Sukses

Ulasan D'Academy Asia: Aty, Wakil Indonesia Pertama Tersingkir

Meski tampil bagus, sayangnya Aty menerima poin-poin rendah dari keempat juri.

Liputan6.com, Jakarta - Konser result Top 8 Group B Dangdut Academy Asia memberi kejutan tak hanya untuk para finalis, tapi juga untuk Indonesia. Akhirnya, satu wakil tuan rumah harus merasakan tereliminasi.

Aty Selayar, runner-up DA 1 menjadi kontestan Indonesia pertama yang harus tersingkir dan gagal lolos Top 6, babak terakhir tanpa sistem grup.

Meski tampil bagus, sayangnya Aty menerima poin-poin rendah dari keempat juri: Hendro Saky, DJ Daffy (Brunei), Zul 2BY2 (Malaysia), dan Mayuni Omar (Singapura).

Keputusan juri ini membuat gaduh linimasa Twitter. Banyak netizen yang mempertanyakan pertimbangan Zul memberi nilai 96 kepada Fitri Hiswady. Padahal juri lain, Mayuni banyak mengoreksi kesalahan Fitri dan hanya memberi 88 poin.

Nilai 96 pun selama ini disebut sebagai nilai untuk penampilan yang nyaris sempurna. Netizen beranggapan Zul melenggangkan kompatriotnya untuk melaju ke babak selanjutnya, mengingat Malaysia hanya menyisakan dua wakil.

Ironisnya saat pengumpulan poin, Aty justru tak ada di panggung. Tiga host yang memandu acara malam ini, D'Terong, mengatakan Aty tidak dalam kondisi fit. Sebelumnya, memang ketika 4 finalis bernyanyi bersama melantunkan lagu "Muara Kasih Bunda" milik pedangdut Erie Susan, Aty yang tak bisa menahan tangisnya mengingat sang bunda yang telah meninggal beberapa waktu lalu terlihat seperti sesak napas.

Ada kemungkinan ia tak sadarkan diri hingga tidak bisa melanjutkan acara sampai selesai.

Apa pun itu, dengan tersingkirnya Aty, Malaysia menempatkan dua wakil di Top 6. Indonesia sendiri sukses mendominasi dengan empat finalis. Babak Top 6 akan menghadirkan Fitri dan Shiha Zikir dari Malaysia, juga Lesti, Evi, Danang dan Irwan. Acaranya bakal berlangsung Rabu (23/12/2015) mendatang. Selasa ini, DA Asia meliburkan diri dan hanya menayangkan episode spesial bintang tamu Siti Nurhaliza.

Berikut klasemen lengkap keempat finalis di konser pertama dan kedua dari Group B Top 6 Dangdut Academy Asia.

1. Danang (Indonesia): 378 + 383 = 761
2. Shiha Sikir (Malaysia): 360 + 367 = 727
3. Fitri Hiswady (Malaysia): 354 + 364 = 718
4. Aty (Indonesia): 354 + 356 = 710

(Puj/Ade)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini