KALEIDOSKOP 2015: 5 Lagu Dangdut Paling Digemari

Oleh Puji Astuti HPS pada 23 Des 2015, 22:00 WIB
Diperbarui 23 Des 2015, 22:00 WIB
Ayu Ting Ting
Perbesar
Ayu Ting Ting [Foto: Sapto Purnomo/Liputan6.com]

Liputan6.com, Jakarta Dangdut, jenis musik yang kerap disebut sebagai musik asli Indonesia. Mayoritas masyarakat kita dari orang tua, remaja, bahkan anak-anak begitu menggemari dangdut meski musik dangdut sering dibilang murahan. Beruntungnya, negara ini selalu dikaruniai penyanyi dangdut dengan vokal dan cengkok tiada duanya.

Contoh paling nyata bisa kita lihat di ajang Dangdut Academy Asia yang diikuti 4 negara dan ditayangkan Indosiar. Para finalis yang mewakili negara ini memiliki kualitas di atas rata-rata jika dibandingkan kontestan dari negara lain. Lengkingan dan cengkok dangdut para penyanyi kita sulit ditandingi.

Selain kualitas individu, lagu dangdut di Indonesia sangat asyik didengar. Bukan saja karena kita sudah terbiasa mendengarnya, tapi lagu dangdut kini memang makin banyak variasinya. Penyanyinya pun muda-muda nan cantik-cantik dengan suara tak kalah dahsyat dengan para senior.

Kami memilih 5 lagu dangdut paling digemari dalam setahun ini. Lagu-lagu ini dipilih karena popularitasnya begitu heboh di masyarakat.

Tak hanya sering kita mendengarnya di jalan-jalan, di radio, tapi juga di televisi baik itu dinyanyikan penyanyi aslinya ataupun dibawakan peserta ajang adu bakat kontes dangdut atau karena dijadikan lagu pengiring di sinetron dan FTV. Apa saja?

"Sambalado"

Ayu Ting Ting (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Perbesar
Ayu Ting Ting (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Sambalado" - Ayu Ting Ting

Ayu Ting Ting kerap hadir dengan lagu yang menjadi hits dalam 3-4 tahun belakangan. Dari Alamat Palsu, Minyak Wangi, Sik Asik, sampai Geboy Mujaer. September 2015 lalu, ia meluncurkan album Best of Ayu Ting Ting. Sambalado menjadi hits single yang begitu menancap ditelinga dan otak pecinta dangdut.

Lagu ini juga menjadi begitu populer di kalangan pengguna Instagram. Banyak sekali video Dubsmash yang memakai lagu ciptaan Dadan Ind ini. Video klip Sambalado di YouTube sendiri sudah ditonton lebih dari 18 juta orang. Pencapaian yang luar biasa. Ini mungkin dikarenakan melodinya yang sangat catchy dan liriknya mudah dihapal, terutama bagian reffrain-nya.

Begini liriknya:

"Sambala sambala, bala sambalado. Terasa pedas, terasa panas. Sambala sambala, bala sambalado. Mulut bergetar, lidah bergoyang."

 

"Meriang"

20151106-Prescon-Cita-Citata-Jakarta-HZ
Perbesar
Penyanyi Dangdut, Cita Citata saat pemotretan di Jakarta, Jumat (06/11/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Meriang" - Cita Citata

Cita Citata resmi naik daun per-November tahun lalu , berkah kecipratan ketika lagu miliknya, "Sakitnya Tuh Disini" dibawakan secara lipsing oleh Audi Marissa di sinetron Diam Diam Suka: CLBK. Lalu lagu-lagu lain milik biduan bertubuh mungil ini pun sukses mengekor. Goyang Dumang, Perawan atau Janda, Aku Mah Apa Atuh, memperteguh demam Cita Citata.

Single terakhir Cita yang kini jadi candu berjudul "Meriang". Judul ini tak berarti sakit demam, tapi merupakan kependekan dari Merindukan Kasih Sayang. Lagu ini sering terdengar di banyak FTV pagi, siang dan malam karena dijadikan OST. Video klip "Meriang" yang diunggah ke YouTube bulan Mei 2015, sudah ditonton hingga 6.013.456 orang.

Ini sepenggal liriknya yang nempel banget di telinga:

"Aku meriang, aku meriang. Aku meriang, merindukan kasih sayang. Aku meriang, aku meriang. Aku meriang, aku butuh kamu sayang."

 

"Tarik Selimut"

20151223-Zaskia Gotik-Jakarta-Herman Zakharia
Perbesar
Zaskia Gotik (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Tarik Selimut" - Zaskia Gotik

Pedangdut berbodi seksi ini juga sering membuat lagunya menjadi hits. Di kemunculannya pertama kali lewat lagu "Satu Jam Saja", Zaskia memperkenalkan "Goyang Itik", yang langsung melambungkan namanya di jagat dangdut. Selain bertubuh aduhai, peraih 3 penghargaan di Anugerah Dangdut Indonesia 2015 lalu ini memiliki suara serak-serak basah yang menurut banyak orang terdengar seksi. Butuh lagu pas yang bisa membuatnya nyantol.

Maka, pada Maret 2015, muncul lagu barunya bertajuk "Tarik Selimut". Lagu ini lagi-lagi jadi booming. Viewers video klipnya di YouTube sudah mencapai 5 juta orang. Mendengarnya sekali saja, kita bakal berucap, "Gotik banget!"

Ini nih sepenggal liriknya:

"Jam 1, Jam 2, Jam 3. Kau tak datang-datang. Jam 4, Jam 5, Jam 6. Hari mulai petang. Jam 7, 8, 9. Kok nyamuk yang datang. Aku banting pintu. Tarik selimut. Bobok manis saja."

"Kembalilah Padaku"

Rizki Ridho D'Academy 2
Perbesar
2R, Rizki dan Ridho D'Academy [Foto: Herman Zakaria/Liputan6.com]

"Kembalilah Padaku" - Rizki Ridho

Si kembar Rizki-Ridho boleh saja tak juara di Dangdut Academy season 2 tempo hari. Banyak yang berpendapat, kualitas vokal keduanya kalah jauh dari pesaing lainnya. Banyak pula yang mencibir, mereka hanya menjual tampang belaka. Tapi, kita lalu mencatat. Rizki-Ridho alias 2R memberi pengaruh masif dalam membawa dangdut digemari kalangan ABG/remaja. Siapa tak kepincut duo ABG 18 tahun berwajah sama-sama imut ini?

Hingga kemudian, single mereka keluar. Kerennya, lagu ini diciptakan keduanya dengan bantuan aransemen dari Bobby Sandi. Video kilp lagu ini diunggah ke YouTube pada Juni 2015 dan sudah ditonton lebih dari 2 juta orang. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dari video lagu juara pertama DA 2, Evi Masamba. Lirik "Kembalilah Padaku" memang mudah diingat dan terdengar sangat khas keduanya.

Begini liriknya:

"Apakah salahku, apakah dosaku. Kau berbuat semaumu, kau tak pedulikan aku. Inikah janji-janjimu membuat sakit hatiku. Ku mohon, sayang. Ku tak ingin kau pergi."

"Oleh-oleh"

Rita Sugiarto
Perbesar
Rita Sugiarto

 "Oleh-Oleh" - Rita Sugiarto

Lagu milik pedangdut senior Rita Sugiarto ini pertama kali diperdengarkan pada April 2014 di Konser Lomba Cipta Lagu Dangdut yang tayang di TV nasional. Diciptakan Nanang Suwito dan arranger musik H. Alik Ababil, "Oleh-Oleh" lalu jadi anthem buat para ibu melepas suami pergi bekerja. Lirik awalnya saja sudah berbunyi seperti ini, "Berangkatlah, sayang. Hati-hati di jalan."

Lalu makin dahsyat tepat di bagian reffrain.

"Ku tidak minta oleh-oleh. Emas permata dan juga uang. Tapi yang kuharap engkau pulang. Tetap membawa kesetiaan."

Siapa yang tak kepingin punya istri seperti di lirik lagu ini? Tak heran, kaum pria sangat menyukai lagu ini. Meski sudah keluar sejak tahun lalu, Oleh-Oleh tetap bergema hingga akhir tahun 2015. Sungguh dahsyat!

Lanjutkan Membaca ↓