Sukses

KALEIDOSKOP 2015: 6 Konser Terheboh

Sepanjang tahun 2015 ini, penggemar musik di Tanah Air disuguhi oleh sejumlah penampilan menakjubkan dari dalam dan luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun baru 2016 akan segera menyapa. Dan sepanjang tahun 2015 ini, penggemar musik di Tanah Air disuguhi oleh sejumlah penampilan menakjuban dan historis baik dari musisi dalam negeri maupun mancanegara.

Di tengah rintikan hujan dan penuh sesak penonton, One Direction berhasil menyelesaikan tur Asia mereka di Jakarta.(Foto: Faisal R Syam)

Indonesia seperti kita tahu, dengan lebih dari 200 juta penduduknya merupakan pasar yang besar bagi industri musik dunia, negeri kepulauan ini pun tak jarang disinggahi musisi luar untuk melakukan konser.

Meski begitu musisi-musisi lokal juga tak kalah mumpuni. Tercatat beberapa nama berhasil menorehkan pengalaman tak terlupakan dalam pertunjukan langsungnya.

Penampilan duet Raisa dengan Mike Mohede konser perdananya yang bertajuk Pameran Utama Live in Concert di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (24/5/2015) malam. (Liputan6.com/Panji Diksana)

Dari sekian banyak penampilan ciamik sepanjang tahun, Liputan6.com memilih enam yang kami rasa paling menyita perhatian. Beberapa diantaranya pun sukses membuat membuat histeria massa dan kemacetan di sekitar lokasi konser. Apa saja? Simak daftar berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Bon Jovi

1. Bon Jovi

Sebanyak 40.000 fans memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 11 September 2015 malam. Tujuannya hanya satu: melihat konser Bon Jovi.

Meski tanpa gitaris kenamaannya Richie Sambora, Bon Jovi tetap memikat. Apalagi, butuh 20 tahun untuk mereka kembali menyambangi Indonesia setelah tampil di Ancol pada 6 Mei 1995 silam. Tiket mahal berkisar Rp 500.000 - Rp 3.500.000 pun tak menjadi masalah bagi para penggemar musik rock lawas malam itu. Usai konser, lalu lintas sekitar kawasan Senayan pun terpaksa `lumpuh`.

3 dari 7 halaman

2. One Direction

2. One Direction

Era boyband belum berakhir, One Direction buktinya. Boyband jebolan X Factor Britania Raya ini sukses mengundang 50.000 orang fans memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu malam 25 Maret 2015.

Konser ini juga terbilang dramatis karena salah satu anggotanya, Zayn Malik tiba-tiba memutuskan untuk pulang ke London karena mengalami stres. Mengagetkannya lagi, di malam itu juga, pria berdarah Pakistan tersebut memutuskan untuk hengkang. Konser pertama One Direction di Indonesia ini sekaligus menjadi konser pertama mereka tanpa Zayn Malik.

4 dari 7 halaman

3. Raisa

3. Raisa

Siapa sih yang tidak tahu nama yang satu ini? Perempuan paling diinginkan di Indonesia ini dengan suara emas dan paras cantiknya berhasil meluluh lantakan jutaan hati pria di negeri ini. Setelah tujuh tahun berkarier di blantika musik Indonesia, mimpi Raisa untuk menggelar konser tunggal perdananya di Tanah Air pun akhirnya tercapai. Istora Senayan, Jakarta pada 24 Mei 2015 menjadi ajang pembuktian diva muda kelahiran 6 Juni 1990 tersebut.

Konser Raisa bertajuk Pemeran Utama Live in Concert tersebut sukses. Ribuan orang dari masyarakat umum hingga selebriti datang untuk menontonnya.

"Mungkin kalian nggak tahu berapa lama saya menunggu untuk hari ini. Aku nggak pengin (konser) ini cepat selesai. Ramai penonton yang datang berarti masyarakat sudah puas dengan karya lokal," kata Raisa dari atas panggung.

5 dari 7 halaman

4. Glenn Fredly

4. Glenn Fredly

Glenn Fredly adalah salah satu nama besar di industri musik Indonesia. Sejak muncul sebagai vokalis Funk Section pada 1995 silam, kariernya sebagai musisi merangkak naik. Terlebih saat ia memutuskan untuk bersolo karier dengan album perdananya pada 1998 silam.

Selama dua dekade pria kelahiran Ambon tersebut menghiasi jagat musik, sudah tak terhitung lagi karyanya sebagai penyanyi maupun pencipta lagu. Merayakannya, ia sukses menggelar konser tunggalnya di Istora Senayan Jakarta pada 17 Oktober 2015. Konser bertajuk Menanti Arah tersebut selain sukses menandai perjalanan karier Glenn, ajang malam itu juga sebagai ajang reuni dengan Funk Section setelah 20 tahun berpisah.

6 dari 7 halaman

5. Iwan Fals

5. Iwan Fals

Bila biasanya Iwan Fals identik dengan konser-konser besar di lapangan ataupun stadion. Pada 21 November 2015 malam di Istora Senayan Jakarta pelantun Bento tersebut tampil dalam konser wangi di dalam ruangan. Tipikal penonton yang hadir pun terasa berbeda, di sini, tak ada orang bertelanjang dada mengibarkan bendera.

Pagelaran bertajuk Untukmu Indonesia berhasil berlangsung megah. Meski begitu, keperkasaan Iwan Fal dengan balada-balada kritik sosialnya tetap kental terasa seperti saat ia tampil outdoor di hadapan fans beratnya.

7 dari 7 halaman

6. Andien

6. Andien

Tak terasa sudah 15 tahun Andien wara-wiri di jagat musik Tanah Air. Merayakannya, penyanyi yang berangkat dari genre musik jazz tersebut mengadakan konser tunggal perdananya di JCC Plenary Hall, Jakarta, Rabu 15 Oktober 2015.

Dalam konser pembuktian tersebut Andien bekerjasama dengan lima musisi, lima desainer, dan juga lima penata musik di Tanah Air. Bertajuk Metamorfosa, konser ini benar-benar menggambarkan perubahan dan perjalanan karier Andien.

"Terima kasih semuanya untuk malam ini. Metamorfosa ini memaknai 15 tahun saya berkarya yang merangkum titik saya dari bawah, perlahan naik, berada di puncak, kemudian ada di fase jatuh sampai akhirnya sahabat-sahabat saya di lima desainer, komposer, dan lainnya mau membantu saya tanpa melihat satu mata untuk kembali bangkit sampai saya bisa menggelar konser ini. Terima kasih," tutupnya usai konser.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini