Pendiri Studio Ghibli, Isao Takahata Diganjar Nominasi Oscar

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 30 Jun 2015, 07:30 WIB
Diperbarui 30 Jun 2015, 07:30 WIB
AMPAS Beri Penghargaan Kepada Pendiri Studio Animasi Ghibli
Perbesar
Hayao Miyazaki, sang pendiri Studio Ghibli, bakal meraih Penghargaan Kehormatan untuk Ajang Academy Awards.

Liputan6.com, Tokyo Pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences telah mengundang salah satu pendiri dari Studio Ghibli, sutradara Isao Takahata, ke dalam jajarannya pada Jumat akhir pekan lalu (26/6/2015).

Dilansir dari Anime News Network, Sabtu (27/6/2015), awal tahun ini pihak akademi memberi kehormatan kepada sang sutradara dengan nominasi Oscar untuk karyanya yang cukup baru, The Tale of the Princess Kaguya.

Kabar berhentinya Studio Ghibli membuat film sudah menyebar lama hingga akhirnya Manajer Umum Toshio Suzuki mengkonfirmasinya.

Isao Takahata sendiri turut menghadiri upacara penghargaan film yang cukup besar itu pada Februari 2015 lalu bersama dengan produser film Yoshiaki Nishimura.

Takahata memiliki karir yang panjang dalam mengarahkan film animasi klasik seperti Little Norse Prince Valiant (Taiyo no Oji - Hols ada Daiboken), Alps no Shojo Heidi, dan Anne of Green Gables sebelum ia mendirikan Studio Ghibli bersama Hayao Miyazaki.

Hayao Miyazaki dijanjikan bakal membuat proyek baru bersama pihak Studio Ghibli.

Ia lalu melanjutkan kariernya untuk membuat film untuk Studio Ghibli, seperti Grave of the Fireflies, Only Yesterday, Pom Poko, dan My Neighbors the Yamadas.

The Academy sempat mengundang Hayao Miyazaki setidaknya empat kali sebelumnya, dan juga mengundang co-founder dan produser studio Toshio Suzuki tahun lalu.

Film Miyazaki yang berjudul Spirited Away meraih Oscar, dan ia secara pribadi datang ke Los Angeles untuk menerima Honorary Academy Award pada tahun lalu.

Apa saja film animasi terbaik yang pernah ditelurkan oleh Studio Ghibli?

Komposer Joe Hisaishi (Spirited Away, Departures), kolaborator yang sering mengisi musik di film-film Miyazaki, diundang pada tahun 2013. Kunio Kato juga diundang pada tahun 2009 untuk dijadikan animator Jepang kedua yang memenangkan Oscar dengan La Maison en Petits Cubes (Tsumiki no Ie atau House of Block).

Selain Takahata, pihak Academy juga mengundang aktor JK Simmons (Pom Poko) dan produser Terence Chang (Appleseed: Ex Machina) pada tahun ini. (Rul/Feb)