Sukses

10 Artis Ini Tewas Mengenaskan di Usia 27

Sebagian tewas karena narkoba, di saat namanya sedang berada di puncak ketenaran.

Liputan6.com, Jakarta Popularitas tentu saja dapat membawa manusia dalam sebuah titik pencapaian tertentu. Begitu juga yang dialami oleh para selebriti. Namun sayangnya, beberapa di antara mereka tidak dapat mengenyam popularitasnya dalam waktu yang lama.

Kali ini kami akan mengulas tentang 10 selebriti yang meninggal di usia yang terbilang muda, 27 tahun. Umumnya selebriti tersebut berkaitan erat dengan penggunaan narkotika, obat-obat terlarang, sampai minuman beralkohol. Tentu saja kisah ini dapat menginspirasi kita semua untuk tidak menyia-nyiakan hidup yang telah diberikan.

Mau tahu siapa saja selebriti yang meninggal di usia 27, berikut daftarnya :

Baca juga:

5 Monster di Film yang Penampakannya Mirip Miss V

10 Make Up Artist di Balik Karakter Film Hollywood Terbaik

Ini Dia 10 Cewek Metal Terseksi Sedunia

6 Musisi Cantik Ini Sepertinya Suka Sesama Jenis

10 Film Berbiaya Termahal Sepanjang Masa

5 Selebriti Indonesia Ini Mirip dengan Artis Luar Negeri (Part 2)

10 Aktor Ternama Hollywood yang Belum Dapat Piala Oscar

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Janis Joplin

1. Janis Joplin

Janis Lyn Joplin atau Janis Joplin merupakan penyanyi sekaligus penulis lagu asal Amerika Serikat. Kelahiran 19 Januari 1943 ini terkenal di akhir 1960-an sebagai penyannyi utama dari band rock psychedelic, Big Brother and the Holding Company.

Dengan menjadi penyanyi solo dan tampil di Monterey Pop Festival, ia menjadi sangat populer dan dikenal di seluruh dunia terutama bagi para penikmat musik blues, soul, dan psychedelic rock. Namun sayang ia menjadi bagian dari deretan selebritis yang harus tutup usia di umur 27 tahun.

Janis Joplin diketahui meninggal karena overdosis heroin yang dikonsumsinya pada 4 Oktober 1970. Janis Joplin ditemukan tewas di samping tempat tidurnya di kamar 105 Landmark Motor Hotel, Hollywood, Amerika Serikan, tempat dimana Joplin tinggal. Overdosis diperparah dengan penemuan kadar alkohol yang cukup tinggi pada pemeriksaan darahnya.

Meski demikian, Joplin menorehkan beberapa prestasi mengagumkan berkelas dunia. Berbagai penghargaan pun diraihnya puluhan tahun berikutnya setelah ia tewas. Rolling Stone menempatkannya pada urutan 46 dari 100 artis terbaik sepanjang masa pada tahun 2004, dan urutan 28 dari 100 penyanyi terbaik sepanjang masa pada tahun 2008.

3 dari 11 halaman

Jim Morrison

2. Jim Morrison

Nama ini tidak asing lagi bagi para pecinta musik rock dan fans dari grup band The Doors. Jim Morrison merupakan vokalis dari band tersebut yang menjadikan The Doors salah satu band yang patut diperhitungkan dalam genre Rock and Roll.

Jim Morrison mulai dikenal sebagai sosok kontroversial ketika menunjukan bagian vulgar tubuhnya kepada para penonton saat dirinya tampil di sebuah perhelatan di Dinner Key Auditorium, Miami, Amerika Serikat. Pada bulan Agustus 1970, Jim menyerahkan diri ke FBI.

Ia menyerahkan diri dan dinyatakan bersalah karena ulah mabuk-mabukan dan perbuatan asusila yang dilakukannya, meski rekan satu bandnya menyebut Jim tidak melakukan itu.

Jim Morrison pun tewas di usia 27 tahun secara misterius. Kepolisian Perancis tidak ingin mengotopsi Jim karena tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan sehingga kematian Jim dinyatakan wajar. Namun banyak pihak yang mengatakan bahwa Jim tewas karena mengkonsumsi heroin dan kokain.

4 dari 11 halaman

Jean-Michel Basquiat

3. Jean-Michel Basquiat

Jean-Michel Basquiat adalah seorang seniman Amerika, musisi dan produser yang tenar sebagai bagian dari SAMO, kelompok grafiti resmi yang menulis epigram misterius di pusat budaya Manhattan, New York, Amerika Serikat.

Kelahiran 22 Desember 1960 tersebut kerap menunjukan lukisan Neo-Ekspresionis dan Primitivis di galeri dan museum-museum internasional. The Whitney Museum of American Art pernah mengadakan retrospektif seninya pada tahun 1992.

Karya seni Basquiat terfokus pada "dikotomi sugestif" yang sering memaparkan perbandingan seperti kekayaan dan kemiskinan maupun integrasi dan segregasi. Dengan seni, ia berjuang melawan kolonialisme dan dukungan untuk perjuangan kelas.

Sayangnya, Basquiat juga meninggal pada usia 27 tahun. Ia tewas karena overdosis heroin di studio seni Great Jones di New York, Amerika Serikat pada tanggal 22 Februari 1987.

5 dari 11 halaman

Robert Johnson

4. Robert Johnson

Musisi kelahiran Amerika Serikat 8 Mei 1911 ini sangat terkenal karena keterampilannya bernyanyi sambil bermain gitar, juga piawai menciptakan lagu. Sampai hal itu sekarang menjadi populer hingga saat ini di kalangan pemerhati musik blues.

Kehidupannya diawali dengan susah payah dengan menjual karya bahkan jiwanya di pinggir jalan. Namun menjadi buah positif ketika lama-kelamaan ia semakin dikenal lewat gaya bermusiknya yang masih unik dan langka pada saat itu.

Johnson meninggal pada usia 27 di dekat Greenwood, Amerika Serikat, 16 Agustus 1938. Meski penyebab kematiannya tidak diketahui, namun berbagai dugaan bermunculan. Sampai dugaan racun strychnine sebagai penyebab kematiannya.

6 dari 11 halaman

Amy Winehouse

5. Amy Winehouse

Bagi pecinta musik soul, jazz, dan R&B pasti sudah tidak asing lagi dengan nama besar Amy Winehouse. Penyanyi cantik ini juga menjadi deretan selebritis yang meninggal pada usia 27 tahun. Lahir di London, Inggris, 14 September 1983, Amy sangat populer dengan memenangkan berbagai penghargaan.

Ivor Novello Awards pada 2004 memberikan penghargaan pada single perdananya Stronger than Me. Pada 2007, ia memenangkan BRIT Awards untuk Best British Female Artist. Hampir serupa dengan selebritis lainnya, Amy pun diketahui meninggal muda karena keracunan alkohol.

Pemeriksaan membuktikan bahwa Amy terlalu banyak meminum minuman keras yang membuatnya tewas pada 23 Juli 2011.

7 dari 11 halaman

Brian Jones

6. Brian Jones

Lewis Brian Hopkins Jones atau yang dikenal dengan Brian Jones lahir di Inggris 28 Februari 1942. Ia tercatat sebagai salah satu dari deretan selebritis yang meninggal di usia 27 tahun. Jones dikenal sebagai musisi dan pendiri band Rolling Stones.

Jones seorang instrumentalis yang menggunakan alat-alat musik tradisional seperti sitar, dulcimer, dan marimba yang tidak umum digunakan pada musik rock and roll. Itu yang membuatnya memberi warna tersendiri bagi grup musik tersebut.

Jones ditemukan tengah malam antara tanggal 2-3 Juli 1969 dengan kondisi tidak bergerak di dasar kolam renangnya. Penyelamatan datang terlambat sebelum akhirnya ia tewas dan tim forensik menyatakan sebagai "death by misadventure", dan mencatat pembesaran liver dan jantung akibat pengaruh narkoba dan alkohol.

8 dari 11 halaman

Richard James Edwards

7. Richard James Edwards

Richard James Edwards atau Richard Edwards lahir di Wales 22 Desember 1967 dan dikenal sebagai musisi yang piawai membuat lirik, dan menjadi gitaris band rock alternatif, Manic Street Preachers.

Ia sempat menghilang selama 19 tahun sebelum pada akhirnya dinyatakan meninggal pada usia 27 tahun pada 23 November 2008. Sampai saat ini penyebab menghilang dan meninggalnya belum diketahui secara jelas.

9 dari 11 halaman

Kristen Pfaff

8. Kristen Pfaff

Kristen Marie Pfaff atau Kristen Pfaff sangat dikenal sebagai musisi asal Amerika Serikat sebagai bassis band rock alternatif, Hole, dari tahun 1993 sampai 1994. Sebelum bersama Hole, Pfaff juga sempat menjadi bassis dan backing vocal untuk Janitor Joe, band asal Minneapolis.

Pfaff juga menjadi salah satu selebritis yang hidupnya berakhir di usia 27 tahun. Ia meninggal pada tanggal 16 Juni 1994 dengan ditemukan tewas di apartemennya. Di lantai ada tas yang berisi jarum suntuk dan alat untuk memasukan obat.

Seperti bukti yang ditemukan, Pfaff pun terbukti tewas karena disebabkan kecanduan opium. Ayahnya mengutarakan kalau Pfaff merupakan sosok yang berkepribadian tenang dan sangat sabar, juga berbakat.

10 dari 11 halaman

Jimi Hendrix

9. Jimi Hendrix

James Marshall "Jimi" Hendrix lahir di Seattle, Amerika Serikat, pada tanggal 27 November 1942. Ia sangat dikenal sebagai musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris, dan tokoh budaya Amerika Serikat. Ia sering disebut sebagai salah satu pemain gitar listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik rock dunia.

Dengan memainkan genre blues dan rock, setidaknya dalam hidupnya yang hanya 27 tahun, Jimi Hendrix berhasil menelurkan puluhan album. Diantaranya ada 5 album soundtrack, 30 album kompilasi, 21 album live, dan 8 album studio.

Namun sayang, dengan bakatnya yang luar biasa, Jimi Hendrix harus menutup usianya di umur 27 tahun pada 18 September 1970 silam. Ia dinyatakan tewas karena overdosis obat tidur yang ia konsumsi 18 kali melebihi dosis yang dianjurkan.

11 dari 11 halaman

Kurt Cobain

10. Kurt Cobain

Dari 10 daftar selebritis yang kami berikan, kematian Kurt Cobain merupakan kisah kematian yang paling misterius dan terdapat berbagai teori konspirasi. Penyanyi, gitaris, dan penulis lagu untuk band Nirvana itu juga menutup usianya pada umur 27 tahun tepat tanggal 5 Aprill 1994.

Sebelum kematiannya, Cobain sempat didiagnosa mengidap penyakit brionkitis yang cukup parah. Ia pun diterbangkan ke Roma, Italia, untuk menjalani proses penyembuhan. Cobain juga sempat ditemukan overdosis karena sampanye. Setelah dilarikan ke rumah sakit dan diperbolehkan pulang, Cobaim menjalani proses rehabilitasi.

Konyolnya, justru melarikan diri dan kabur dari panti tempatnya rehabilitasi dengan memanjat pagar. Ia kemudian pergi di kota asalnya dan menghilang. Jenazah Cobain ditemukan di sebuah ruangan di atas garasi rumahnya di Lake Washington, Amerika Serikat, 3 hari setelah hari kematiannya.

Ia juga sempat meninggalkan sebuah surat yang mengisyaratkan bahwa ia sendiri yang ingin mengakhiri hidupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini