Sukses

Airlift: Misi Penyelamatan Ribuan Manusia di Tengah Perang

Ranjit Katiyal bertanggung jawab atas keselamatan nyawa ratusan ribu warga India.

Liputan6.com, Jakarta - Kekuasaan kadang bisa mempengaruhi perasaan dan pikiran seseorang. Hal itulah yang tergambar dalam sosok Ranjit Katiyal (diperankan oleh Akhsay Kumar). Seorang pengusahan sukses asal India yang tinggal di Kuwait bersama istrinya, Amrita (Nimrat Kaur) dan sang putri, Simu.

Sayangnya, kesuksesan yang diraihnya membuat Ranjit Katiyal gelap mata. Ia dikenal sebagai pria yang kejam dan akan melakukan apa saja untuk memperoleh keuntungan. Ranjit bahkan lebih bangga menjadi seorang warga Kuwait ketimbang India.

 Airlift [Youtube]

Di suatu malam pada Agustus 1990, Ranjit Katiyal menerima kabar buruk bahwa Irak telah menyerang Kuwait. Penyerangan itu terjadi di bawah kepemimpinan presiden Saddam Hussein. Irak meminta Kuwait menurunkan pasokan minyak sehingga harga minyak di Irak dapat naik.

Panik, Ranjit pun meminta Amrita membawa Simu mengungsi ke London selama beberapa hari. Sayangnya peperangan itu tidak berakhir dalam hitungan hari, justru semakin menjadi. Tentara Irak menduduki sejumlah wilayah di Kuwait dan menjarah kota tanpa pandang bulu.

Ranjit Katiyal bersama rekannya, Nair memutuskan pergi ke kedutaan besar India. Namun, usaha mereka mengalami kendala. Nair ditembak mati, keluarga pemerintahan Kuwait pun lepas tangan dengan melarikan diri. 170.000 warga negara India di Kuwait terkatung-katung.

 Film India, Airlift mulai tayang di Indonesia pada 29 Januari 2016

Selama 59 hari, lebih dari 488 pesawat komersial dari India diterbangkan ke zona perang untuk mengevakuasi ratusan ribu warga mereka dan membawanya kembali ke India.

Keadaan ini membuat semua warga bertanya-tanya apa yang negara telah lakukan kepada mereka. Karena peristiwa ini telah mengorbankan banyak jiwa. Tidak hanya satu atau sepuluh tapi ratusan ribu orang.

Berhasilkan Ranjit Katiyal membawa semua warga India kembali ke negaranya tanpa kekurangan apapun? Dapatkah Ranjit Katiyal bertemu kembali dengan istri dan anaknya?

 Salah satu adegan dalam film Airlift yang dibintangi Akshay Kumar dan Nimrat Kaur. [Youtube]

Saksikan perjuangan Ranjit Katiyal dalam film Airlift yang tayang mulai hari ini, Jumat (29/1/2016) di Blitzmegaplex. Selain Akshay Kumar dan Nimratu Kaur, Airlift juga dibintangi Feryna Wazheir, Inaamulhaq dan masih banyak lagi.

Film Airlift sendiri sudah tayang di India pada 22 Januari 2016. Sejak rilis, film ini kabarnya selalu banjir penonton. Bahkan menurut pengamat film India, enam hari pertama Airlift mendapat perolehan sebesar 78.50 crore atau senilai Rp 160 miliar dan diyakini akan terus bertambah. (Eka/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.