Sukses

CDFA Awards, Oscar untuk Dunia Fashion

Dewan Perancang Busana Amerika menggelar CFDA Awards 2009, penghargaan yang disebut sebagai Oscar di bidang fashion. Pemenangnya antara lain Kate dan Laura Mulleavy, Marc Jacobs, hingga Michelle Obama.

Liputan6.com, New York: Dewan Perancang Busana Amerika (The Council of Fashion Designers of America atau CFDA) memberikan CFDA Awards 2009 bagi para desainer Amelrika Serikat yang diselenggarakan di New York, Selasa (16/6) malam waktu setempat. Penghargaan ini disebut-sebut sebagai Oscar di bidang fashion.

Kate dan Laura Mulleavy untuk label Rodarte meraih penghargaan Desainer Busana Wanita Tahun Ini, mengalahkan dua perancang senior Marc Jacobs dan Narciso Rodriquez. Namun, Jacobs tidak kecewa karena ia mendapatkan International Awards untuk karyanya di Louis Vitton.

Untuk kategori Perancang Busana Pria, yang dianggap memiliki karya terbaik adalah Scott Sternberg dari label Band of Outsiders, dan Italo Zucchelli untuk Calvin Klein Collection. Sedangkan kategori Perancang Aksesoris Terbaik jatuh kepada Jack McCollough dan Lazaro Hernandez dari Proenza Schouler.

Ada pula tiga kategori Pendatang Baru Berbakat yang disponsori Swarovski. Untuk busana pria diberikan pada Tim Hamilton, sedangkan rancangan aksesori jatuh kepada Justin Giunta bagi Subversive Jewellery. Kategori busana wanita diraih Alexander Wang, dengan menyisihkan Jason Wu dan Thakoon Panichgul yang dikenal karena rancangannya bagi Ibu Negara AS, Michelle Obama.

Tahun ini CFDA memberikan Geoffrey Beene Lifetime Achievement Award kepada desainer veteran, Anna Sui. Sementara perancang kenamaan Michael Kors, meski tidak masuk dalam nominasi, rancangannya terlihat dikenakan banyak selebriti dalam acara ini. Mulai dari bintang serial Gossip Girl, Blake Lively, supermodel Coco Rocha, hingga supermodel yang tengah hamil, Heidi Klum.

Ada pula penghargaan khusus yang diberikan kepada Michelle Obama. Ia disebut sebagai "seorang ikon mode yang melesat bak meteor". Sayang Obama tidak hadir, hanya dalam rekaman videonya ia mengucapkan terima kasih untuk semua yang telah membuat fashion menjadi sangat "membebaskan, menginspirasi dan yang terpenting, menyenangkan".(ANS/Vogue)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.