Cerita Awal Mula Kolaborasi Iwan Fals dengan Band Papan Atas

Oleh Fachrur Rozie pada 09 Des 2015, 14:30 WIB
Diperbarui 09 Des 2015, 14:30 WIB
20151021-Iwan Fals-Jakarta-Herman Zakharia
Perbesar
Iwan Fals (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Suguhan karya musik terbaik di penghujung tahun 2015 menghadirkan legenda hidup Iwan Fals yang berkolaborasi dengan band-band papan atas Tanah Air seperti NOAH, Nidji, d'Masiv dan Geisha. Kolaborasi unik bertajuk #SatuProject ini diberi nama album Satu.

Ide kolaborasi ini muncul ketika Iwan Fals dan band-band yang bernaung di bawah label Musica Studio's ini berkumpul bersama. Berkat saling menjaga tali silaturahmi, akhirnya proyek ini bisa diwujudkan.

"Ya awalnya cuma silaturahim, makan-makan dengan keluarga Musica Studio's. Tiba-tiba muncul ide menggarap album dengan label ini dan band-band yang ada di dalamnya. Nah, project Satu ini akhirnya terealisasi dengan kolaborasi," ungkap Iwan Fals di Foundry 8, SCBD, Sudirman, Jakarta, Selasa (8/12/2015) malam.

Foto preskon Konser Satu (Galih W. Satria/bintang.com)

Di album 'Satu' ini, Iwan Fals, NOAH, Nidji, d'Masiv dan Geisha menghadirkan 10 lagu, lima di antaranya adalah lagu-lagu hits Iwan Fals seperti 'Yang Terlupakan' feat NOAH, 'Pesawat Tempur' feat Nidji, 'Entah' feat D'Masiv dan 'Izinkan Aku Menyanyangimu' feat Geisha. Dan lima lagu baru yakni 'Para Penerka' feat NOAH, 'Hidup Yang Hebat' feat Nidji, 'Satu-Satunya' feat D'Masiv dan 'Tak Seimbang' feat Geisha. Dan satu lagu baru berjudul 'Abadi' dan 'Kemesraan' dibawakan Iwan Fals berkolaborasi dengan Ariel, Ryan, Giring dan Momo.

Dalam kolaborasi tersebut, Iwan Fals mengungkapkan banyak kesulitan, lantaran masing-masing memiliki jadwal yang padat. Sama halnya ketika penggarapan video klip yang berjudul Abadi, Iwan Fals sempat tak hadir.

"Konsep album ini adalah Bhinneka Tunggal Ika. Prosesnya sendiri memang nggak mudah dan tidak sebentar. Mereka punya kesibukan sendiri-sendiri, tapi akhirnya bisa rampung dan siap diperdengarkan ke seluruh masyarakat Indonesia," tambah Iwan Fals.

Selain kolaborasi dengan band-band papan atas Tanah Air, album ini juga menghadirkan produser musik Steve Lillywhite yang dikenal sebagai produser yang membawa nama U2 meraih 6 Grammy Awards.

Iwan Fals (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Di album Satu ini, lagu yang menjadi single andalan adalah lagu berjudul Abadi ciptaan Iwan Fals yang juga dinyanyikan seluruh vokalis.

Demi memperkenalkan kolaborasi #SatuProject album Satu tersebut, Iwan Fals, NOAH, Nidji, d'Masiv dan Geisha baru saja menggelar konser kolaborasi ini. Selanjutnya, promosi album akan digelar di 5 kota di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya