Sukses

50 Film Hollywood Paling Dinanti di 2016 (Bag 2)

Tulisan bagian kedua memuat 25 film yang edar dari pertengahan Juni hingga Desember 2016. Apa saja filmnya?

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2015 menjadi tahun yang cerah bagi Hollywood. Berkat sukses besar Star Wars: The Force Awakens, Hollywood membukukan pemasukan US$ 11,1 miliar atau setara Rp 153,5 triliun sepanjang tahun kemarin.

Selain Star Wars 7, di 2015 banyak rilis pula film-film yang meraup sukses besar seperti Fast and Furious 7, Jurassic World, Spectre, Inside Out, serta film terakhir franchise Hunger Games. Lalu, bagaimana dengan 2016?

Di ujung tahun ada film Star Wars anyar. Tapi film Star Wars yang ini bukan lanjutan The Force Awakens, melainkan cerita yang berdiri sendiri: Rogue One: A Star Wars Story. Yang juga mungkin sekali mendapat atensi adalah pertaruhan jagat baru DC Universe sebagai pesaing Marvel Cinematic Universe (MCU, jagat sinema Marvel), Batman v Superman: Dawn of Justice bakal bersaing dengan Captain America: Civil War.

Tahun 20016 masih menjadi tahunnya film superhero, film franchise atau sekuel, serta tafsir baru dongeng klasik. Kami memilih 50 film dari Hollywood yang berpotensi meraup sukses saat edar di seluruh dunia tahun depan. Catatan tambahan, tanggal rilis dalam tanda kurung menunjukkan waktu rilis di Amerika.

Tulisan bagian kedua memuat 25 film yang edar dari pertengahan Juni hingga Desember 2016. Apa saja filmnya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

26-30

26. Finding Dory (rilis 17 Juni)

Sekuel dari Finding Nemo, salah satu masterpiece Pixar, telah disiapkan sejak lama. Kali ini fokus cerita pada Dory, ikan kecil berwarna biru yang punya penyakit lupa ingatan jangka pendek. Dory berkelana mencari ibu dan ayahnya. Berhasilkan ia? Dan lebih dari itu, berhasilkah Pixar membuat sebuah masterpiece baru lagi?

27. Independence Day: Resurgence (rilis 24 Juni)

Alien kembali menginvasi bumi dan begitu pula para bintang asli dari film sukses tahun 1996 ini, kecuali Will Smith. Film sekuel yang kembali dibesut Roland Emmerich ini kini mengandalkan daya pikat Liam Hemsworth, selain tentu saja efek khusus dahsyat perang manusia lawan alien.

The Legend of Tarzan. (Warner Bros / Ace Showbiz)

28. The Legend of Tarzan (rilis 1 Juli)

Ini cerita lanjutan Tarzan. Kini Tarzan (diperankan Alexander Skarsgard) seorang pria terhormat bernama Lotrd Greystoke yang tinggal di London. Di film Tarzan yang ini, sutradara David Yates (menyutradarai beberapa film Harry Potter) mengajak Tarzan kembali berpetualang ke hutan (bersama Margot Robbie), mencari jati diri dan makna hidupnya.

29. The BFG (rilis 1 Juli)

Cerita dongeng anak-anak kesayangan karya Roald Dahl kali ini diangkat ke layar lebar oleh Steven Spielberg. Maka, hasilnya tentu takkan biasa-biasa saja. Ia mengajak serta bintang Bridge of Spies, Mark Rylance berakting sebagai raksasa baik hati nan bersahabat alias Big Friendly Giant, yang membantu seorang gadis kecil dan Ratu Inggris melawan raksasa jahat pemakan manusia.

30. Ghostbusters (rilis 15 Juli)

Ini buat ulang yang berbeda dengan remake atau reboot yang sudah-sudah. Jika di tahun 1980-an kita bertemu para pemburu hantu pria, dibuat ulang yang ini para wanita yang jadi pemburu hantu. Maka, Kristen Wiig, Melissa McCarthy, Kate McKinnon dan Leslie Jones menjadi Ghostbusters versi cewek. Jangan lupa, Chris Hemsworth berperan sebagai Kevin, sang sekretaris.

3 dari 6 halaman

31-35

31. La La Land (rilis 15 Juli)

Ini film anyar dari Damien Chazelle, sutradara Whiplash. Maka, tentu saja kita penasaran apa keunggulan yang ia perlihatkan di Whiplash muncul lagi di sini. Namun, Anda harus tahu dahulu, film yang ini jauh dari kesan suram dan gelap tentang sisi lain sekolah musik jazz. La La land film musikal bersetting Los Angeles masa kini yang dibintangi Emma Stone dan Ryan Gosling.

32. Star Trek Beyond (rilis 22 Juli)

Star Trek rasa Fast and Furious. Begitu mungkin bila Justin Lin, yang menyutradarai beberapa film Fast and Furious, membuat film Star Trek. Di film Star Trek ketiga ini (setelah Star Trek dan Star Trek: Into the Darkness) Kapten Kirk (Chris Pine) dan awaknya terdampar di sebuah planet yang berbahaya. Idris Elba ikut serta di franchise ini sebagai tokoh jahat Krall. Namun, bagi kita di sini, keterlibatan Joe Taslim di film ketiga ini tentu lebih menarik perhatian.

33. Bourne 5 (rilis 29)

Untuk sementara film ini diberi judul "Bourne 5" alias film kelima Jason Bourne. Setelah "Legacy" tanpa kehadiran Jason Bourne dianggap gagal, maka sang jagoan dimunculkan kembali. Jason Bourne mengulang lagi perannya sebagai Jason Bourne. Kali ini ia didampingi bintang-bintang Julia Stiles, Alicia Vikander, dan Tommy Lee Jones.

Jared Leto sebagai Joker dalam film Suicide Squad. (Warner Bros Pictures)

34. Suicide Squad (rilis 5 Agustus)

Kita sudah melihat wujud Jared Leto saat menjadi Joker di film ini. Lalu, pertanyaan besarnya, apa ia bakal memuaskan kita seperti mendiang Heath Ledger dahulu di The Dark Knight? Well, Leto menghadapi lawan yang berat. Di luar itu, Suicide Squad punya premis yang asyik: bagaimana bila para penjahat berganti peran jadi pemberantas kejahatan?

35. Pete's Dragon (rilis 12 Agustus)

Sekali lagi, animasi dan live-action digabung dalam satu layar. Film ini merupakan buat ulang dari film keluarga tahun 1977. Dibintangi Bryce Dallas Howard, Robert Redford, dan Wes Bentley, versi 2016 bukan berwujud film musikal.

4 dari 6 halaman

36-40

 36. Patient Zero (rilis 2 September)

Patient Zero adalah film thriller tentang penyebaran wabah penyakit. Manusia harus berjuang melawan makhluk-makhluk cerdas, tangkas dan buas yang muncul akibat sebuah virus. Hm, seperti film zombie, ya? Well, film ini mungkin bakal jadi World War Z-nya tahun 2016. Filmnya dibintangi Natalie Dormer dan Stanley Tucci.

37. The Magnificent Seven (rilis 23 September)

Denzel Washington dan Ethan Hawke berkolaborasi lagi dengan Antoine Fuqua setelah Training Day bertahun-tahun silam. Kali ini mereka membuat ulang film koboi klasik tahun 1970-an yang merupakan adaptasi 7 Samurai-nya Akira Kurosawa. Chris Pratt juga ikutan main di sini.

38. Deepwater Horizon (rilis 30 September)

Pada 21 April 2010, sebuah kilang minyak di lepas pantai teluk Louisiana meledak. Sebelas pekerja rig tewas dan bencana lingkungan tak terhindarkan. Sutradara Peter Berg mengangkat kejadian nyata itu bersama Mark wahlberg sebagai bintang utamanya.

Clint Eastwood dan Tom Hanks saat syuting Sully. (dok. NBC News)

39. Sully (rilis 9 September)

Satu lagi film dari kisah nyata siap mencuri perhatian di 2016. Clint Eastwood berkolaborasi dengan Tom Hanks. Kali ini, Eastwood mengangkat kisah pilot Kapten Chesley "Sully" Sullenberger (Hanks) yang berhasil mendaratkan pesawat di sungai Hudson, tengah kota New York pada 2009 silam. Ia menyelamatkan 155 nyawa hari itu. Namun, drama sesungguhnya, terjadi setelah aksi heroisme hari itu.

40. Inferno (rilis 14 Oktober)

Ahli simbiologi Robert Langdon kembali beraksi. Setelah The Da Vinci Code dan Angel and Demons, Hanks kembali memerankan Langdon di Inferno, juga dari novel Dan Brown. Petualangan Langdon kali ini berpusat di Italia dan terkait dengan Inferno, puisi karangan Dante Alighieri dari abad ke-14.

5 dari 6 halaman

41-45

41. Jack Reacher: Never Go Back (rilis 21 Oktober)

Meski sekuelnya diberi sub-judul "Never Go Back", faktanya Tom Cruise kembali memerankan detektif swasta tampan dan tangguh, Jack Reacher. Dalam petualangannya kali ini, Reacher harus kembali ke barak tentara yang ia tinggalkan.

42. Doctor Strange (rilis 4 November)

Benedict Cumberbatch berperan sebagai Doctor Strange! Ini film jebolan superhero Marvel paling kita tunggu tahun ini.

Salah satu adegan dalam film Fantastic Beast and Where We Found Them [Foto: Dailymail.co.uk]

43. Fantastic Beasts and Where to Find Them (rilis 18 November)

Prekuel Harry Potter? Hm, tidak persis juga. Lebih pas film ini punya jagat yang sama dan mungkin sekali tokoh-tokoh dari Harry Potter muncul di sini. Eddie Redmayne berperan sebagai Newt Scamander yang berpetualang mencari monster-monster yang lari dari koper ajaib.

44. Moana (rilis 23 November)

Pada zaman dahulu kala, di kawasan Pasifik Selatan, laut Oceania, hiduplah Moana, seorang pelaut ulung, yang mengarungi samudera mencari sebuah negeri dongeng. Moana, film animasi terbaru Disney, diramal bakal sehebat Frozen.

45. Rogue One: A Star Wars Story (rilis 16 Desember)

Disney mewujudkan janjinya bahwa setiap tahun bakal rilis film Star Wars anyar. Setelah Star Wars: The Force Awakens yang merupakan Episode VII lanjutan enam film terdahulu, Rogue One adalah film solo yang berdiri sendiri di luar kisah hikayat episodik. Kisahnya tentang sekelompok pejuang pemberontak yang mencuri rancangan Death Star pertama. Film ini turut dibintangi bintang Hong Kong Donnie Yen.

6 dari 6 halaman

46-50

46. Assassin's Creed (rilis 21 Desember)

Satu lagi game populer diangkat ke layar lebar. Michael Fassbender berperan sebagai pembunuh bayaran berkemampuan tinggi. Filmnya turut dibintangi Marion Cotillard.

47. Passangers (rilis 21 Desember)

Di film ini, kita bakal menyaksikan Jennifer Lawrence bercinta dengan Chris Pratt, atau, lebih tepatnya, karakter yang mereka mainkan. Dalam sebuah perjalanan ruang angkasa yang panjang, Chris tak sengaja membangunkan Jennifer yang tertidur. Kemudian mereka malah bermesraan. Menarik, bukan?

Tim Burton.

48. Miss Peregrine's Home for Peculiar Children (rilis 25 Desember)

Mempersatukan Tim Burton, buku karangan Ransom Riggs serta Eva Green sebagai Miss Peregrine laksana impian Gothic yang mewujud jadi nyata. Bintang Hugo, Asa Butterfield berperan sebagai pelindung dari anak-anak panti asuhan.

49. Bad Santa 2 (rilis 25 Desember)

Sutradara Mean Girls Mark Waters + Bad Santa = terasa bakal seru, bukan? Tambahan pula, Kathy Bates berperan sebagai ibunda dari Billy Bob Thornton di film sekuel ini.

50. Silence (rilis belum diumumkan)

Martin Scorsese menyutradarai kisah berlatar abad ke-17 tentang para pendeta Jesuit yang harus menghadapi cobaan tak terperi saat menyebarkan agama Kristen di Jepang zaman feodal. Film ini dibintangi Andrew Garfield dan Liam Neeseon. Sepertinya bakal jadi kandidat Oscar tahun 2017.(Ade/Feb)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini