Sukses

10 Aktor Ternama Hollywood yang Belum Dapat Piala Oscar

Apa kesamaan Tom Cruise dan Leonardo DiCaprio? Dua-duanya belum sekalipun membawa pulang piala Oscar. Siapa yang lainnya?

Liputan6.com, Jakarta Menjadi aktor paling tenar di Hollywood, atau bahkan mendapat bayaran yang paling tinggi tak menjamin dapat penghargaan berupa piala Oscar.

Popularitas tak selalu berbanding sejajar dengan prestasi di ajang festival film. Para aktor Hollywood yang kami sebut di sini tidak ada yang mempertanyakan popularitasnya.

Banyak dari mereka sudah mendapat nominasi Oscar, namun nasib baik belum berpihak. Siapa saja mereka?

Baca juga:

Ini Daftar Lengkap Nominasi Academy Awards 2015

Kejutan dari Pengumuman Nominasi Oscar 2015

Ini Kutukan Piala Oscar Bagi Aktris-aktris Terbaik

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Tom Cruise

Tom Cruise

Tidak ada yang menyangkal bila Tom Cruise adalah aktor terbesar zaman kita. Sepanjang kariernya lebih dari 30 tahun, ia membintangi film-film yang kini dianggap klasik, dari Top Gun hingga franchise Mission: Impossible. Mantan suami Nicole Kidman dan Katie Holmes ini juga main film-film kelas Oscar seperti Rain Man, Born on the Fourth of July, Jerry Maguire, Magnolia, dan Vanila Sky.

Nominasi Oscar untuk Tom Cruise
1990: Nominasi Aktor Terbaik, Born on the Fourth of July
1997: Nominasi Aktor Terbaik, Jerry Maguire
2000: Nominasi Aktor Pendukung Terbaik, Magnolia

3 dari 11 halaman

Leonardo DiCaprio

Leonardo DiCaprio

Sosok Leonardo DiCaprio adalah contoh sukses bagaimana bekas aktor remaja di film independen, menjadi pemuda yang digilai gadis sejagat, lalu jadi bintang box office. Tak hanya itu, ia juga berakting prima di film-film kelas festival. Sayang, meski secara karier semua langkah sudah ia coba, ia tak pernah sekalipun membawa pulang piala Oscar meski suudah beberapa kali masuk nominasi.

Nominasi Oscar untuk Leonardo DiCaprio
1994: Nominasi Aktor Pendukung Terbaik, What’s Eating Gilbert Grape
2005: Nominasi Aktor Terbaik, The Aviator
2007: Nominasi Aktor Terbaik, Blood Diamond
2014: Nominasi Aktor Terbaik, The Wolf of Wall Street
2014: Nominasi Film Terbaik (sebagai produser), The Wolf of Wall Street

4 dari 11 halaman

Johnny Depp

Johnny Depp

Pada zaman dahulu kala, well, tepatnya 1990-an, Johnny Depp lebih dikenal sebagai aktor spesialis film-film independen yang banyak berjaya di festival film. Ia antara lain membintangi Arizona Dream, What’s Eating Gilbert Grape, Ed Wood, Don Juan DeMarco, Fear and Loathing in Las Vegas, hingga Chocolat. Menginjak 2000-an, Depp lantas bertemu dengan peran yang membuatnya jadi legenda hidup: kapten bajak laut Jack Sparrow di franchise Pirates of the Caribbean. Peran ini membawanya ke puncak karier. Ia sekali waktu main film kelas Oscar (Finding Neverland) namun belum dapat rezeki membawa pulang piala.

Nominasi Oscar untuk Johnny Depp:
2004: Nominasi Aktor Terbaik, Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl
2005: Nominasi Aktor Terbaik, Finding Neverland
2008: Nominasi Aktor Terbaik, Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street

5 dari 11 halaman

John Travolta

John Travolta

John Travolta meraih puncak popularitas di tahun 1970-an lewat Grease dan kemudian Saturday Night Fever. Menginjak 1980-an dan 1990-an, kariernya stagnan. Orang nyaris lupa padanya. Hingga kemudian, sutradara Quentin Tarantino mengajaknya main film Pulp Fiction (1994). Sejak itu, nama Travolta kembali bersinar di jagat sinema. Orang jatuh cinta lagi pada goyangannya. Namun, tak demikian dengan juri Oscar.

Nominasi Oscar untuk John Travolta:
1978: Nominasi Aktor Terbaik, Saturday Night Fever
1995: Nominasi Aktor Terbaik, Pulp Fiction

6 dari 11 halaman

Liam Neeson

Liam Neeson

Di usia senja kini, Liam Neeson menorehkan namanya sebagai bintang aksi. Tiga film Taken jadi pembuktian kalau pria gaek ini makin tua makn jadi. Namun, alasan utama Neeson kini jadi bintang aksi lantaran ia sudah patah arang berakting di film-film kelas festival. Sebab, sudah berkali-kali main film model begitu (dari Schindler's List sampai Kinsey), Neeson tak pernah kebagian piala Oscar.

Nominasi Oscar untuk Liam Neeson:
1994: Nominasi Aktor Terbaik, Schindler's List

7 dari 11 halaman

Ed Harris

Ed Harris

Ada aktor-aktor yang langganan berperan sebagai bintang utama, macam Tom Cruise atau Leonardo DiCaprio. Namun, ada pula aktor yang spesialisasinya sebagai pemeran pendukung. Di film, aktor ini memang bukan tokoh utama, tapi perannya tak kalah penting. Ed Harris spesialis aktor pendukung. Aktingnya kerap tak kalah bersinar dibanding para aktor utama. Ia lebih dari sekali meraih nominasi untuk kategori Aktor Pendukung, meski belum memenangkannya sekali pun.

Nominasi Oscar untuk Ed Harris:
1996: Nominasi Aktor Pendukung Terbaik, Apollo 13
1999: Nominasi Aktor Pendukung Terbaik, The Truman Show
2001: Nominasi Aktor Terbaik, Pollock
2003: Nominasi Aktor Pendukung Terbaik, The Hours

8 dari 11 halaman

Edward Norton

Edward Norton

Edward Norton dianggap salah satu aktor terbaik dari generasinya. Sejak mencuri perhatian di Primal Fear, Norton tak pernah berakting jelek. Bahkan ketika ia berakting di film superhero Marvel (Incredible Hulk). Norton menolak melanjutkan berakting di film-film superhero Marvel meski ia sudah jadi Hulk. Ia tampaknya mengidentikkan dirinya sebagai aktor watak. Semoga tahun ini ia beruntung dapat piala Oscar.

Nominasi Oscar untuk Edward Norton:
1997: Nominasi Aktor Terbaik, Primal Fear
1999: Nominasi Aktor Terbaik, American History X
2015: Nominasi Aktor Pendukung Terbaik, Birdman

9 dari 11 halaman

Michael Keaton

Michael Keaton

Dari sedikit orang yang pernah menjadi Batman, Michael Keaton dua kali memakai jubah hitam manusia kelelawar, di Batman dan Batman Returns. Tidak banyak peran yang dikenang orang dari Keaton selain Batman. Perannya di Birdman, sebagai bekas aktor pemeran film superhero yang ingin comeback, seperti olok-olok kisah hidupnya sendiri. Maka, semoga kali ini totalitas aktingnya dihargai juri Oscar.

Nominasi Oscar untuk Michael Keaton:
2015: Nominasi Aktor Terbaik, Birdman

10 dari 11 halaman

Robert Downey Jr.

Robert Downey Jr.

Pada suatu ketika, Robert Downey Jr. pernah jadi aktor yang bermasalah. Ia kecanduan alkohol dan obat-obatan serta kerap berurusan dengan polisi. Tapi coba tengok Robert Downey Jr. kini. Ia ditahbiskan majalah Forbes sebagai aktor dengan pendapatan terbanyak setahun kemarin. Lewat aktingnya, Downey Jr. membuat studio film bakal kesulitan mencari pengganti Tony Stark/Iron Man dan Sherlock Holmes versi layar lebar. Namun demikian, meski kini berada di puncak karier Robert Downey Jr. belum mengoleksi piala Oscar. Bahkan kekayaan dan kejeniusan Tony Stark pun tak bisa menciptakan patung emas bernama Oscar.

Nominasi Oscar untuk Robert Downey Jr.:
1993: Nominasi Aktor Terbaik, Chaplin
2009: Nominasi Aktor Pendukung Terbaik, Tropic Thunder

11 dari 11 halaman

Harrison Ford

Harrison Ford

Harrison Ford adalah sesosok legenda hidup. Ia terlibat dalam dua franchise tersukses sepanjang masa: Star Wars dan Indiana Jones. Kini ia juga terlibat lagi dalam versi baru Star Wars yang sedang disiapkan J.J. Abrams. Di antara Star Wars dan Indiana Jones, Harrison membintangi film hebat macam Patriot Games, Clear and Present Danger, The Fugitive maupun Air Force One. Sayang, film-film tersebut tak membawanya meraih Oscar.

Nominasi Oscar untuk Harrison Ford:
1986: Nominasi Aktor Terbaik, Witness

(Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini