Sukses

Begini Cara Reza Rahadian Hidupkan HOS Tjokroaminoto

Bukan perkara mudah bagi Reza Rahadian untuk menggambarkan sosok HOS Tjokroaminoto.

Liputan6.com, Jakarta Tantangan kembali menghampiri Reza Rahadian saat berakting sebagai Hadji Oemar Said Tjokroaminoto dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Lewat observasi yang terbilang minim, Reza Rahadian bertugas untuk menghidupkan karakter tokoh sejarah itu di layar lebar.

Bukan perkara mudah bagi aktor yang pernah meraih Piala Citra sebanyak tiga kali itu untuk menggambarkan sosok HOS Tjokroaminoto itu. Ia harus menggali banyak referensi sejarah yang berhubungan dengan data visual yang guru bangsa.

"Saya mempelajari bahasa tubuh Tjokroaminoto lewat foto-foto yang cukup banyak saya dapatkan, lewat referensi-referensi sejarah juga," kata Reza Rahadian, saat dijumpai di Epicentrum Walk, Jakarta Selatan, Selasa (31/3/2015) malam.



Interpretasinya terhadap karakter HOS Tjokroaminoto juga terbantu berkat diskusi panjangnya dengan Garin Nugroho, yang didapuk sebagai sutradara film `Guru Bangsa: Tjokroaminoto`.

Lewat diskusi panjang bersama Garing Nugroho itulah, Reza Rahadian kemudian memiliki gambaran yang jelas untuk memvisualisasi perang HOS Tjokroaminoto di depan kamera.



"Sehingga saya memiliki gambaran bahasa tubuh Tjokroaminoto, yang juga saya ciptakan berdasarkan data sejarah yang ada. Itu semua juga dibantu Mas Garin, sampai bosan dia," urai Reza Rahadian.

Selain Reza Rahadian, film `Guru Bangsa: Tjokroaminoto` juga menampilkan sejumlah aktor dan aktris ternama seperti Christine Hakim, Sujiwo Tejo, Ibnu Jamil, Chelsea Islan, Tanta Ginting, Deva Mahenra, Christoffer Nelwan, Alex Abbad dan masih banyak lagi. Film tersebut dijadwalkan tayang pada 9 April 2015.(Gie/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini