Sukses

Ulasan D'Academy Asia, 2 Indonesia dan 1 Malaysia ke Grand Final

ak ada lagi drama kontroversi di konser result Top 4 Dangdut Academy Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Dua wakil tuan rumah dan 1 finalis dari negeri tetangga, Malaysia, akhirnya masuk Grand Final Dangdut Academy Asia. Lesti DA 1, Danang DA 2, dan Shiha Zikir sukses menjadi 3 finalis yang berhak tampil di puncak ajang dangdut go global ini.

Tak ada lagi drama kontroversi di konser result Top 4 Dangdut Academy Asia yang digelar pada Jumat-Sabtu (25-26/12/2015) malam. Ini menjadi penampilan terakhir Fitri Hiswady. Kompatriot Shiha tersebut gagal melaju ke Grand Final setelah menempati urutan terakhir di babak 4 besar. Perolehan total nilai yang didapat Fitri hanya sebesar 696 poin, berselisih hingga 30 angka dari posisi ketiga, Shiha.

Dikesempatan menilai, Zul 2BY2 juri asal Malaysia yang menggantikan posisi seniornya, Pak Ngah, menegaskan penilaian adalah mutlak dari kacamata juri. Memang dalam 3 konser result sebelumnya, juri Malaysia khususnya Pak Ngah membuat beberapa keputusan yang menurut penonton terutama netizen di sosial media, bersikap tak objektif.

Shiha Zikir, kontestan D'Academy Asia asal Malaysia. (dok. Twitter)

Entah, demi menyelamatkan wajah negaranya atau memang menilai dengan fair, juri Malaysia beberapa kali memberi nilai kepada wakil negaranya dengan selisih 10 angka dari juri lain. Hal ini tentu membuat penonton kecewa bahkan ingin memboikot D'Academy Asia. Untungnya hal ini tak terjadi.

Dengan tersingkirnya Fitri, kita lega. Meski Shiha juga lolos, setidaknya kualitas Shiha lebih baik dari Fitri. Shiha sudah cukup membetot perhatian sejak kompetisi dimulai pada 13 November silam. Wajah dan suaranya kerap dibilang mirip dengan Rossa. Ditambah Lesti dan Danang, rasanya 3 finalis ini adalah yang terbaik sejauh ini.

Usai tampil di babak konser lima besar, Lesti langsung menangis. Hal itu lantaran ia merasa penampilannya tidak seperti biasanya.

Sementara itu, Lesti kembali menjadi pemuncak klasemen setelah dalam 2 babak disalip Danang. Di konser result terakhir, Lesti bahkan mampu unggul 9 poin dari pesaing beratnya yang disebut para komentator mengalami peningkatan paling jauh dibanding kontestan lain.

Berikut klasemen akhir Top 4 Dangdut Academy Asia.

1. Lesti (Indonesia): 382 + 384 = 766
2. Danang (Indonesia): 380 + 377 = 757
3. Shiha Zikir (Malaysia): 360 + 366 = 726
4. Fitri Hiswady (Malaysia): 341 + 355 = 696

Minggu (27/12/2015), Dangdut Academy Asia akan menghadirkan Konser Road to Grand Final. Di konser ini, akan tampil 20 peserta awal kompetisi. Konser Grand Finalnya sendiri baru akan berlangsung Senin (28/12/2015) dan akan disiarkan langsung Indosiar. Pengumuman pemenang baru akan didapat sehari setelahnya atau Selasa (29/12/2015), yang juga akan disiarkan langsung Indosiar mulai pukul 19.00 WIB. Jangan lewatkan! (Puj/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini