Sukses

Studio Ghibli dan Sineas Animasi Perancis Garap The Red Turtle

Liputan6.com, Tokyo - Pihak TOHO belum lama ini mengumumkan lewat konferensi pers mengenai adanya sebuah film baru yang akan mereka distribusikan pada tahun 2016 bertajuk The Red Turtle.

Seperti dilansir dari Eiga.com melalui Anime News Network, akhir pekan lalu, film terbaru mereka itu merupakan karya animator sekaligus sutradara pemenang penghargaan asal Belanda, Michael Dudok de Wit yang pernah menggarap animasi pendek The Monk and the Fish dan Father & Daughter.

Filmnya sendiri diproduksi bersama sama oleh Studio Ghibli dan perusahaan produksi dan distribusi film asal Perancis, Wild Bunch. TOHO nantinya akan memutar filmnya di Jepang pada September 2016.

Wild Bunch pernah memproduksi film anime bersama Studio Ghibli pada tahun 2010, yaitu The Secret World of Arrietty. Perusahaan tersebut juga mendistribusikan film adaptasi manga Oldboy arahan Park Chan-Wook yang rilis pada 2003. Film dari manga ciptaan Garon Tsuchiya dan Nobuaki Minegishi itu diproduksi di Korea.

Anime layar lebar The Red Turtle buatan Studio Ghibli dan studio Perancis Wild Bunch. (awn.com)

Diketahui, de Wit untuk sementara ini tengah pindah ke Koganei di Tokyo (lokasi kantor pusat Studio Ghibli) untuk mengerjakan filmnya sambil menyelesaikan storyboard film dan skenario di sana. Sementara itu, sutradara Isao Takahata dari Studio Ghibli mengawasi kerja mereka.

Isao Takahata juga berperan sebagai 'produser artistik' untuk film ini. Pascale Ferran (Bird People) kebagian untuk menulis naskah film. Filmnya sendiri sedang dalam proses penyelesaian produksi di Perancis.

Anime layar lebar The Red Turtle buatan Studio Ghibli dan studio Perancis Wild Bunch. (mxdwn.com)

Film singkat Father & Daughter arahan de Wit menang di Academy Award untuk kategori Best Animated Short Film pada tahun 2001. The Red Turtle adalah film panjang pertama de Wit. (Rul/Fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.