Sukses

Iwan Fals Pertama Kali Nyanyikan Karyanya Soal Bencana Asap

Iwan Fals mengenakan masker saat bernyanyi lagunya yang bertema bencana asap di atas panggung.

Liputan6.com, Yogyakarta Sebagian rakyat Indonesia sedang dilanda bencana asap pekat. Banyak warga yang terkena dampak dari pembakaran hutan di pulau tersebut. Derita itu menjadi perhatian penyanyi legenda Indonesia Iwan Fals dalam konsernya di Stadion Kridosono, Sabtu (24/10/2015) malam.

Bahkan Iwan pun mengenakan masker saat bernyanyi di atas panggung sebagai simbol keprihatinan untuk warga yang terkena dampak asap. Ia pun lalu menyanyikan lagu tentang asap yang terinspirasi dari warga yang terkena dampak asap di Indonesia. "Kita tahu saudara kita di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi bahkan Papua tengah merasakan derita karena asap yang tak kunjung hilang," ujar Iwan Fals Sabtu (24/10/2015) malam.

Baca juga: Hujan Turun, Kabut Asap di Riau Justru Memburuk

Iwan Fals saat manggung di Yogyakarta, Sabtu (24/10/2015). (foto: Fathi Mahmud/Liputan6.com)

Lagu berjudul 'Asap' itu baru pertama kali dibawakan Iwan dalam pentasnya. Iwan bercerita awalnya tak berniat membawakan lagu tersebut. Sebab lirik yang ditulisnya masih sebatas coretan-coretan di buku. Ia bahkan juga belum memberikan judul dalam lagu bertema asap itu. Namun yang jelas lagu itu bentuk keresahannya melihat warga yang terkena dampak asap.

"Beberapa wartawan semalam mengejar saya hingga saya mau masuk kamar seusai jumpa pers dan bertanya pada saya apakah akan menyanyikan lagu tentang asap. Saya tak bisa menjawab ketika itu namun saya terus berpikir bahkan sampai sulit tidur, lalu saya bicara pada band dan oke saya bawakan lagu ini," ujarnya.

Iwan Fals tampil di Malam anugerah Festival Film Bandung 2015 (FFB), Bandung, Sabtu (12/9/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Baca juga: 9 'Perintah' Menteri Anies untuk Sekolah Terdampak Kabut Asap

Iwan Fals berharap agar warga yang terkena dampak asap segera ditangani dengan layak. Iwan juga berharap bencana asap ini dapat segera selesai dan pelaku mendapat hukuman yang setimpal. Berikut penggalan lagu tentang ASAP Iwan Fals.

"Kota penuh asap, negara tetangga berasap apalagi dengan desa-desa, binatang dan orang yang mati menurut kabar berita.

"Pemilik lahan dan pemerintah harus bertanggungjawab. Habis asap terbitlah sawit. Hutan sekarat, oksigen oksigen terancam demi uang, demi dunia semua celaka.

"Kasihan kita dan generasi berikutnya nanti, jangan sampai hati dan otakmu penuh asap,".

Di konser yang kesekian kalinya di Yogyakarta itu, Iwan Fals sukses membuat ribuan penonton terhibur. (Fathi/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.