Sukses

Wewe: Perpaduan Film The Conjuring, Insidious dan Mama

Film besutan Rizal Mantovani ini mengangkat mitologi setan dari Indonesia, Wewe Gombel.

Liputan6.com, Jakarta Untuk penikmat film horor, siap-siap dibuat terkejut lewat kehadiran Wewe. Film besutan Rizal Mantovani ini mengangkat mitologi setan dari Indonesia, Wewe Gombel. Uniknya, film Wewe dikemas mirip dengan alur cerita perpaduan dari horor Hollywood The Conjuring, Mama dan Insidious. Ditambah lagi, musik garapan Andi Rianto makin membuat suasana mencekam film produksi Rapi Film ini.

"Sebenarnya cerita horor di rumah, sudah lama ada. Seperti ada photorize zaman dulu tahun 1980-an, bukan karena efek The Conjuring, tapi ada film dengan karakter sendiri. Saya melihat kok ternyata setting sebuah keluarga di kita (Indo) belum ada nih," kata Rizal Mantovani, ditemui di premier film Wewe di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/4/2015).

Di awal film, penonton disuguhkan pemandangan layaknya film `Mama` yang lekat dengan gambar-gambar anak kecil tentang keluarga dan sosok misterius. Ditambah lagi efek kupu-kupu khas film Mama tergambar jelas. Kemudian, penonton akan dikejutkan dengan kehadiran hantu layaknya di film `Insidious` dan `The Conjuring`.

Oo Nina Bobo, film horor yang menghadirkan nuansa film horor yang segar dan tak monoton.

Meski begitu, Rizal menampik jika jalan cerita `Wewe` dianggap menjiplak gagasan film Insidious. Namun, ia tak menyangkal jika film horor luar memberikan inspirasi khusus kepadanya.

"(Mengikuti Insidious) nggak merasa sih. Soal gambar, anak-anak kan memang suka gambar, bisa saja anak-anak gambar tapi yang kakaknya nggak bisa lihat. Itu cukup membuat pemikiran tersendiri," terang sutradara film Jelangkung ini.

"Ada terinspirasi (Mama), tapi Wewe sama Mama mitologinya duluan siapa? Wewe kan," lanjutnya.

Salah satu adegan film Wewe

Rizal Mantovani menuturkan bahwa dalam film `Wewe` garapannya itu terdapat pesan positif kepada orangtua agar tidak mengabaikan anak-anak mereka.

"Saya baru ingat sosok mitologi Indonesia Wewe, di mana dia akan mengambil anak yang diabaikan orangtua. Itu juga ada message-nya untuk para orangtua," tandas Rizal Mantovani.

`Wewe` dibintangi beberapa artis seperti Agus Kuncoro, Nabilah JKT48, Inong Ayu, Khadijah Banderas, dan Dian Nova. Film ini rilis mulai 16 April 2015 di bioskop seluruh Indonesia. (Ras/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.