Sukses

Ayu Dewi Bentuk Moral Anak Sejak Dini

Sejak dini Ayu Dewi mengajarkan putrinya, Aqilah tentang sopan santun moral.

Liputan6.com, Jakarta Pendidikan moral untuk anak dianggap sangat penting bagi Ayu Dewi. Sejak dini, istri Regi Datau itu mengajarkan segala sopan santun dan budi pekerti untuk sang putri, Aqilah Dewi Humairah.

Ayu yang berdarah Gorontalo menganggap, dengan tahu adat istiadat anak akan mengerti bagaimana menghormati orangtua dan orang yang lebih tua darinya. 

Ayu Dewi [Foto: Faisala R. Syam/Liputan6.com]

"Karena adat (Gorontalo) aku banyak pesan dan doa. Dari gerakan dan ucapannya, jadi banyak pesan moril buat anak-anak, dan doanya islami itu bagus," kata Ayu Dewi saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (5/1/2016).

Hal paling sederhana yang diajarkan Dewi kepada Aqilah adalah menghormati orang yang lebih tua. Presenter acara musik Dahsyat itu juga mengajarkan bagaimana mengucapkan terima kasih dan meminta maaf.

Ayu Dewi dengan Suami (Liputan6.com/Panji Diksana)

"Misalnya kalau ada orang lagi kumpul, sebagai yang muda kita lewat harus nunduk sopan santun, beri salam. Kalau dipuji  bilang terima kasih. Kalau aku tersandung karena dia, terus dia sambil pegang aku bilang, 'maaf momi'," ujarnya.

Menurut Ayu Dewi, dengan pendidikan moral anak bisa jadi baik. "Jadi kebudayaan itu perlu diajarkan. Orangtua sama anak harus tegas, anak sama orangtua kalau bertemu harus cium tangan dan itu membentuk moral yang baik," kata Ayu Dewi. (Pur/Fei)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.