Sejarah di Balik Lagu What A Wonderful World - Louis Armstrong

Oleh Rizkiono Unggul Wibisono pada 01 Mei 2015, 10:30 WIB
Diperbarui 01 Mei 2015, 10:30 WIB
Louis Armstrong
Perbesar
Louis Armstrong

Liputan6.com, Jakarta Pasti kenal dong dengan lagu yang satu ini? What A Wonderful World milik Louis Armstrong adalah salah satu lagu paling populer di muka bumi. Di generasi manapun Anda lahir, kecuali Anda tinggal dalam gua, pasti mengenal komposisi pop dan jazz klasik yang satu ini.

Louis Armstrong (Foto: musingsonmusic.com)

Namun sudahkah Anda tahu tentang sejarah di balik lagu tersebut? Nah, berhubung Kamis (30/4/2015) adalah International Jazz Day alias Hari Jazz Internasional, merayakannya Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Apa yang Anda rasakan ketika mendengarkan lagu What A Wonderful World ini? Betapa indahnya hidup ini? Optimisme? Keceriaan? Betul, lagu ini ini memang bercerita tentang itu semua.

Louis Armstrong

What A Wonderful World diciptakan oleh Bob Thiele dan George David Weiss, dinyanyikan oleh Louis Armstrong dan rilis 1967 silam. Era itu, iklim politik dan kehidupan sehari-hari di Amerika Serikat sedang keruh, penuh kebencian dan prasangka rasialisme. Lagu ini diciptakan sebagai antidot, dengan maksud mengembalikan harapan akan hidup yang lebih baik, harmonis, damai, dan indah.

Louis Armstrong (Foto: musingsonmusic.com)

Menyimak liriknya dengan seksama, bait demi bait, sang penyanyi sedang berkhayal akan sebuah dunia fantasi yang sempurna dimana hanya ada cinta di sekeliling kita.

"I see friends shaking hands. Saying, `How do you do?` They're really saying, I love you," penggalan bait lagu yang menunjukan keharmonisan dan kerukunan tanpa memandang latar belakang warna kulit atau politik.

What A Wonderful World Tidak Laku di Amerika, Populer di Inggris (klik halaman selanjutnya)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sejarah di Balik Lagu What A Wonderful World - Louis Armstrong

What A Wonderful World mendapat respon kurang baik di negeri asalnya. Di negeri Paman Sam tersebut, lagu ini terbilang gagal total. Lagu ini awalnya ditawarkan kepada Tonny Bennet, namun ditolak. Bahkan, label rekaman ABC Records tidak menyukainya sehingga tak ada usaha promosi yang dilakukan.

Louis Armstrong

Namun, diluar dugaan, What A Wonderful World mendapat sambutan hangat di Inggris, lagu ini menjadi hits. Di negeri kerajaan tersebut, lagu ini sempat menjadi no.1, single terlaris di tahun 1968, menjadikan Louis Armstrong sebagai pria tertua yang lagunya pernah sampai di puncak tangga lagu Inggris (66 tahun 10 bulan). Bertolak belakang dengan di Amerika Serikat yang hanya mencapai posisi 116 bubling under alias tidak laku.

Namun sejarah mencatat, What A Wonderful World adalah salah satu lagu klasik milik dunia. Rekaman Louis Armstrong ini diabadikan di Grammy Hall of Fame pada 1999.

 

Lirik lagu `What A Wonderful World`

I see trees of green,
red roses too.
I see them bloom,
for me and you.
And I think to myself,
what a wonderful world.

I see skies of blue,
And clouds of white.
The bright blessed day,
The dark sacred night.
And I think to myself,
What a wonderful world.

The colors of the rainbow,
So pretty in the sky.
Are also on the faces,
Of people going by,
I see friends shaking hands.
Saying, "How do you do?"
They're really saying,
"I love you".

I hear babies cry,
I watch them grow,
They'll learn much more,
Than I'll ever know.
And I think to myself,
What a wonderful world.

Yes, I think to myself,
What a wonderful world.

Oh yeah.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya