Sukses

Gunakan Batik, Cara Ayushita Menjaga Nasionalisme

Ayushita mengaku selalu mengenakan batik di berbagai acara penting.

Liputan6.com, Jakarta Ayushita mengatakan jika dirinya selalu mengenakan batik jika menghadiri berbagai macam acara. Hal tersebut dia lakukan sebagai wujud bangga sebagai warga negara Indonesia dan demi tetap menanamkan nasionalisme dalam jiwanya.

"Aku pasti pakai batik setiap hari batik atau pun nggak hari batik. Itu cara aku menerapkan nilai nasionalisme," kata Ayushita di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, Rabu (12/8/2015).

Kecintaannya terhadap pakaian asli Indonesia ini membuat dirinya memiliki banyak pakaian batik. Anggota Bukan Bintang Biasa (BBB) ini pun selalu mengenakan batik yang berbeda dalam setiap acara yang berbeda pula.

"Aku punya koleksi batik, walau pun nggak mengerti banget sih artinya batik. Aku kan keturunan Jawa, setiap motif kan ada arti-artinya. Ada yang buat upacara, berduka dan lainnya. Hal-hal kayak begitu unik, dan kita perlu tahu," papar Ayushita.

Maka dari itu, kini bintang film Lagit Biru itu pun sedang mencoba mengerti makna dari tiap-tiap motif batik yang ada. "Supaya nggak saltum (salah kostum). Mungkin ada makna khusus di baliknya. Itu salah satu hal kecil yang bisa kita tunjukkan kalau kita care sama negara kita," tutur Ayushita. (Fac/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini