi di Oscar 2016. Meskipun beredar kabar kalau Inarritu sangat galak selama proses produksi, hasilnya sungguh mengagumkan para penggemar.

Akting Leonardo DiCaprio berhasil dibuat sangat total, mulai dari kedinginan hingga memakan hati bison. Apalagi, Inarritu juga sanggup membuat penonton merinding melalui adegan pembantaian yang melibatkan seekor beruang. Dari situlah kerja kerasnya patut diacungi jempol.

5 dari 7 halaman

Lenny Abrahamson

Lenny Abrahamson (Room)

Kiprah Lenny Abrahamson dalam Room mampu menandingi film Frank yang rilis 2014 lalu. Apalagi, di sini Abrahamson mampu menghidupkan akting Jacob Tremblay secara total yang kala itu masih berusia 8 tahun. Bahkan, akting Brie Larson sebagai wanita traumatik pun dikembangkan secara apik.

Kelebihan lainnya dari Lenny Abrahamson adalah kemampuannya dalam membuat cerita semakin menarik dalam menonjolkan sisi traumatik seorang manusia. Konflik rumah tangga pun digarap secara apik hingga berbeda ketimbang film-film drama lainnya.

6 dari 7 halaman

Tom McCarthy

Tom McCarthy (Spotlight)

Film biografi berbalut kriminal dan jurnalisitik satu ini, sukses membuat Tom McCarthy sebagai salah satu sutradara berkualitas di Piala Oscar 2016. Meskipun begitu, film drama ini juga berhasil membawa para pemainnya ke dalam akting penuh intrik yang menarik.

Bagi para penonton yang tertarik dengan dunia kriminal dan jurnalistik, kerja keras McCarthy ini tentu bukan hal yang sia-sia. Apalagi pesan mendalam yang coba dituangkan dalam film ini mampu dituangkan dengan sangat baik oleh sang sutradara.

7 dari 7 halaman

Prediksi Pemenang

Prediksi Pemenang

Melihat rekam jejak para sutradara, bisa dipastikan Alejandro G Inarritu dan George Miller bersaing ketat dalam memperebutkan piala Oscar 2016 berkat film masing-masing, The Revenant dan Mad Max: Fury Road. Namun, peluang Inarritu sangat kuat karena akting Leonardo DiCaprio yang sangat total.

Namun jangan salah. George Miller pun patut menang karena Mad Max: Fury Road terbukti disukai oleh penonton dunia. Kalaupun ada sutradara di luar mereka berdua yang menang, mungkin Tom McCarthy jawabnya, karena ia mendapat banyak nominasi dari penghargaan lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini