Artis-artis Ini Berani Sindir Gubernur Ahok, Cari Sensasi?

Oleh Aditia Saputra pada 27 Agu 2015, 16:00 WIB
Diperbarui 27 Agu 2015, 16:00 WIB
Ahmad Dhani
Perbesar
Ahmad Dhani (Liputan6.com/Panji Diksana)

Liputan6.com, Jakarta Kondisi Jakarta yang penuh dengan permasalahannya membuat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama melakukan pembenahan dimana-mana. Namun, hal tersebut berbuah konsekwensi macet dan banjirnya Jakarta.

Sampai akhirnya, beberapa selebritas tanah air menuangkan unek-unek hingga sindiran ke sang gubernur Ahok. Bukannya mendapatkan dukungan, sebagian di antara mereka malah dihujat habis-habisan oleh netizen.

Siapa sajakah mereka? Liputan6.com mencatat beberapa nama artis tanah air yang sempat melayangkan kritiknya ke Ahok.

 

2 dari 6 halaman

Ahmad Dhani

Desi Ratnasari
Perbesar
Liputan6.com

Musisi Ahmad Dhani memang rajin mengomentari apapun yang menjadi perbincangan publik. Baru-baru ini, suami Mulan Jameela itu mengkritik Gubernur Ahok yang dianggap tidak bisa menyelesaikan kemacetan di Jakarta. Dhani menyindir Ahok melalui media sosial twitter dengan akun @AHMADDHANIPRAST.

"Hok... Lu kalo ga bisa ngatasin kemacetan tol TB Simatupang... Telp gw.. gw tunggu @basuki_btp," kicau Dhani.

Namun, bukannya mendapatkan dukungan, kicauan Dhani malah menuai kecaman dari para netizen lainnya. Misalnya, "@AdikaRanggala apa layak, orang yang tiap anak dikasih satu mobil, nambahin mobil di jalan, lalu teriak-teriak protes macet? Mikir! @AHMADDHANIPRAST".

Lalu, akun @Tifanni_T39 pun membalas kicauan Dhani. "Macet elu ribut, di tol anak lo nabrak orang sampai mati, sekarang anak lo bebas melenggang. Nyawa tuh murah yah?"

Ahok pun menjawab sindiran Dhani dengan santai. "Saya tidak mau kerjanya sepotong-potong. Nggak terima macet? Ya pasti macet, satu tahun motor 2,4 juta (unit) masuk Jakarta. Tiap tahun loh, motor baru lo," ujar Ahok.

3 dari 6 halaman

Desy Ratnasari

Farhat Abbas
Perbesar
Farhat Abbas [Foto: Panji Diksana/Liputan6.com]

Artis yang juga anggota DPR dari Komisi VIII, Desy Ratnasari juga sempat mengkritik rencana Ahok yang akan memberikan sertifikasi bagi pekerja seks komersial. Menurut Desy, sertifikasi pekerja seks komersial hanya melegalkan oraktek perdagangan manusia.

"Dipandang dari segi kemanusiaan, ini dapat menjadi disahkannya perdagangan manusia (khususnya perempuan -red) oleh Pemprov DKI," ujar Desy beberapa waktu yang lalu.

Politisi yang juga aktris sekaligus penyanyi ini menyebutkan bahwa wacana Ahok tersebut sama saja membuka peluang maraknya perdagangan wanita saat ini. Desy menegaskan, pemberian sertifikasi justru menjadi jalan memenuhi permintaan kegiatan zina itu.

Selain itu, rencana program yang disampaikan Ahok ini dinilainya akan membuka terang-terangan praktek prostitusi dan pelacuran, terlebih adanya wacana lokalisasi juga. Maka perempuan akan diperjual belikan oleh mucikari di sana.

4 dari 6 halaman

Farhat Abbas

Aurel dan Ashanty
Perbesar
Aurel dan Ashanty belakangan kerap berpenampilan sama layaknya anak kembar. (foto: instagram.com/makeupbylaode)

Pengacara Farhat Abbas mungkin menjadi satu-satunya selebritis yang kerap melontarkan kritik dan hujatan kepada Ahok. Sebelumnya, mantan suami Nia Daniaty itu juga menulis kata-kata berbau rasis di akun twitter yang membuatnya dijadikan tersangka oleh polisi.

Namun baru-baru ini, Farhat kembali melontarkan kritik berbau sindiran kepada orang nomer satu di DKI Jakarta itu. Farhat memang tidak menyebut secara spesifik yang dimaksud dalam tulisannya.

"Jika berkuasa dengan marah-marah, ngamuk-ngamuk, dan nggak damai. Itu namanya 'gila'," tulis Farhat.

Ahok sendiri kerap tak memperdulikan apa yang dikatakan oleh Farhat. Dalam kasus terdahulu, dirinya pun menganggap enteng apa yang dikatakan oleh Farhat meski dirinya sudah dihina secara rasis.

5 dari 6 halaman

Aurel Hermansyah

Novita Sari Anggraeni
Perbesar
Novita Sari Anggraeni. Foto: Panji Diksana/Liputan6.com

Putri Anang Hermansyah dan Krisdayanti, Aurel Hermansyah ikut-ikutan melayangkan kritik kepada Gubernur Ahok. Cerita berawal ketika Aurel sedang jalan-jalan dengan keluarganya. Sampai akhirnya dirinya menuliskan unek-unek di media sosial.

Dalam Twit-nya kali ini, Aurel sengaja berfoto selfie di depan kerumunan sampah yang bertebaran di jalanan Jakarta. Ia sengaja menuliskan kritik dengan menyebutkan bahwa sampah yang bertebaran merupakan tanggung jawab dari Ahok.

"Aduhh pak ahokkk, kok masi banyak sampah yaa?? Gimana jakarta gak banjir?" tulis Aurel dalam Twit-nya.

Namun bukannya mendapatkan dukungan dari netizens, Aurel justru dibully habis-habisan.

"@aurelhermansyah: kok salahin pak Ahok sih? Ya salahin masyarakatnya dong mba! Aduh, si mba pinter ya!," tulis salah satu akun netizen.

Tak hanya itu, Aurel juga disebut tidak berpikir sebelum bertanya. "@aurelhermansyah kamu pernah Mikir gak sebelum bertanya? Bloon mang Ahok yg buang sampah? Jangan-jangan justru kamu yang suka buang sampah sembarangan," balas follower lainnya.

6 dari 6 halaman

Novita Sari

Artis yang selalu tampil seksi, Novita Sari Anggraini, merasa kecewa kepada Pemerintah Daerah DKI Jakarta karena tidak bisa menangani banjir yang sudah sering malahap sebagian wilayah Jakarta. Malah, kata bintang sitkom Suami-Suami Takut Istri itu, makin ke depan semakin parah.

Rumah yang didiami Novita di Perumahan Janur Asri, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, biasanya hanya diterjang banjir kecil. Namun, hari ini banjir sampai masuk ke rumahnya hingga setinggi paha orang dewasa.

"Saya sudah tinggal 16 tahun di rumah ini. Baru kali ini banjirnya parah. Kemarin gak separah ini,' tutur Novita belum lama ini.

Novita pun menyindir pemimpin di DKI Jakarta, Gubernur Tjahaja Basuki Purnama atau akrab disapa Ahok yang tak bisa membereskan masalah banjir.

"Saya kecewa sama Ahok walau sebenarnya ini imbas dari pemimpin yang dulu. Terus kalau banjir kayak gini Ahok ke mana, tidur kali ya, atau ngungsi ke hotel dia," sindir dia.

Lanjutkan Membaca ↓