Sukses

Pengisi Suara Anime Buatan Studio Ghibli Meninggal Dunia

Liputan6.com, Tokyo Haruko Kato yang dikenal sebagai aktris di berbagai film, televisi, panggung, dan anime, baru saja dikabarkan telah meninggal dunia pada Senin (2/11/2015) lalu di usia yang ke-92.

Dilansir dari The Japan News, Kamis (5/11/2015), Haruko Kato meninggal dunia di rumahnya di Tokyo. Ia diketahui telah menderita suatu penyakit sejak tiga tahun lalu. Sehingga, ia pun terpaksa harus mendapatkan perawatan di rumahnya.

Wanita kelahiran Tokyo tahun 1922 ini, bergabung dengan perusahaan opera wanita di grup Shochiku Co. pada 1937 dan berpindah ke perusahaan film Toho Co. pada 1939. Setelah pindah, ia lalu berakting dengan Kenichi Enomoto, komedian populer pada masanya.

Aktris senior Jepang Haruko Kato. (web.engr.illinois.edu)

Setelah bergabung dengan sebuah perusahaan teater bernama Bungakuza pada 1949, Kato menciptakan perusahaan teater baru bersama dengan aktor Hiroshi Akutagawa dan lain-lain. Ia lalu meninggalkan perusahaan tersebut pada 1975.

Selama berkarier sebagai aktris, Haruko Kato, kerap memainkan peran anggun serta figur ibu yang ramah di beberapa drama televisi. Hal itu dibuktikannya melalui drama televisi Shichinin no Mago (1964) dan serial Terauchi Kantarou Ikka (1974).

Madam Suliman di film anime Howl's Moving Castle produksi Studio Ghibli. (koi-nya.net)

Di dunia anime, Kato sangat dikenal sebagai pengisi suara karakter Madam Suliman di film anime Howl's Moving Castle arahan sutradara Hayao Miyazaki yang merupakan salah satu karya Studio Ghibli.

Selain itu, ia juga pernah tampil sebagai Madame di film anime Studio Ghibli bertajuk Kiki's Delivery Service arahan Hayao Miyazaki pada 1989. Ia juga terlibat peran kecil sebagai Giny pada 1969 di film anime Senya Ichiya Monogatari (One Thousand and One Nights).

Madame di film anime Studio Ghibli, Kiki's Delivery Service.

Belakangan, Haruko Kato muncul di serial drama TV misteri Mitsuhiko Asami pada 2009 dan sempat terlibat di film Ototo pada 2010. Kato memenangkan penghargaan drama Kunio Kishida pada 1953 dan penghargaan drama Kazuo Kikuta pada 1999. Di tahun 2002, ia menerima Order of the Precious Crown kelas keempat. (Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini