Sukses

Drummer Band Idola David Bowie Meninggal Dunia

Dale Griffin, drummer band Mott the Hoople yang diidolakan oleh David Bowie hingga menjadi produsernya, baru saja meninggal dunia.

Liputan6.com, London - Nama Mott the Hoople mungkin cukup asing di telinga pendengar musik Indonesia. Meskipun begitu, ketenaran band era 1970-an ini cukup santer di Inggris, terutama setelah mereka diidolakan dan diajak bekerjasama oleh David Bowie.

Seperti dilansir dari The Guardian, Senin (18/1/2016), belakangan, satu kabar duka datang dari band berjenis glam rock ini. Drummer band mereka, Dale Griffin, meninggal di usia yang ke-67.

Diketahui, wafatnya sang musisi pada Minggu (17/1/2016) kemarin, disebabkan karena penyakit yang dideritanya sejak lama, yaitu Alzheimer. Penyakit tersebut baru ia ketahui di usianya yang ke-58.

Kabar duka ini pertama kali dikonfirmasi oleh pihak label rekaman sang drummer, Angel Air. Manajer Mott the Hoople, Peter Purnell menyampaikan bahwa Griffin meninggal di saat ia sedang tidur.

Band Mott the Hoople, yang menjadi idola David Bowie dan pernah bekerjasama dengannya. (theartsdesk.com)

Pemain keyboard Mott the Hoople, Verden Allen berkata kepada Hereford Times, "Dale sangat baik, pria yang berbicara sopan dan seorang drummer jenius, sulit dipercaya ia sudah tiada."

Griffin, yang kerap dipanggil Buffin saat di Mott the Hoople, merupakan personel yang tak pernah lepas dari grup sejak 1969 hingga bubar di 1976. Selama eksis, Mott the Hoople sempat nyaris bubar dan David Bowie yang mengidolakannya pun langsung mengajak mereka bekerjasama sebagai produser. Hasilnya bisa dilihat dalam album All the Young Dudes.

David Bowie ( REUTERS/Shaun Best/Files)

Selain Mott the Hoople, pria kelahiran 24 Oktober 1948 itu juga pernah bergabung dengan band British Lions yang di dalamnya merupakan pecahan dari beberapa mantan personel band tersebut.

Di masa jayanya, Griffin telah melakukan jam session dengan berbagai musisi top seperti Pulp, Smashing Pumpkins, hingga Nirvana. Ia juga terlibat reuni band Mott the Hoople pada 2009.(Rul/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini