Karier Saipul Jamil di Dunia Film yang Kontroversial

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 20 Feb 2016, 14:00 WIB
Diperbarui 20 Feb 2016, 14:00 WIB
Saipul Jamil
Perbesar
Saipul Jamil

Liputan6.com, Jakarta - Kabar terbaru mengenai kasus pelecehan seksual yang melibatkan Saipul Jamil sebagai tersangka, tentunya sangat mengejutkan publik di Tanah Air. Namun di luar itu semua, penyanyi dangdut berperawakan nyentrik itu pernah bergelut sebagai aktor di berbagai film.

Barangkali buat para pecinta berat film, karier pria yang akrab disapa Ipul itu dianggap kurang serius. Pasalnya, banyak kontroversi yang mewarnai langkah Ipul sebagai aktor film layar lebar. Mari kita jelajahi satu persatu film-film yang pernah dimainkan pria kelahiran Serang, 31 Juli 1980 ini.

 

Setan Budeg (2008)

Pertama, ada Setan Budeg yang juga dibintangi oleh mantan istrinya, Dewi Perssik. Di film berjenis horor komedi ini, Ipul tampil sebagai pasangan tokoh utamanya, Anisa yang dimainkan oleh Dewi Perssik. Perannya memang tak terlalu dominan, tapi di sini Ipul terlihat macho dan gagah.

Ketika film ini digarap, Ipul dan Dewi Perssik (Depe) sudah bercerai. Namun mereka berdua dituntut untuk melakukan adegan mesra di atas ranjang. Alhasil, berbagai komentar negatif dari masyarakat pun bermunculan. Di sisi lain, film ini berhasil membuktikan kalau Ipul dan Depe masih tetap akur meski bukan suami istri lagi.

 Dewi Persik sering dikomplain anak karena pulang malam

Pijat Atas Tekan Bawah (2009)

Di film Pijat Atas Tekan Bawah, Ipul tak lagi berpasangan dengan mantan istri. Kali ini ia beradu akting dengan Kiki Fatmala. Sayangnya, hubungan kerjasama mereka renggang. Hal itu terjadi setelah Ipul memegang daerah sensitif Kiki saat melakoni adegan mesra dalam film tersebut.

Lebih parahnya, rekaman kejadian saat syuting tersebut disebarkan dan tayang di berbagai media termasuk televisi. Alhasil, nama Saipul Jamil kembali tercoreng citranya. Untungnya, nuansa komedi dalam film ini cukup menghibur masyarakat Indonesia walaupun kurang mendapat sambutan dari para pecinta film keseluruhan.

Pedangdut, Saipul Jamil. (Istimewa)

Arwah Kuntilanak Duyung (2011)

Lagi-lagi, Ipul bermain di film berjenis horor komedi dengan bumbu sensual. Arwah Kuntilanak Duyung adalah film yang terakhir kali dilakoni olehnya bersama (lagi-lagi) mantan istri, Dewi Perssik. Komentar miring berdatangan tatkala keduanya diketahui sanggup melakukan adegan panas.

Di film ini, Ipul bermain sebagai Jali, pria jagoan yang mengidap kelainan seksual dan hobi bermain dengan para wanita. Lebih mencengangkan lagi, film ini mengangkat kisah nyata kecelakaan Tol Cipularang Km 92. Lokasi tersebut pernah menjadi TKP meninggalnya Almarhum Virginia, istri terakhir Saipul Jamil pada 2011.

Arwah Kuntilanak Duyung dirilis setelah kecelakaan yang merenggut nyawa Virginia. Banyak yang menuding kematian istri Ipul di Tol Cipularang Km 92 itu, dimanfaatkan sebagai materi untuk promosi film horor ini.