Sukses

Wanita Jadi Entrepreneur Online Sukses? Ini Tips Jitunya!

Jangan takut untuk memulai! Kini saatnya perempuan jadi entrepreneur online.

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti tidak ingin bukan, jika harus selamanya bekerja sebagai karyawan atau bekerja di perusahaan orang?

Apalagi bagi Anda kaum perempuan, Anda akan menjadi ibu rumah tangga. Tak sedikit yang punya cita-cita untuk menjadi pengusaha, karena menjadi pengusaha bisa mengatur waktu sendiri dan paling pentingnya bisa menjadi ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah.

Bukan cuma mimpi, pekerjaan seperti itu bisa Anda wujudkan mulai dari sekarang. Mulai dengan bisnis online.

Bisnis online menjadi salah satu usaha yang bisa Anda jalankan saat ini juga. Lalu dimana kendalanya sehingga banyak yang ragu dan takut memulainya? Modal jawabannya, memang harus ada modal yang harus Anda keluarkan untuk berbisnis online. Eits, tapi bukan berarti Anda harus mengeluarkan banyak uang juga, lho, untuk memulai bisnis online!


Lalu, bagaimana caranya mencari peluang bisnis online dan bagaimana menjalankannya?

Berikut ini adalah tips-tips bagaimana memulai bisnis online untuk kaum perempuan yang bisa Anda terapkan mulai saat ini juga:


1. Pilih Barang yang Tak Jauh-Jauh dari Kehidupan Anda Sehari-hari

Anda bisa menjual barang-barang yang Anda pakai sehari-hari. Misalnya sepatu, pakaian, hijab, aksesoris atau barang-barang kebutuhan sehari-hari. Kenapa harus memilih hal ini? Karena wanita pada umumnya memakainya, kedua jika barang kurang laku, Anda bisa memakainya sendiri.


2. Hobi Masak? Cobalah Menjual Produk Makananmu Sendiri

Bagi Anda yang punya hobi memasak, Anda bisa menjual makanan yang Anda buat sendiri. Mungkin ini tidak semudah menjual barang, apalagi makanan ada masa kadaluarsanya. Tipsnya adalah cobalah menjual makanan di kalangan teman-teman tersendiri dulu, misal dalam lingkungan kantor atau kampus. Jika respon mereka baik, cobalah jual ke lingkungan yang lebih luas lagi tentu dengan kemasan yang lebih bagus.

3. Bikin Brand Sendiri dengan Nama yang Unik

Jika produk sudah ada dan pasar juga sudah jelas. Buatlah nama produk Anda sendiri. Pilih yang mudah diingat orang dan jangan lupa sesuaikan dengan jenis produk Anda.

4. Buat Akun Sosial Media dan Aktif Lakukan Promosi

Sosial media adalah salah satu media paling efektif untuk mempromosikan produk Anda. Aktif berpromosi juga kunci untuk membuat produk Anda makin dikenal masyarakat. Anda bisa memposting produk Anda di Twitter, Facebook atau Instagram. Tak hanya produk, testimony atau kesan dari pelanggan Anda juga bisa Anda upload untuk menambah kesan baik usaha Anda di mata masyarakat.
Anda bisa menggunakan smartphone Anda untuk mengupdate sosial media Anda, tentunya ini memudahkan Anda bukan?

5. Promosikan Juga di Marketplace yang Sudah Ada

Anda bisa juga mempromosikan produk Anda di marketplace yang sudah terkenal, seperti Bukalapak. Selalu siap sedia jika ada pertanyaan, berikan fast response dan buat calon pelanggan Anda puas dengan layanan Anda. Terus maintenance akun Anda di marketplace tersebut dan selalu update dengan hal-hal yang baru akan produk Anda.

6. Jadilah Reseller Jika Tidak Kuat Modal untuk Brand Sendiri

Jika Anda tidak cukup modal untuk memulai usaha, cobalah untuk jadi reseller. Menjadi reseller tidak membutuhkan modal yang besar, namun keuntungan yang Anda dapatkan lebih sedikit tentunya. Ketika menjadi reseller belajarlah pemasaran online, peluang pasar, pelayanan konsumen dan strategi-strategi agar produk cepat laku.

Selalu lakukan inovasi dan berikan pelayanan yang baik. Pelajari hal-hal baru dan jangan sungkan untuk bertanya dengan senior-senior yang sudah lebih dulu memulai bisnis online. Selamat berinovasi wanitapreneur!

 

(Adv/HA)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini