Sukses

6 Adegan Potong Tangan di Film Marvel yang Mirip Star Wars V

Terdapat enam buah adegan potong tangan di film Superhero Marvel yang menyerupai adegan Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back.

Liputan6.com, Los Angeles - Film-film superhero Marvel Cinematic Universe seperti Iron Man, The Avengers, hingga Ant-Man, kini tengah menjadi wabah tersendiri di dunia. Setiap judul yang dirilis oleh Marvel Studios itu selaluditunggu-tunggu para pecinta film.

Tapi tahukah Anda, kalau ternyata hampir semua film tersebut memiliki adegan ekstrim berupa tangan beberapa karakter yang terpotong? Adegan tersebut, juga pernah ada di film Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back. Jika ditelusuri kembali, adegan yang sebenarnya tak layak ditonton anak-anak itu sudah ada sejak film Iron Man 3 di fase kedua Marvel Cinematic Universe (MCU). 

 

Mengulang kembali Star Wars Episode V, adegan ini terjadi saat pertarungan klimaks antara Luke Skywalker dan Darth Vader. Di situ, tangan Luke terpotong oleh lightsaber milik Darth Vader.

Adegan di film Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back. (kmccrusade.com)

Adegan tersebut dianggap ikonik di mata penggemar Star Wars maupun film fiksi ilmiah dan laga secara umum. Ada dugaan, dimasukkannya unsur adegan tersebut di MCU, berkaitan dengan kerjasama Disney yang menangani franchise Marvel sejak 2009 dan Star Wars sejak 2012. Ditambah lagi, kini distribusi film-film MCU sudah dipegang Disney yang juga tengah menangani babak baru Star Wars sejak film ketujuh, The Force Awakens.

Lantas, apa saja film-film di franchise Marvel Cinematic Universe yang memiliki adegan potong tangan layaknya Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back? Simak selengkapnya di halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Iron Man 3

1. Iron Man 3

Adegan tepotongnya tangan di Iron Man 3, terdapat dalam adegan klimaks yang melibatkan Tony Stark alias Iron Man saat ia melawan versi Extremis dari Aldrich Killian.

Di situ, Iron Man yang terkapar, tampak terdesak ketika Killian yang ada di atasnya hendak menghabisinya dengan tangan kirinya. Saat itulah, Tony Stark tanpa pikir panjang langsung mengeluarkan pisau dari lengan kanan zirahnya.

Iron Man pun langsung memotong tangan kiri Killian. Hal itu pun berimbas pada melelehnya besi yang menjadi tempat jatuhnya tangan kiri Killian.

3 dari 8 halaman

Thor: The Dark World

2. Thor: The Dark World

Dalam Thor: The Dark World, salah satu adegan konflik melibatkan perkelahian antara Thor dan Loki yang sedang berada di dunia lain. Kala itu, Thor yang terdesak hendak memanggil palunya, Mjolnir dengan mengulurkan tangan.

Loki yang berjalan sangat cepat pun menghampiri Thor dan langsung menodongkan pisaunya lebih cepat dari Mjolnir. Alhasil, tangan Thor langsung terpotong dan Jane yang sedang berlari ke arahnya langsung memegangnya.

4 dari 8 halaman

Captain America: The Winter Soldier

3 Captain America: The Winter Soldier

Captain America: The Winter Soldier memiliki karakter antagonis The Winter Soldier yang berasal dari masa lalu Captain America. Ketika momen flashback dimunculkan, maka tampaklah adegan tangan terpotong.

Kala itu, Winter Soldier yang disangkat tewas, ternyata menjadi bahan eksperimen salah satu kelompok jahat di film itu. Terlihat tangan kiri Winter Soldier terputus saat ia mengenang masa lalunya.

5 dari 8 halaman

Guardians of the Galaxy

4. Guardians of the Galaxy

Momen terpotongnya tangan salah satu karakter di Guardians of the Galaxy melibatkan dua karakter protagonis, yaitu Gamora dan Groot. Meskipun begitu, adegan ini relatif tak terlalu menyeramkan jika dilihat anak-anak.

Pasalnya, yang menjadi korban terpotongnya tangan adalah Groot, si manusia pohon. Pelakunya tentu saja Gamora yang sedang mengincar benda paling berharga. Tentu saja Groot tak terlalu menderita, karena ia mampu menumbuhkan kembali tangannya.

6 dari 8 halaman

Avengers: Age of Ultron

5. Avengers: Age of Ultron

Di film Avengers: Age of Ultron, salah satu karakter baru bernama Ulyses Klaw muncul di tengah film. Ketika ia berhadapan dengan Ultron, terlontarlah kata-kata yang menyinggung.

Akhirnya, Ultron yang merupakan sesosok robot pun langsung memotong tangan Klaw. Berhubung film ini dibuat bersahabat untuk anak-anak oleh Marvel, terpotongnya tangan Klaw tak ditampilkan secara eksplisit.

7 dari 8 halaman

Ant-Man

6. Ant-Man

Adegan klimaks dalam Ant-Man memperlihatkan salah satu karakter yang seolah berpindah dimensi. Sebelum ia lenyap, kita disuguhi oleh adegan tangan hilang di awal proses perpindahannya.

Meskipun begitu, adegan dipotongnya tangan dalam Ant-Man tak terlalu eksplisit dan tidak melibatkan proses pemotongan yang dilakukan oleh karakter lain secara langsung.

8 dari 8 halaman

Tambahan

Tambahan

Selain adegan-adegan tersebut, terdapat beberapa momen serupa yang cukup unik maupun eksplisit di Marvel Cinematic Universe. Di film Avengers Age of Ultron, terlihat Hulkbuster milik Iron Man memperbaiki lengannya dan memutus dan menyambungnya kembali saat sedang melawan Hulk. Adegan tersebut memang tak terlalu nyeri untuk dilihat, mengingat Hulk Buster adalah bagian dari zirah milik Iron Man.

Sementara di serial televisi MCU, ada tiga adegan yang cukup mengganggu pikiran. Ada dua adegan dalam Agents of S.H.I.E.L.D. musim kedua. Pertama melibatkan karakter yang dimainkan Lucy Lawless di episode awal, kedua melibatkan karakter Coulson yang diperankan Clark Gregg pada episode terakhir. Ketiga ada di serial Daredevil musim pertama ketika seorang mafia sedang didesak oleh guru Daredevil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini